Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks beserta Pengertiannya

Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks beserta Pengertiannya - Didalam bahasa Indonesia terdapat 2 macam tipe kalimat yaitu diantaranya adalah kalimat kompleks dan dengan kalimat simpleks, 2 kalimat masing-masing ini memegang peran penting dalam bahasa Indonesia ini,nah, jika ada ingin tau selengkapnya, berikut ini merupakan pengertian serta contoh masing-masing kalimat tersebut.

Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks beserta Pengertiannya
Google Image - Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks beserta Pengertiannya

Beberapa kalimat mempunyai berbagai jenis, beberapa jenis kalimatnya beragam tergantung kita bagaimana kita membedakan kalimat tersebut,tetapi salah satu  membedakan beberapa jenis kalimat dapat kita lihat dari beberapa kompleksitas kata itu sendiri, menurut kompleksitasnya, kalimat dibagi menjadi 2 yakni kalimat simpleks dengan kalimat kompleks. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kalimat simpleks dan kompleks, yuk kita lihat penjelasannya berikut ini.


Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks beserta Pengertiannya


PENGERTIAN KALIMAT SIMPLEKS


Kalimat simpleks merupakan kalimat yang terdiri pada satu bentuk kalimat saja, yang diartikan pola kalimat ialah kumpulan atas beberapa kata minimal terdiri atas beberapa fungsi diantaranya subjek (S) dan predikat (P), sementara dalam kalimat simpleks terdapat hanya ada satu kata kerja atau satu predikat utama, sementara dalam sebutan lain,kalimat simpleks juga dapat disebut dengan kalimat tunggal atau satu, kalimat simpleks juga sering di sebut dengan kalimat yang hanya terdiri atas satu struktur dengan satu verbal utama, pada kata lain kalimat simpleks merupakan kalimat sederhana atau tunggal.
   
Inilah beberapa contoh kalimat simpleks:

Adik kecil itu terjatuh.

Ayah membaca koran.

Ibu menyiram bunga.

Daging ayam adalah makan kegemaran ayah.

Ibu belanja ke pasar.

Paman menyiram bunga di kebunnya.


PENGERTIAN KALIMAT KOMPLEKS


Kalimat kompleks merupakan kalimat yang hanya terdiri atas lebih dari satu kalimat tetapi kalimat ini mempunyai dua pola kalimat atau memiliki dua predikat kata kerja, sementara itu istilah lainya adalah, kalimat simpleks ialah sering disebut dengan kalimat majemuk.

Inilah beberapa contoh kaliat kompleks:

Ajis bermain bulu tangkis disaat ardhan sedang membersihkan taman.

Tanaman kacang bapak abdulah akan tumbuh subur apabila bapak apdulah rajin menyiraminya.

Arhan menendang bola dan ajis menangkapnya.

Bila kamu akan mendapatkan nilai yang baik apabila ku belajar dengan sungguh-sungguh.

Sawah pak adi sedang dibajak lalu sawah pak adi akan ditanaminya.

Ibu membeli daging ayan dan daging sapi di pasar.


Nah, beberapa kalimat diatas tadi merupakan kalimat kompleks dikarenakan  mengandung dua bentuk kalimat. Didalam kalimat kompleks terdapat dua predikat kata kerja utama, kalimat kompleks tersebut ditandai dengan beberapa kehadiran kata penghubung yang biasanya disebut dengan intrakalimat. kata intrakalimat atau kata penghubung itu sendiri merupakan kata pengubung yang terdapat pada satu kalimat yang berguna untuk menggabungkan dua klausan atau dua bentuk kalimat. Bahkan dalam kalimat, kata penghubung intrakalimat hanya bisa dibagi menjadi dua yakni kata penghubung koordinatif dan dengan kata penghubung subordinatif. Penggunaan beberapa kata penghubung koordinatif merupakan kalimat yang berarti akan menjadi kalimat majemuk setara, sedangkan, penggunaan kata penghubung subordinatif akan menjadikan kalimat tersebut menjadi kalimat majemuk bertingkat.

Kalimat kompleks juga merupakan hubungan dua atau lebih melalui konjungsi sebagai alat untuk perangkaian. Serta didalam kalimat kompleks dikenal dengan induk kalimat dan anak kalimat, induk kalimat sering juga disebut dengan kalimat atasan, sedangkan anak kalimat sering juga disebut dengan kalimat bawahan, agar dapat membedakan keduanya, secara tertulis anak kalimat memang selalu menempel dengan kata penghubung, sedangkan induk kalimat tidak ditempeli kata penghubung,


Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks beserta Pengertiannya - Demikian informasi yang saya sampaikan, semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat untuk kalian semua, atas atas perhatiannya saya ucapkan terima kasi, sampai bertemu di artikel blog selanjutnya.