Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Mudah dan Contoh

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Mudah dan Contoh - Teman-teman semua tentu sudah tidak asing lagi dengan surat lamaran bukan. Surat lamaran ini bisa dikatakan sebagai jembatan bagi kita semua yang ingin mencari kerja. Teknik-teknik penulisannya lah yang akan berpengaruh, biarpun hanya sedikit. Tapi setidaknya penulisan nya cukup berpengaruh. Dalam menulis surat lamaran memang terlihat gampang, namun jika tidak memiliki keterampilan, akan susah untuk membuatnya. Nah, kali ini saya akan membagikan tentang cara menulis surat lamaran dan akan saya berikan contoh format surat lamaran. Mari kita simak.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Mudah dan Contoh
Google Image - Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Mudah dan Contoh

Membuat surat lamaran memang terlihat mudah. Namun untuk menulis surat lamaran yang baik dan benar harus memiliki teknik nya. Dalam menulis surat lamaran kita wajib memperhatikan kesopanan - santunnya bahasa yang kita gunakan dalam menulis surat lamaran. Bukan hanya itu, kita juga harus memperhatikan format dari surat lamaran tersebut. Selain itu, kita juga harus mengetahui struktur dari surat lamaran pekerjaan. Berikut adalah struktur dari surat lamaran pekerjaan.

1. Tempat dan tanggal penulisan
2. Perusahaan yang dituju
3. Salam hormat
4. Kata pengantar
5. Biodata pribadi
6. Pengalaman kerja dan skill yang dipunyai
7. Harapan
8. Penutup

Untuk lebih jelasnya nanti bisa dilihat di contohnya. Sedangkan untuk tips-tipsnya adalah sebagai berikut.

1. Pergunakanlah kata-kata yang baik dan benar
Usahakan susun kalimat yang baik dan benar sesuai dengan EYD dan hindari kata-kata yang kekinian atau bahasa gaul masa kini.

2. Gunakan lah bahasa yang sopan
Dalam membuat surat lamaran pekerjaan kesopanan adalah nomor satu. Jadi gunakanlah bahasa yang sopan. Hindari kalimat yang terkesan sebagai kalimat menyombongkan diri.

3. Usahakan menulis manual dan rapi
Ini yang tadi saya bilang bahwa menulis surat lamaran pekerjaan harus mempunyai teknik. Semasa SMA dulu saya diajarkan bahwa penulisan surat lamaran itu menggunakan tulisan latin atau tegak bersambung. Mungkin biar lebih mudah membaca kerapihan seseorang. Dan dalam menulis surat lamaran tidak boleh ada coretan karena tulisan itu menunjukan kepribadian seseorang. Hehe

4. Siapkan dan lengkapi syarat-syarat dari perusahaan
Jangan lupa siapkan dan lengkapi syarat-syarat dari perusahaan.

5. Lampir kan sertifikat pendukung lainnya
Jika ada sertifikat pendukung lainnya silahkan dilampirkan agar pihak HRD lebih mempertimbangkan anda untuk diterima di perusahaan.

Sebenarnya, inti dari surat lamaran pekerjaan ada 3 bagian, yaitu:
Pembukaan
Pada bagian ini, berisi tentang sumber informasi yang diterima oleh si pelamar dan bagian lowongan pekerjaan yang akan ditempati.

Isi atau uraian
Sedangkan bagian isi atau uraian berisi tentang si pelamar kerja yang sudah melengkapi persyaratan yang diinginkan oleh perusahaan, selain itu memberikan informasi tentang biodata seperti usia, tempat tinggal, serta keterampilan yang dimiliki untuk menunjang dimana anda akan bekerja nanti

Penutup
Dibagian ini berisi tentang harapan si pelamar, serta ucapan terima kasih.


Membuat surat lamaran sesungguhnya tidak sulit dan tidak memakan waktu yang lama. Asalkan niat kita baik, maka semua akan dilancarkan oleh-Nya. Sebelum saya pamit, saya akan memberikan contoh surat lamaran pekerjaan, berikut adalah contoh dari surat lamaran pekerjaan.

Contoh surat lamaran:




                                                                                                                  Jakarta, 8 Januari 2016
Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Gilland Ganesha
Jl. Raya Kebon Durian No. 11
Jakarta Timur

Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Gilland Ganesha, seperti yang termuat di harian Kompas tanggal 6 Januari 2016. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Gilland Ganesha.

Data singkat saya, seperti berikut ini.

Nama                                         : Darone 88
Tempat, Tanggal Lahir              : Cirebon, 16 April 1990
Usia                                           : 21 tahun
Pendidikan Terakhir                  : STMIK AMIKOM (S1)
Alamat Asal                               : Kelurahan Gede Bage, Kota Cirebon
Domisili                                     : Jl.Perjuangan, No. 1 Sunyaragi Cirebon
Telepon                                      : 08522703xxxxx
Email                                         : darone_teater@gmail.com

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Access, Power Point, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.

Saat ini saya bekerja sebagai staff Marketing di PT. Hilmy Finance. Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas foto terbaru.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

                                                                                                                Hormat saya,


                                                                                                                Darone 88.



Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Mudah dan Contoh - Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa membuat surat lamaran kerja anda menjadi lebih baik lagi. Tentu saja, saya doakan semoga anda bisa diterima dalam melamar pekerjaan ya. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih