Pengertian Lengkap Prosa, Ciri ciri dan Contohnya

Pengertian Lengkap Prosa, Ciri ciri dan Contohnya - Selamat datang teman-teman semua di blog saya. Semoga hari kalian senantiasa diberi rahmat oleh-Nya. Untuk post kita kali ini, saya akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan prosa. Tentu teman-teman semua sudah pernah mempelajari yang namanya prosa. Namun kebanyakan pasti lupa. Hehe, maklum banyak yang dipelajari makanya lupa. Tapi tak perlu risau, teman-teman semua akan ingat kembali dengan prosa jika membaca artikel ini. Karena saya akan memberikan penjelasan tentang apa itu prosa, jenis-jenisnya beserta contohnya. Langsung saja kita simak materi nya berikut ini.


Pengertian Lengkap Prosa, Ciri ciri dan Contohnya
Google Image - Pengertian Lengkap Prosa, Ciri ciri dan Contohnya

Pengertian Lengkap Prosa, Ciri ciri dan Contohnya


Pengertian prosa

Prosa berasal dari bahasa latin “prosa” yang artinya “terus terang”. Prosa itu sendiri adalah sebuah karya sastra yang berbentuk tulisan dan bersifat bebas. Maksud bebas disini adalah penulis dalam menciptakan sebuah karya sastra dalam bentuk prosa tidak perlu memperhatikan jumlah kata, suku kata dan tidak perlu menggunakan kata-kata yang dibuat-buat untuk memperindah suatu prosa. Karena sifatnya yang bebas, karya sastra ini tidak terikat aturan-aturan penulisan dengan karya sastra lain seperti rima, irama, diksi, dan lain-lain. Makna kata dalam prosa sifatnya denotatif atau mengandung makna sebenarnya. Jika pun terdapat kata-kata kiasan, mereka hanya menjadi ornamen di beberapa bagian untuk menekankan atau memperindah tulisan dalam prosa. Kata kias dalam prosa berfungsi sebagai bagian, tidak seperti puisi yang sebagian besar menggunakan kata konotasi atau kata kiasan sehingga membutuhkan penafsiran secara cermat.

Jenis-jenis prosa

Prosa dibedakan menjadi 2, yaitu prosa lama dan prosa baru.

1. Prosa lama
Prosa lama adalah bentuk karya sastra yang belum dipengaruhi oleh kebudayaan barat. Prosa lama berbentuk tulisan karena pada zamannya belum ditemukan alat untuk menulis. Namun, saat ini kita sudah bisa menemukan karya sastra prosa lama dalam bentuk tulisan. Dahulu kala, prosa lama diceritakan dari mulut ke mulut. Dalam prosa lama, tulisan-tulisannya memiliki karakteristik seperti cerita istana sentris, sifatnya menghibur masyarakat, tidak menggunakan struktur kalimat, dan bersifat kedaerahan. Berikut ini adalah bentuk-bentuk prosa lama, yaitu:

Hikayat
Hikayat adalah sebuah karya sastra yang tergolong dalam prosa yang merupakan tulisan fiktif dan tidak masuk akal yang menceritakan tentang dewa, dewi, pangeran, raja, dan lain-lain. Contohnya adalah Hikayat Hang Jebat, Hikayat Nabi Sulaiman, Hikayat Raja Bijak, dan lain-lain.

Sejarah (tambo)
Sejarah adalah tulisan yang menceritakan tentang peristiwa tertentu yang pernah terjadi dimasa  lampau. Ada dua jenis sejarah, yaitu sejarah prosa lama dan baru. Contoh tulisan berbentuk sejarah adalah Sejarah Melayu yang ditulis oleh Tun Sri Lanang pada tahun 1612.

Kisah
Kisah adalah tulisan-tulisan pendek. Kisah menceritakan tentang cerita perjalanan, pengalaman atau petualangan orang-orang jaman dulu. Salah satu contoh kisah adalah Kisah Raja Abdullah menuju Kota Mekkah.
Dongeng
Dongeng bercerita tentang khayalan-khayalan masyarakat pada zaman dahulu. Dongeng sendiri terdapat beberapa bentuknya, seperti:

Myth (Mitos) bercerita tentang hal-hal gaib, contohnya seperti Ratu Pantai Selatan, Dongeng tentang Batu Menangis, Dongeng asal-usul kuntilanak, dan lain-lain.

Legenda bercerita tentang sejarah atau asal-muasal terjadinya sesuatu, contohnya seperti Legenda Tangkuban Perahu, Legenda Pulau Jawa, dan lain-lain.

Fabel bercerita kisah yang tokohnya adalah binatang, contohnya seperti Si Kancil dan Buaya, Si Kancil yang Cerdik, dan lain-lain.

Sage bercerita tentang kisah pahlawan, keberanian, atau kisah kesaktian, contohnya seperti Ciung Winara, Patih Gadjah Mada, Calon Arang, dan lain-lain.

Jenaka atau pandir
Jenaka atau Pandir mengisahkan orang-orang bodoh yang bernasib sial yang sifatnya untuk melucu atau humor, contohnya seperti Dongeng Abunawas, Dongeng Si Pandir, dan lain-lain.


Baca juga: Kata Bijak Bahasa Inggris dan Artinya


2. Prosa baru
Prosa baru adalah bentuk karya sastra yang telah dipengaruhi oleh kebudayaan barat. Bentuk prosa ini muncul karena prosa lama dianggap tidak modern dan ketinggalan jaman. Bentuk-bentuk prosa baru antara lain:

Roman
Roman adalah tulisan yang mengisahkan hidup seseorang dari lahir hingga meninggal secara menyeluruh, contohnya seperti Layar Terkembang karya Sultan Takdir Ali Syahbana.

Novel
Novel adalah cerita yang panjang tentang kehidupan, sifatnya bias fiktif atau no-fiktif, contohnya seperti Novel Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Ave Maria, dan lain-lain.

Cerpen
Cerpen adalah adalah cerita pendek yang menceritakan sebagian kecil dari kisah pelaku utamanya. Konflik yang mengubah sikap pemeran utama, inilah yang membedakan cerpen dan novel. Contoh cerpen yaitu Robohnya Surau Kami karya A.A Navis, Keluarga Gerilya karya Pramoedya Ananta, dan lain-lain.

Riwayat
Riwayat bercerita tentang kisah hidup orang atau biasanya tokoh terkenal atau yang menginspirasi. Ada dua jenis riwayat, yaitu biografi (ditulis oleh orang lain) dan oto biografi (ditulis sendiri oleh tokoh tersebut).

Kritik
Kritik adalah bentuk tulisan yang sifatnya memberi alasan atau menilai/menghakimi karya atau hasil kerja seseorang.

Resensi
Resensi adalah tulisan yang merangkum atau mengulas suatu karya, baik buku, seni, musik, film, atau karya lainnya. Resensi memberikan sudut pandang tentang baik dan buruknya karya tersebut. Dengan kata lain, resensi memberikan gambaran untuk mempertimbangkan apakah kita harus menikmati karya tersebut atau tidak.

Esai
Esai adalah tulisan yang berisi tentang sudut pandang atau opini pribadi tentang suatu hal yang menjadi topik atau isu dalam tulisan tersebut.

Perbedaan Prosa Lama dengan Prosa Baru

Prosa lama Prosa baru

  • Statis, lamban perubahan nya
  • Bersifat kerajaan
  • Bersifat fantastis
  • Dipengaruhi hindu dan arab
  • Tidak ada nama pengarang

Prosa Baru

  • Dinamis, perubahan nya cepat
  • Mengambil bahan dari rakyat sekitar
  • Realistis
  • Dipengaruhi oleh barat
  • Nama pencipta selalu dicantumkan

Pengertian Lengkap Prosa, Ciri ciri dan Contohnya - Nah, itu tadi semua yang berkaitan dengan prosa, semoga bisa bermanfaat bagi anda sekalian. Sekian dan terimakasih. Kunjungi terus yaa.