Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Deskripsi

Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenis serta Contoh Paragraf Deskripsi - Tahukah anda apa yang dimaksud dengan paragraf deskripsi? Jika anda masih bingung, mudah-mudahan artikel ini dapat membantu. Artikel yang saya pos kan kali ini berisi tentang pengertian, ciri-ciri, jenis beserta contoh-contohnya. Lengkap deh pokoknya hehe. Mari kita simak dengan seksama.

Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenis serta Contoh Paragraf Deskripsi
Google Image - Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis serta Contoh Paragraf Deskripsi

Pengertian Paragraf Deskripsi Lengkap dengan Jenis, Tujuan, dan Cara Mengerjakan

Pengertian paragraf deskripsi

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan cara digambarkan atau dilukiskan dengan sejelas-jelasnya. Paragraf ini dibuat bertujuan untuk menjelaskan suatu obyek kepada pembaca dengan sejelas-jelasnya agar seolah olah pembaca merasakan atau seperti sedang berada di dalam paragraf tersebut.


Paragraf deskriptif itu sendiri menjelaskan aspek-aspek yang dapat diterima oleh panca indera manusia seperti bentuk, warna, rasa maupun suasana suatu obyek yang akan diceritakan dalam paragraf tersebut. Paragraf ini bersifat real atau nyata hasil dari suatu penelitian atau pengamatan dari suatu obyek. Artinya paragraf yang akan kita jelaskan harus bersifat obyektif (nyata) bukan abstrak.
Adapun ciri-ciri paragraf deskripsi yaitu:

Ciri-ciri Paragraf Deskripsi

Suatu paragraf dapat dikatakan sebagai paragraf deskripsi, jika memiliki ciri-ciri yang sesuai sebagai berikut ini:

  1. Topik yang berupa objek atau benda digambarkan dengan sangat jelas.
  2. Objek tersebut digambarkan dengan melibatkan panca indera, seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, dan lain-lain.
  3. Banyak ditemukan kata-kata sifat di dalamnya.
  4. Kalimatnya bersifat obyektif.

Jenis-Jenis Paragraf menurut letak kalimat utama

Paragraf bisa dibagi jika meninjau dari letak kalimat utama sebuah alinea yaitu sebagai berikut:


  1. Paragraf Deduktif: paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf.
  2. Paragraf Induktif: paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir kalimat paragraf.
  3. Paragraf Campuran: paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan akhir paragraf.


Namun, jika kita ingin fokus terhadap tujuan, kita bisa mulai dari membahas Kelompok Paragraf Deskripsi.

Jenis-jenis Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi dikelompokkan menjadi tiga jenis paragraf, yaitu paragraf deskripsi spatial, paragraf deskripsi objektif, dan paragraf deskripsi subjektif. Untuk memudahkan Anda dalam mempelajari paragraf deskripsi ini, di bawah ini adalah jenis-jenis paragraf deskripsi beserta contoh-contohnya.


Baca juga: Kumpulan Rumus Matematika Lengkap

Pengertian Paragraf Deskripsi Spatial

Paragraf deskripsi spatial adalah paragraf yang topik nya berupa ruang atau tempat. Paragraf ini mendeskripsikan suatu ruang atau tempat dengan sangat jelas kepada para pembaca nya.

Contoh:

Bangunan rumah itu begitu besar dan indah. Rumah itu dibangun diatas sebidang tanah yang luasnya sekitar 25m2. Didalam rumah itu banyak sekali hiasan-hiasan yang sangat mewah sehingga apabila kita memasuki ruangan itu kita akan dimanjakan dengan interior yang mewah dan indah. Rumah ini dilengkapi dengan AC, kulkas, TV dan alat-alat elektronik lainnya. Didalamnya terdapat ruangan khusus yaitu gallery yang berisi koleksi foto sang pemilik rumah. Rumah itu dibangun di dekat lapangan sepak bola sehingga pemiliknya dapat berolahraga dengan mudah tanpa harus mencari lapangan sepak bola.


Pengertian Paragraf Deskripsi Objektif

Objektif bermakna apa adanya atau sesuai dengan kenyataan. Oleh karena itu, paragraf ini menggambarkan suatu objek dengan sesuai kenyataan tanpa adanya opini atau kesan pribadi seorang penulis.

Contoh:

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Indonesia, tepatnya di kota Jakarta. Tempat wisata yang bertemakan budaya Indonesia ini memiliki luas sekitar 150 hektare atau 1.5 kilometer persegi. Taman ini merupakan rangkuman budaya – budaya yang ada di Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Tempat wisata ini menampilkan rumah – rumah adat, pakaian adat, dan tarian – tarian tradisional dari berbagi penjuru Indonesia. Taman Mini Indonesia Indah ini memiliki berbagai macam fasilitas yang lengkap seperti toilet, rest area, dan masih banyak lagi. Selain, rumah – rumah adat, di sini juga terdapat danau yang membentuk miniatur kepulauan Indonesia, kereta gantung, berbagai museum, Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku. Tempat wisata ini dibangun pada tahun 1972 dan diprakasai oleh ibu Negara saat itu, Ibu Tien Soeharto.

Pengertian Paragraf Deskripsi Subjektif

Berbeda dengan paragraf deskripsi objektif, paragraf ini menggambarkan suatu objek berdasarkan apa yang dirasakan, dilihat oleh penulis itu sendiri. Dengan kata lain, penulis menuangkan opini-opini pribadi tentang keadaan suatu benda atau objek tersebut.

Contoh:

Candi Borobudur adalah candi yang sangat Indah yang dimiliki oleh Indonesia. Bahkan situs ini pernah masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia. Candi ini berbentuk bujur sangkar yang dihiasi dengan stupa – stupa yang indah. Tepat di tengah – tengah stupa-stupa yang melingkar cantik tersebut terdapat stupa utama yang cukup besar seolah – olah memahkotai candi itu sendiri. Situs ini memiliki 2.672 panel relief dan 504 arca Budha sehingga menjadikannya sebagai situs peninggalan kerajaan Budha yang terlengkap di dunia. Hingga kini candi Borobudur terawat dan tertata dengan sangat baik sehingga cocok dijadikan sebagai tempat wisata. Selain mendapatkan pengetahuan tentang sejarah, kita juga akan mendapatkan sebuah pemandangan yang sangat menakjubkan.


Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenis serta Contoh Paragraf Deskripsi - Nah, itu tadi beberapa contoh paragraf deskriptif, semoga bermanfaat bagi anda semua. Sekian dan terimakasih.