Pengertian dan Contoh Cerita Fabel Anak Anak Terbaru

Pengertian dan Contoh Cerita Fabel Anak Anak Terbaru - kali ini saya akan membahas tentang fabel, tentunya kalian sudah pada mengetahui bukan apa yang dimaksud dengan fabel. Ya, fabel itu adalah cerita anak, namun pemeran nya adalah hewan. Pengin lebih jelas lagi penjelasan tentang fabel? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Pengertian dan Contoh Cerita Fabel Anak Anak Terbaru
Google Image - Pengertian dan Contoh Cerita Fabel Anak Anak Terbaru


Fabel adalah sebuah dongeng mengenai dunia binatang, di mana binatang-binatang bahkan makhluk-makhluk yang tidak bernyawa bertindak seolah-olah sebagai manusia. Tokoh-tokoh cerita di dalam fabel semuanya binatang. Binatang tersebut diceritakan mempunyai akal, tingkah laku, dan dapat berbicara seperti manusia. Watak dan budi manusia juga digambarkan sedemikian rupa melalui tokoh binatang tersebut. Tujuan fabel adalah memberikan ajaran moral dengan menunjukkan sifat-sifat jelek manusia melalui simbol binatang-binatang. Melalui tokoh binatang, pengarang ingin mempengaruhi pembaca agar mencontoh yang baik dan tidak mencontoh yang tidak baik.



Untuk menambah wawasan kita tentang fabel, ada lebih baiknya jika kita mengulas pula tentang struktur dari fabel itu sendiri, struktur nya adalah sebagai berikut.

Fabel terdiri atas 4 bagian dalam strukturnya,yaitu:
1.Orientasi
Orientasi merupakan bagian awal dari suatu cerita yang berisi pengenalan tokoh,latar tempat dan waktu,serta awalan masuk ke tahap berikutnya.
2.Komplikasi
Komplikasi berisi terjadinya konflik/permasalahan antara tokoh utama dengan tokoh lain.
3.Resolusi
Resolusi adalah bagian yang berisi pemecahan masalah.Masalah harus diselesaikan dengan cara yang kreatif.
4.Koda
Koda merupakan bagian terakhir fabel yang berisi perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang dapat dipetik dari cerita tersebut.

Tidak lupa sebagai penghibur diakhir pertemuan kita, saya memiliki beberapa contoh fabel. Berikut contohnya:

Anak buaya yang mencuri hati monyet

Seekor anak buaya berenang di pinggir danau. Ia sedang mencari cara untuk mendapatkan hati monyet yang diminta ibunya. Saat sedang berenang, anak buaya melihat seekor monyet sedang mencari buah-buahan. Ia mendekati monyet dan berkata kalau di seberang danau ada sebuah kebun buah. Anak buaya akan dengan senang hati mengantarkan monyet ke sana.

Monyet sedikit heran dengan kebaikan hati anak buaya. Tetapi ia sudah sangat lapar sehingga menyetujui ajakan anak buaya dan naik ke atas punggungnya. Sesampainya di tengah danau, anak buaya tiba-tiba berguling sehingga monyet tercebur dan hampir tenggelam.

Monyet berusaha naik ke permukaan. Ia marah kepada anak buaya. Ia bertanya kenapa anak buaya menceburkannya. Dengan jujur anak buaya bercerita kalau ia sedang mencari hati monyet untuk ibunya. Mendengar hal itu, monyet segera mencari akal. Ia berkata bahwa saat ini ia tidak membawa hatinya. Hatinya ada di atas pohon di tepi danau.

Jika anak buaya mau mengantar monyet kembali, ia akan mengambil dan memberikan hatinya untuk ibu buaya. Tanpa pikir panjang, anak buaya segera membawa monyet kembali ke tepi danau.

Monyet yang telah lepas dari bahaya segera berlari memanjat pohon. Dari atas pohon, monyet menari-nari senang. Anak buaya akhirnya sadar sudah dikelabui monyet dan pergi dengan kesal. Monyet pun selamat karena kecerdikannya.

Seandainya saja monyet tidak berpikir cerdik, tentu saja anak buaya sudah mengambil hatinya.


Kadal dan ular air

Disebuah kolam yang cukup besar dan dalam seekor kadal sedang berjalan di pinggiran kolam kadal itu sedang mencari kegiatan baru kadal itu sangat ingin mencoba sesuati yang baru, dia sangat ingin berpetualang ketika dia berjalan dipinggiran kolam sambil mengeluarkan lidahnya dia melihat sesuatu muncul dari dalam air hal pertama yang dilihat oleh kadal itu adalah sebuah kepala yang melenggak lenggok kesana kemari seperti sedang mencari sesuatu kemudian kadal itu mendekati mahkluk yang muncul dari dalam air itu dan dia sedikit kaget ternyata dia melihat seekor ular air. Ketika itu ular air juga melihat kehadiran sang kadal lalu mendekatinya, setelah sampai dekat dengan sang kadal ular itu meninggikan kepalanya dan berkata :”Apa yang sedang dilakukan oleh seekor kadal gemuk ini dipinggiran kolam?” kadal itu menjauh dari sang ular karena dia takut dimangsa olehnya “Aku hanya sedang mencari kegiatan baru, aku hanya ingin mencari sebuah petualangan”. Kata sang kadal. “Kenapa kau menghindar dariku? Aku tidak memakan mu aku telah kenyang memakan ikan kecil yang ada di kolam itu” kata sang ular “jadi kau ingin sebuah petualangan yang seru” kata ular sambil mendesis “Ya itu benar aku ingin sekali mencoba sesuatu yang baru” kata sang kadal dengan penuh semangat “apa kau pernah melewati kolam ini sendiri?” Tanya sang ular.

“Aku tidak pernah melewatinya kolam ini terlalu luas untuk aku seberangi meskipun aku bisa sedikit berenang tapi aku takut untuk menyeberangi kolam ini dari satu tepian ketepian lainnya”. Jawan sang kadal “apa kau mau menyeberangi nya aku akan membantunya” ajak sang ular. Sang kadal sangat ingin sekali menyeberangi nya dan tanpa berpikir panjang kadal itu menerima ajakan dari sang ular “Baiklah kalau begitu carilah sesuatu yang bisa dijadikan sebagai tali!” Pinta sang ular “Untuk apa tali itu?” Tanya sang kadal dengan heran “Tali itu untuk kau ikatkan ke ekorku ketika kita berenang menyeberangi kolam ini kau tidak akan tenggelam, aku akan menarik kamu ke permukaan”. jelas sang ular.

Lalu sang kadal mencari tali di pinggiran kolam dan dia mendapatkan nya, setelah itu sang kadal mengikat kaki depannya ke ekor sang ular dengan sangat kuat. Selesai itu kini sang ular dan sang kadal berenang menyeberangi kolam luas itu namun di tengah-tengah kolam sang ular berpikir untuk menenggelamkan sang kadal sebelum mencapai tepian, ketika hal itu akan dilakukan oleh sang ular tiba-tiba tubuhnya tertarik ke atas dia mencoba melepaskan diri dengan sekuat tenaga namun hal itu percuma ternyata sang kadal disambar oleh seekor burung alap-alap sehingga tubuh ular itu bergelantungan di udara. Saat itu sang alap-alap melihat bukan hanya kadal saja yang dia tangkap namun begitu juga seekor ular air dimana ekornya terikat pada kaki sang kadal.


Pengertian dan Contoh Cerita Fabel Anak Anak Terbaru - Nah, itu tadi beberapa cerita fabel yang bisa anda gunakan sebagai dongeng anak anak atau mungkin cerita pembelajaran bahasa indonesia yang berguna bagi kehidupan sehari hari anda. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.