Pengertian, Ciri Ciri dan Contoh Gurindam Bahasa Indonesia

Pengertian, Ciri Ciri dan Contoh Gurindam - Gurindam adalah sebuah karya sastra bentuk lama yang memiliki bentuk puisi yang berisi dua baris kalimat dengan sajak atau rima yang sama. Gurindam sendiri memiliki lebih dari satu bait yang terdiri dari 2 baris tiap baitnya. Baris pertama pada gurindam merupakan barisan sebab, syarat, pertanyaan, permasalahan, persoalan atau perjanjian dan baris kedua merupakan akibat atau jawaban dari masalah atau hal yang terjadi pada baris pertama.

Pengertian, Ciri Ciri dan Contoh Gurindam
Google Image - Pengertian, Ciri Ciri dan Contoh Gurindam

Meskipun agak mirip dengan pantun, ketahuilah bahwa Gurindam sangatlah berbeda dengan pantun. Gurindam hanya memiliki 2 baris pada satu bait pantun sedangkan pantun memiliki 4 baris disetiap baitnya. Di dalam gurindam, kalimat antar larik/baris saling berkaitan. Kalau kita pahami lebih lanjut, bisa dikatakan bahwa gurindam merupakan satu kalimat majemuk penuh yang mempunyai hubungan sebab akibat. 

Pengertian, Ciri ciri dan Contoh Gurindam Bahasa Indonesia

Nah, kalau pada tulisan diatas kita telah membahas pengertian atau definisi tentang gurindam, berikut ini saya telah memberikan beberapa ciri yang dirasa dapat membantu anda dalam mengenali gurindam. Atau mungkin jika anda ingin membuat gurindam, setidaknya anda paham apa ciri ciri gurindam tersebut. 

Definisi Gurindam Menurut Para Ahli

Selain definisi Gurindam secara umum, namun ada juga definisi Gurindam yang diungkapkan oleh para ahli, seperti dibawah ini :

1. Ismail Hamid 
Menurut Ismail Hamid, yag menyatakan bahwa Gurindam adalah salah satu jenis dari karya sastra yang berasal dari Bahasa Sanskrirt.

2. Raja Ali Haji,
Menurut Raja Ali Haji, yang menyatakan bahwa Gurindam termasuk kedalam jenis puisi yang hanya terdiri dari dua baris saja didalam satu baitnya.

3. Sutan Takdir Alisjahbana
Menurut Sutan Takdir Alisjahbana, yang menyatakan bahwa Gurindam adalah sebuah sajak dua baris yang tersusun dari beberapa kalimat majemuk.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia
Menurut KBBI, Gurindam merupakan salah satu jenis dari karya sastra yang berupa sebuah sajak yang hanya terdiri 1 baitnya dan di tiap bait nya terdiri atas 2 baris. Didalam Gurindam berisi tentang nasehat atau petuah.

5. Za’ba 

Sedangkan menurut Za’ba, yang menyatakan bahwa Gurindam termasuk kedalam salah satu jenis puisi yang tidak terikat.

Ciri Ciri Gurindam dalam Bahasa Indonesia

1. Isi gurindam memiliki nasehat-nasehat, filosofi hidup, kata bijak, atau kata-kata mutiara.
2. Tiap baris memiliki sajak A-A, B-B, C-C, dan seterusnya.
3. Tiap baris berjumlah sekitar 10-14 kata.
4. Tiap baris mempunyai hubungan sebab akibat.
5. Isi, inti atau maksud dari gurindam ada pada baris kedua.
6. Gurindam terdiri dari dua baris tiap baitnya.

Jenis Jenis Gurindam

Ada 2 macam bentuk guridam, yaitu gurindam berangkai dan gurindam berkait.

1. Gurindam Berangkai yaitu gurindam yang memiliki kata kata yang sama pada tiap bait pertamanya.
2. Gurindam Berkait ialah gurindam yang bait pertama berhubungan dengan bait-bait berikutnya.

Apa tujuan dari Gurindam?


Jika dilihat berdasarkan dengan isinya, maka Gurindam dapat dianggap sebagai puisi yang bertujuan untuk sarana pendidikan dan juga hiburan.

Contoh Gurindam Nasihat, Pendidikan, Agama, Persahabatan, dan Cinta

Contoh Gurindam 1 (Gurindam Nasihat Agama)

Kurang pikir kurang siasat (a)
Tentu dirimu akan tersesat (a)
Barangsiapa tinggalkan sembahyang (b)
Bagai rumah tiada bertiang (b)
Jika suami tiada berhati lurus (c)
Istri pun kelak menjadi kurus (c)

Kata kata pada gurindam diatas bisa menjadi sebuah kata kata mutiara dan juga kata bijak yang bertujuan untuk membuat orang lain menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Kata Bijak Bahasa Inggris dan Artinya

Seperti yang tertulis diatas, gurindam diatas memiliki kesimpulan dan erat makna dengan sembahyang atau sholat. Disebutkan bahwa jika kita kurang berfikir maka akan tersesat dan jika meninggalkan sholat maka rumah tiada bertiang. 

Lalu dilanjutkan dengan, jika suami tiada berhati lurus, istri akan menjadi kurus dengan maksud akan selalu memikirkan suami yang tidak mempunyai hati lurus untuk beribadah dan lainnya.


Contoh Gurindam 2 (Gurindam Nasihat Pendidikan)

Apabila banyak berkata kata,
Disitulah jalan masuk dusta
Apabila hendak menerima khabar,
Menerimanya itu hendak sabar.

Gurindam diatas menyebutkan bahwa jika kita terlalu banyak berbicara maka kita akan mudah untuk membuat dusta atau berbohong. Ini merupakan kata kata yang cukup menarik dari sebuah gurindam. Kita bisa melihat sisi sebab akibat disitu. Kita bisa mengambil kesimpulan bahwa tidak perlu banyak bicara agar mengurangi dusta.

Baca juga: Kumpulan Materi Bahasa Inggris

Nah, kemudian jika ingin menerima kabar atau berita hendaklah bersabar sebelum menerimanya. Nah, ini penting agar jika kita ingin mendengar berita maka hendaklah untuk bersabar.

Pengertian, Ciri Ciri dan Contoh Gurindam - Nah itu tadi tentang gurindam, semoga tulisan tersebut bermanfaat bagi anda. Kunjungi terus Kumpulan Materi Bahasa Indonesia.