Contoh Majas Alusio dan Pengertian Alusio Lengkap Bahasa Indonesia

Contoh Majas Alusio dan Pengertian Alusio Lengkap - Majas adalah kata yang sepenuhnya harus ada untuk suatu karya tulis seperti puisi dan cerita. Terkadang hal ini berguna agar dapat melihat bagus atau tidaknya hasil karya tulis yang kita buat. Karena itu kemampuan berbicara yang baik harus kita manfaatkan juga karna kemampuan ini, setiap penulis novel bahkan puisi diwajibkan harus mempunyainya.

Contoh Majas Alusio dan Pengertian Alusio Lengkap
Google Image - Contoh Majas Alusio dan Pengertian Alusio Lengkap


Majas yang kini sering disebut dengan kata kiasan merupakan bahasa indah yang kita sering gunakan baik secara lisan maupun tulisan yang berguna untuk memperindah suatu susunan kalimat yang tertulis dan agar dapat menghasilkan pengaruh tertentu bagi para pembaca dan pendengarnya. Hingga berdasarkan golongannya majas dibedakan menjadi empat bagian diantaranya adalah majas perbandingan, majas pertentangan, majas pertautan dan majas perulangan atau penegasan. Beberapa jenis-jenis majas mempunyai turunannya masing-masing. Pada artikel yang satu ini saya akan menjelaskan tentang majas yang berjudul majas alusio.

Pengertian Majas Alusio Lengkap


Majas alusio adalah salah satu majas yang berasal dari bahasa inggris yang artinya kiasan, ibarat, dan sindiran. Namun, makna majas alusio ini lebih cenderung untuk sindiran dengan menggunakan sebuah pantun, peribahasa, atau kata-kata sindiran lainnya. Pengertian majas alusio adalah majas yang memakai kata-kata yang bersangkutan dengan peristiwa umum. Namun juga dapat diartikan dengan  menggunakan kata umum serta bertujuan untuk menunjukan maksud tertentu. Majas alusio kerap disebut juga dengan majas kilatan. Majas alusio kerap memakai sampiran pantun serta isinya telah diketahui. Dan kerap memakai pribahasa yang sudah umum. seseorang yang pandai mempunyai anggapan bahwa majas alusio adalah majas yang menggunakan ungkapan yang tidak diselesaikan. Hal ini dikarenakan telah dikenal.
   
Ditemukan penjelasan lain mengenai majas alusio yang mengatakan bahwa majas alusio adalah majas yang memakai kata yang saling berkaitan satu sama lain menggunakan kejadian umum yang terjadi atau satu kata yang mempunyai tujuan umum di dalam menunjukan maksud tertentu.
 
Definisi lain mengatakan bahwa majas alusio merupakan majas yang secara tidak langsung menujukan kepada tokoh tersebut, tempat atau peristiwa. Apakah anda telah mengerti tentang mengenai majas alusio berdasarkan deskripsi yang saya jelaskan tadi? Nah ini dia, untuk lebih jelas mari kita simak contoh majas alusio berdasarkan bahasan kita kali ini. berikut adalah contoh majas alusio:


Contoh Majas Alusio dan Pengertian Alusio Lengkap


a. Hati-hati dengan kadir, ucapannya penuh sihir, apapun yang dikatakannya jangan pernah percaya.

b. Apakah peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air akan terulang kembali.

c. Sekarang dia tak terlihat lagi batang hidungnya di desa ini. (tak pernah terlihat kembali orangnya)

d. Ternyata orang itu memang tua-tua keladi,sudah banyak gadis yang dia nikahi.

e. Kisah kehidupanmu mengingatkan aku kepada kisah bawang merah bawang putih.

f. Upacara bendera ini mengingatkan aku pada proklamasi kemerdekaan tahun 1945.

g. Tingkahnya seperti air dalam daun talas saja. (artinya sindiran seseorang yang tidak bisa diam)

Nah, itulah tadi beberapa contoh majas alusio. Sekarang saya ulas sedikit lagi tentang majas alusio. Kesimpulannya, Majas alusio merupakan salah satu majas yang turunan dari majasnya bertautan bahkan beberapa sumber memiliki beberapa sumber yang berbeda-beda dalam mengenai pengertian dari majas alusio ini namun pada inti pembahasannya sama.


Baca juga: Pengertian, Karakteristik dan Contoh Kalimat Majemuk Lengkap


Contoh Majas Alusio dan Pengertian Alusio Lengkap - Majas alusio merupakan majas yang menunjukan tentang suatu beberapa peristiwa atau tokoh umum yang sudah diketahui masyarakat. Nah, demikianlah pembahasan tentang majas alusio ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk anda sekalian semua, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.