Tips Cara Membuat Cerpen dengan Mudah dalam Bahasa Indonesia

Tips Cara Membuat Cerpen dengan Mudah - Untuk pos kali ini saya akan membahas tentang beberapa tips membuat cerpen dengan mudah. Cerpen merupakan cerita pendek yang terdiri dari 1000 sampai 1500 kata. Namun, bagi pemula tidak perlu risau dengan jumlah kata yang sedemikian rupa, tuangkan saja apa yang ingin kita tuliskan dalam cerpen, usahakan agar pesan ter-sampaikan kepada pembaca. Jadi, bagi pemula jangan terlalu berpatokan pada jumlah kata diatas. Karena ada pepatah “bisa karena biasa” jika anda sering menulis maka untuk jumlah kata diatas terbilang sedikit. Oleh karena itu mulailah untuk menulis dengan hal-hal kecil.

Tips Cara Membuat Cerpen dengan Mudah
Google Image - Tips Cara Membuat Cerpen dengan Mudah


Baca juga: Pengertian dan Contoh Gurindam Lengkap


Ada banyak sekali contoh cerpen yang terkenal, bisa saja anda menjadi salah satu orang yang bisa menulis tentang cerpen bagi karir dan hobi anda kedepan di masa depan anda. Semua penulis cerpen pasti menulis cerpen dari sedikit demi sedikit. Dari yang tidak bisa hingga menjadi mahir. Semoga bermanfaat.


Oke, kembali ke pembahasan kita. Saya mempunyai beberapa tips untuk membuat cerpen dengan mudah. Langsung saja kita simak beberapa tips berikut:

1. Membaca cerpen sebanyak 2 kali

Sebelum kita membuat sebuah cerita pendek, terlebih dahulu kita membaca cerpen karya orang lain sebanyak 2 kali. Apa tujuannya? Yang pertama, kita membaca cerpen sebagai ‘pembaca’ dan yang kedua kalinya, kita membaca cerpen sebagai ‘penulis’. Apa maksudnya membaca sebagai penulis? Artinya pada saat kita membaca yang kedua kalinya, kita telaah setiap kata, paragraf, dan cerpen seutuhnya. Tujuannya adalah untuk memahami bagaimana susunan sebuah cerpen dan untuk mendapatkan pesan yang disampaikan didalam cerpen yang kita baca. Agar kita tau trik nya agar pesan yang kita tuangkan tersampaikan.

2. Tentukan tema

Contohnya: perjuangan indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan, perjuangan dua orang sahabat yang ingin mendapatkan kekayaan. tentang perjuangan keras setelah sakit yang menahun. Hampir mati karena cinta. Perjuangan mengembalikan kejayaan tim bola yang telah hampir bubar. Dengan menentukan tema dengan baik maka akan memudahkan kita untuk menyusun plot-plot yang lain.

3. Tentukan apa yang protagonis inginkan

Para rakyat indonesia berjuang keras melawan penjajah untuk kemerdekaan, seseorang yang tetap bersikap baik walaupun ditipu oleh sahabatnya, Seorang nelayan ingin tangkapan ikan yang banyak. Seorang pelajar ingin nilai ujian bagus. Seorang suami ingin membahagiakan istrinya.



4. Tentukan apa yang antagonis inginkan

Misalkan adanya rakyat indonesia yang bekerja sama dengan pihak penjajah untuk menghancurkan indonesia demi keuntungan pribadi, adanya sikap yang tidak sportif dalam persahabatan, Kalo seorang pendengki selalu ingin si nelayan tidak dapat ikan. Kalau anak nakal selalu ingin nyontek dan menjatuhkan si pintar. Kalau wanita selingkuhan selalu merayu suami orang lain untuk bercerai dengan istrinya.

5. Tentukan masalah yang ada

Susahnya perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan, ada orang ketiga yang ingin menghancurkan persahabatan mereka, Suami yang selalu berbuat kasar kepada istrinya karena rasa cemburu. Menduga istrinya selingkuh, suami mulai jarang pulang ke rumah dan terlibat perjudian. Suami sering “jajan di jalan”. Anak-anak jadi galau.

6. Apa yang Protagonis lakukan ketika klimaks

Gambarkan ketika klimaks terjadi. Sebagai seorang pencerita yang baik tentu anda harus sudah tahu apa yang akan terjadi ketika klimaks. Sebab anda sendirilah “tuhannya”. Andalah yang menciptakan ceritanya. Anda bebas menentukan semua isi cerita, termasuk klimaks nya. Misalnya  Peerangan dan musuh menjadi hebat, lalu mereka menang. kedua sahabat itu mengetahui bahwa ada orang yang iri pada mereka dan akhirnya mereka tidak mempercayai orang tersebut lagi, Sang Suami memukuli istrinya. Ternyata “Lelaki lain” membelanya dan terlihatlah baku hantam antara dua pria ini.


7. Tentukan kesimpulannya

Sang istri merelai perkelahian. Ia menjelaskan masalah yang sebenarnya. Bahwa “lelaki lain” yang dilawan suaminya, dan belakang sering terlihat jalan bareng istrinya, adalah ayah kandung istrinya (yang lama terpisah darinya) bukan selingkuhannya. Suaminya pun juga menjelaskan bahwa dia di jebak wanita yang menginginkan hartanya saja. Dia telah lama melupakan wanita itu. Seketika pasangan suami-istri ini menginsafi diri dan kembali menjalani kehidupan rumah tangga yang normal seperti semula.


Baca juga: Kumpulan Rumus Matematika Lengkap


Cara membuat cerpen yang baik dan benar beserta contohnya - Walaupun anda sedang menulis fiksi, maka anda harus menuliskan kejadiannya seolah ada di kehidupan nyata. Bila cerita anda tentang pelajar, jangan lupa gambarkan ruang kelas. Kalau cerita anda tentang petualang, jangan lupa gambarkan suasana hutan, sungai, be batuan, dan lain-lain. Intinya, bila anda ingin cerpen anda tampil menarik, buatlah ceritanya hidup. Kunjungi sastrapedia.net dan kunjungi terus situs ini. Buatlah deskripsi nyata tentang diri pelaku dan keadaan sekitarnya. Jangan jadikan cerita anda gersang seolah mati. Yups, demikian cara menulis cerpen, untuk ini saya tulis. Semoga bermanfaat.