Pengertian Paragraf Generalisasi beserta Contohnya

Pengertian Paragraf Generalisasi beserta Contohnya - Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang paragraf generalisasi. Diantara banyak nya paragraf yang ada didalam bahasa indonesia, saya memilih paragraf ini sebagai tema pembicaraan kita. Apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan paragraf ini? Lalu apa saja jenis-jenisnya? Jika belum, ada baik nya jika kita menyimak artikel ini dengan baik, karena saya juga akan memberikan contoh-contoh paragraf generalisasi.

Pengertian Paragraf Generalisasi beserta Contohnya
Google Image - Pengertian Paragraf Generalisasi beserta Contohnya


Paragraf generalisasi adalah paragraf yang menyampaikan kalimat-kalimat yang bersifat khusus di awal paragraf yang kemudian disimpulkan secara umum di akhir paragraf. Pada paragraf generalisasi, tulisan yang disampaikan didasarkan dari sekumpulan pernyataan atau peristiwa-peristiwa yang sudah ada. Pada paragraf Generalisasi, penalaran yang digunakan adalah penalaran induktif. Paragraf dengan penalaran induktif adalah paragraf yang menempatkan gagasan pokoknya pada bagian akhir paragraf.


Macam-macam paragraf generalisasi
Paragraf generalisasi dibedakan menjadi 2, yaitu:


1. Loncatan induktif

Pada paragraf ini, menyajikan kalimat – kalimat yang bertolak dari beberapa fakta pada kalimat awal, yang mana fakta tersebut belum dapat mencerminkan keseluruhan fenomena yang terjadi. Oleh karenanya, pada kalimat jenis ini merupakan kalimat generalisasi yang lemah, karena dalam kalimat awal mengandung fakta – fakta yang tidak seutuhnya mencerminkan keseluruhan fenomena.
Contoh:

a. Kemajuan bangsa dapat dilihat dari sektor pendidikan. Pendidikan yang baik tentu didukung oleh sarana dan prasarana, kualitas guru, serta peran masyarakat dan pemerintah. Melalui pendidikan, kita dapat mengajarkan nilai – nilai yang luhur kepada generasi penerus bangsa. Perubahan – perubahan pada negeri kita juga terjadi dari proses pendidikan. Namun, masih banyak anak – anak negeri yang belum dapat mengenyam pendidikan dengan baik karena berbagai faktor. Oleh karenanya, pemerataan pendidikan harus menjadi prioritas dalam program pemerintah.

b. Budi adalah anak yang pemalas. Ia sering sekali lupa membawa buku. Beberapa hari terakhir ini saja sudah 3 kali ia tidak membawa buku dalam minggu ini. Bahkan dalam bulan ini sudah 16 kali ia tidak membawa buku. Maka besok di saat pelajaran pasti ia tidak akan membawa buku.


2. Tanpa loncatan induktif

Paragraf jenis ini merupakan kebalikan dari paragraf generalisasi loncatan induktif. Pada paragraf jenis ini, memberikan kalimat – kalimat fakta yang lengkap yang menggambarkan keseluruhan fenomena. Sehingga paragraf ini sangat baik karena menyajikan data yang lengkap.
Contoh:

a. Setelah hasil ulangan biologi anak –anak kelas 11 diperiksa, sebagian besar murid-murid mendapat nilai standar kelulusan, yaitu delapan puluh. Nilai di bawah standar kelulusan masih ditemukan pada sedikitnya lima orang siswa. Bagi siswa – siswi yang memiliki nilai di bawah standar kelulusan, maka akan diwajibkan untuk mengikuti ujian perbaikan atau remedial. Ujian remedial ini dapat berupa ujian dengan materi serupa namun soal yang lebih mudah, atau dapat pula penugasan dengan materi yang terkait. Sistem penilaian yang diberikan pada ujian remedial pun berbeda dengan ujian yang pertama, pada ujian remedial nilai maksimum siswa hanya batas standar kelulusan. Sehingga dengan demikian program remedial membantu siswa – siswi yang belum memiliki ketuntasan belajar.

b. Pantai Mutun yang berada di Lampung sangatlah cantik dan Indah. Di sana airnya jernih dan suasananya sangat asri. Tak hanya memiliki pantai yang cantik, Lampung juga memiliki taman nasional yang sangat menakjubkan, yaitu way kambas. Di dalam way kambas kita bisa melihat hewan – hewan yang dilindungi seperti gajah sumatra, badak, dan lain – lain. Selain, pantai dan taman nasional, di lampung juga terdapat gunung yang sangat Indah, yaitu Gunung Tanggamus. Gunung ini sangat digemari bagi para pecinta panjat gunung. Oleh karena itu, tak heran Lampung dijuluki sebagai surganya tempat wisata.

Pengertian Paragraf Generalisasi beserta Contohnya - Mungkin cukup ini saja yang dapat saya bagikan kepada kalian, mungkin untuk selanjutnya saya akan bagikan tentang paragraf yang lainnya. Semoga bermanfaat. terimakasih