Contoh Majas Alegori dan Pengertian Alegori Lengkap

Contoh Majas Alegori dan Pengertian Alegori Lengkap - Hay sobat, dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang majas alusio tentunya anda masih ingat bukan dengan majas ini sobat, majas yang memakai kata-kata yang bersangkutan dengan peristiwa umum, nah sobat pasti ingat kan dengan majas ini. Tapi tenang sobat, saat ini saya bukan untuk membahas majas alusio melainkan kita akan membahas artikel tentang majas alegori. Nah sobat, mari kita simak bersama-sama majas alegori.

Contoh Majas Alegori dan Pengertian Alegori Lengkap
Google Image - Contoh Majas Alegori dan Pengertian Alegori Lengkap

PENGERTIAN MAJAS ALEGORI LENGKAP


     Terkadang jika kita melihat buku bahkan melihat artikel, dapat kita temukan beberapa pengertian yang berbeda-beda. Bahkan ada beberapa yang membuat kita bingung, namun, apapun yang telah disampaikan dalam buku maupun artikel tersebut isinya tetap sama, tetapi cara penyampaiannya saja yang berbeda-beda.

      Alegori menurut bahasa berasal dari bahasa Yunani, allegorein, yang artinya secara harfiah,”bicara yang sebaliknya”.dalam pengertian umum, alegori merupakan pembicaraan tentang suatu hal tapi maksudnya menunjukan ke hal lain, dan  alegori juga merupakan suatu penjelasan  tentang suatu pokok, yang hanya ditulis dengan sedemikian rupa akan tetapi majas ini membicarakan sesuatu yang sama sekali berlain. Sebenarnya padahal berkaitan, alegori juga merupakan gaya bahasa perbedaan yang hanya bersatu dengan satu sama lainya dalam kesatuan yang utuh, alegori juga dapat diartikan dengan majas menyatakannya dengan cara lain. Melalui perumpamaan atau penjelasan, majas alegori juga merupakan majas yang persamaannya memperlihatkan satu perbandingan yang utuh, perbandingannya terbentuk menjadi kesatuan yang menyeluruh.

      Majas alegori merupakan majas yang bagian gaya bahasanya terdapat dalam jenis perbandingan atau perbedaan, pada penjelasan majas alegori majas ini kata-kata atau kalimatnya tidak memiliki arti yang sebenarnya, namun umumnya , dalam satu majas alegori terdapat banyak pemakaian retorika. Retorika merupakan salah satu rayuan atau ajakan bisa juga dapat disebut dengan bujukan secara persuasif. Dalam pernyataan majsa alegori juga sebuah perihal dengan memakai kiasan atau penjelasan, secara tidak langsung aligori ternyata hampir sama dengan majas simile yang terkadang memakai kata-kata umpama, seperti atau bagai, perbandingannya, majas alegori dikemas dalam salah satu cerita atau ulasan yang tentunya lebih lengkap bahkan dari pada majas simile.
   

CONTOH MAJAS ALEGORI


       Nah, dibawah ini adalah beberapa contoh dari majas elegori semoga bermanfaat buat anda sekalian.

a. Menjalani kehidupan rumah tangga samahalnya seperti kita mengarungi lautan dengan sebuah bahtera terkadang kita akan dibawa menyaksikan  keindahan samudera yang begitu menakjubkan. Namun tak jarang kuat nya ombak akan mengombang-ambingkan tubuh kita.
b. Kata Rasullulah, wanita itu bagaikan tulang rusuk yang bengkok. Tidak mudah untuk menjadikan lurus. Jika kau memaksa dengan otot kekarmu maka tulang itu bukannya lurus melainkan patah dan hancur berkeping-keping, namun jika engkau biarkan saja maka tulang itu akan selamanya bengkok.

c. Kita hidup didunia ini seperti musafir yang berjalan dan singgah kekampung-kampung untuk berbekal, waktu kita sebentar tidak lama sedangkan perjalanan masih sangat  begitu jauh dan melelahkan, jika kita tidak memanfaatkan dengan baik, maka bersiaplah menerima penderitaan ditengah jalan kelak.

d. Bagi orang muslim Al-qur’an adalah rambu-rambu yang akan menunjukan serta menuntun jalan menuju Rabbnya, ketika selama selama ia patuh dan mengikuti serta mentaati lampu dengan baik, maka ia akan selamat sampai tujuan akhir.

e. Anak yang baru terlahir layak nya kertas putih yang masih kosong serta bersih, tidak ada goresan tinta apalagi noda, maka jagalah ia dengan baik, torehkan lah tinta emas pada tiap-tiap lembarnya dan warnai lah ia dengan warna yang begitu indah.

f. Dunia ibarat tumbuhan hijau yang menyihir setiap mata yang memandang, indah dan begitu menakjubkannya pesona hijaunya, namun lambat laut dan tiada daya dan upaya dan yang hijau berubah menguning, kering dan pada akhirnya musnah.

g. Perjalanan hidup anak adam layaknya sungai yang mengalir dari hulu menyusuri tebing-tebing terjal, melewati anak sungai yang tak ter duga kedalamannya,hingga air yang jernih rela menerima segala sampah


Contoh Majas Alegori dan Pengertian Alegori Lengkap - Nah sobat, inilah tadi beberapa contoh-contoh majas alegori, semoga apa yang telah disampaikan diatas tadi dapat bermanfaat untuk para sobat dirumah, terimakasih atas kunjungan para sobat.