Contoh Cerpen dalam Kehidupan Sehari-hari Terbaru

Contoh Cerpen dalam Kehidupan Sehari-hari Terbaru - Baiklah teman – teman pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cerpen. Apakah kalian paham apa cerpen itu? Cerpen merupakan salah satu bentuk karya sastra. Cerpen mengandung peristiwa cerita imajinatif dengan beberapa tokoh yang bermain di dalamnya. Cerita cerpen dapat diambil dari pengalaman diri sendiri cerpen terjadi di suatu tempat pada waktu tertentu. Itulah yang di sebut setting.

Contoh Cerpen dalam Kehidupan Sehari-hari Terbaru
Google Image - Contoh Cerpen dalam Kehidupan Sehari-hari Terbaru 


Kegiatan dalam cerpen mengalir melalui alur cerita dan memiliki plot tertentu. Plot dalam cerpen juga dalam novel, roman, drama, ada yang lurus kronologis (alur maju), ada pula yang flash back (penceritaan berjalan mundur). Cerpen menampilkan suatu fragmen yang sudah dianggap tuntas, bisa berdiri sendiri, juga singkat, padat, dan praktis dibacanya.
Berikut ini adalah contoh cerpen tentang kehidupan sehari – hari :

Contoh Cerpen dalam Kehidupan Sehari-Hari


Keluarga Bahagia


Keluarga pak andri merupakan keluarga yang terkenal ramah – tamah di lingkungan rumahnya. Pak Andri dan keluarganya tinggal di daerah lampung timur, tepatnya di desa Pekalongan. Mereka terdiri atas empat orang, yaitu : pak andri, istri beserta dua orang anaknya yang bernama Tio dan Tia. Keluarga kecil ini hidup sejahtera dan bahagia.

Rumah keluarga pak andri terlihat bersih dan rapi meskipun tidak begitu besar rumahnya. Jendela dan pintunya yang cukup jumlahnya sehingga sinar matahari dan udara dapat masuk keseluruh ruangan dan kamar.

Halaman rumah pak andri yang tidak seberapa luas itu tampak berwarna – warni dengan tanaman bunga yang terpelihara dengan baik. Berbagai macam bunga di tanam di halam itu sehingga kelihatan indah. Setiap pagi dan sore Tia menyirami tanaman itu, terkadang Tio juga membantunya. Halaman belakang rumah di jadikan kebun sayuran. Berbagai jenis tanaman disana. Ada bayam, kangkung, buncis, terong, kacang panjang, pare dan lain – lainnya. Tanaman – tanaman itu sangat bermanfaat untuk sayuran keluarga.

Bertani adalah mata pencaharian pak Andri. Walaupun sawahnyanya tidak begitu luas, berkat cara pengolahannya yang baik, hasilnya dapat mencukupi kebutuhan keluarga. Dahulu pak andri bersekolah di Sekolah Menengah Kejuruan dengan jurusan pertanian. Ilmu yang di peroleh di sekolah itu sekarang di terapkan dalam bertani. Karena pengetahuan dan pengalamannya yang banyak dalam bertani, pak Andri di pilih sebagai ketua kelompok tani desa Pekalongan. Untuk menambah penghasilan, istri pak Andri berjualan di pasar. Bu Andri mempunyai kios di pasar Pekalongan. Berbagai macam kebutuhan rumah tangga seperti beras, minyak, gula, sabun, minyak goreng, bawang, tomat, cabe dan sayuran di jual di kios itu. Sering Tio dan Tia membantu ibunya berjualan di pasar. Bahkan pak Andri ingin agar nanti anak – anaknya dapat melanjutkan pendidikan sampai perguruan tinggi.

Keluarga pak Andri adalah keluarga yang bahagia. Antara anggota keluarganya terjalin hubungan kasih sayang yang hangat dan rukun. Tidak pernah terjadi pertengkaran dan perdebatan dalam keluarga itu.

Ketika suara adzhan maghrib berkumandang mereka pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat maghrib berjamaah. Setelah pulang dari masjid mereka sekeluarga makan malam bersama. Tidak lama kemudian anak – anaknya duduk di meja belajar masing – masing untuk belajar dan pengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru di sekolah.

Selesai belajar anak – anak pak Andri menemui kedua orang tuanya di ruang tengah. Sudah menjadi kebiasaan keluarga pak Andri bahwa, pada wakt.u berkumpul bersama, mereka berbincang – bincang mengenai hal – hal yang berhubungan dengan kepentingan mereka.

“ Ayah bolehkah besok teman – teman saya mengerjakan tugas kelompok di rumah kita? ” tanya Tio kepada ayahnya.

“ Boleh. Mengapa tidak?

“ Mau mengerjakan tugas kelompok apa kak?” kata Tia

‘ Tugas kerajinan tangan tangan dik.” Jawab Tio.

“ Berapa orang temanmu yang akan mengerjakan tugas kelompok disini? ” tanya bu Andri.

“ Tidak banyak, hanya tiga orang saja. Dion, Satria, dan Dimas.” Jawab Tio

“ Kamu harus belajar lebih giat lagi agar lulus dengan nilai yang baik di Ujian Nasional nanti,” kata pak Andri kepada Tio.

“ Ya, ayah, saya akan belajar lebih giat agar lulus dalam Ujian Nasional nanti,” kata Tio.

 “ Lulus dengan nilai yang baik, agar kamu dapat melanjutkan sekolah ke SMP Negeri,” kata bu Andri.

“ Aku juga akan belajar lebih giat, aku ingin menjadi juara kelas “ kata Tio.

“ Bagus sekali, ayah dan ibu senang melihat kalian rajin dan giat belajar,” kata pak Andri.

Demikianlah perbincangan keluarga pak Andri malam itu. Tidak lama kemudian jarum jam sudah menunjukkan pukul 21:00 WIB. Mereka mengakhiri perbincangan untuk bersiap – siap tidur.

Tio berjalan menuju kamar mandi untuk membersihkan gigi, mencuci tangan kaki dan Tia berjalan masuk kamar menyiapkan tempat tidur. Setelah selesai semua mereka beristirahat di kamar masing – masing.

Contoh Cerpen dalam Kehidupan Sehari-hari Terbaru - Demikian contoh cerpen dalam kehidupan – sehari hari. Terima kasih sudah membaca cerpen ini semoga dapat memberi contoh yang baik bagi teman – teman yang membacanya.