Contoh Paragraf Deskripsi: Pengertian, Ciri, dan Jenisnya Lengkap

Contoh Paragraf Deskripsi: Pengertian, Ciri, dan Jenisnya Lengkap - Pastinya anda sudah tau dengan paragraf deskripsi bukan? yap benar, sangat berbeda dari paragraf narasi, naratif atau mungkin paragraf yang lainnya. Paragraf deskripsi merupakan paragraf yang didalam isinya merupakan suatu penggambaran objek yang dirangkai serta dituangkan kedalam kata-kata berdasarkan objek itu sendiri, serta dapat merasakan indra si pembaca itu sendiri. Maka pengertian dari paragraf ini adalah si penulis menginginkan agar si pembaca dapat bisa mendengar serta merasakan objek tersebut melalui menggambarkan atau tulisan suatu objek yang telah dirangkai kedalam kata-kata tersebut. Yang digambarkan dalam objek tersebut merupakan aspek-aspek yang digambarkan berupa karakteristik, keadaan, sifat atau  perasaan yang dimiliki objek tersebut.

Contoh Paragraf Deskripsi: Pengertian, Ciri, dan Jenisnya Lengkap
Google Image - Contoh Paragraf Deskripsi: Pengertian, Ciri, dan Jenisnya Lengkap


Beberapa tujuan pada paragraf ini diantaranya ialah memberikan gambaran yang utuh kepada si pembaca agar si pembaca dapat mengetahui tentang apa yang telah dibaca serta dapat mengerti dengan jelas dalam hal ini juga bentuk fisik atau pun wujud yang abstrak seperti sikap, serta rasa ini juga berperan penting serta berfungsi agar si pembaca dapat dengan mudah mengerti atau memahami apa maksud yang tertera pada objek tersebut.



Paragraf deskripsi ini merupakan salah satu hasil observasi atau pengamatan, hal ini merupakan bahwa informasi ini dapat digunakan untuk menggambarkan suatu benda atau objek dengan jelas serta sesuai dengan fakta atau kenyataan yang telah ditulis pada beberapa objek tertentu agar pembaca semakin faham dan mengerti tentang  apa yang telah disampaikan.

1. Ciri-ciri paragraf deskripsi


Nah tahukah anda, paragraf dapat dikatakan sebagai paragraf deskripsi, karena paragraf deskripsi ini memiliki ciri-ciri khusus yang diantaranya adalah sebagai berikut:

Paragraf ini memberikan penjelasan tentang gambaran suatu objek berdasarkan benda, karakteristik, sifat atau perasan bahkan suasana.

Dalam suatu penggambaran dapat dilakukan dengan menggunakan panca indra si pembaca.

Mempunyai tujuan agar sang pembaca seolah-olah dapat ikut mendengar serta membayangkan atau merasakan apa yang dideskripsikan oleh penulis itu sendiri.
.
Memberikan penjelasan tentang objek yang digambarkan bisa berupa warna, ukuran, sifat dan juga suasana.

Banyak ditemukan kata-kata yang bermakna keadaan atau kata sifat.

2. Pengembangan paragraf deskripsi


Paragraf deskripsi dapat dibagi atau dikembangkan menjadi 3 jenis paragraf yakni paragraf spatial, subjektif serta paragraf objektif. Mari kita lihat 3 pengertian paragraf tersebut dibawah ini.

A. Paragraf deskripsi spatial


Paragraf deskripsi spatial merupakan paragraf yang memiliki tema berupa ruang atau tempat. Paragraf ini juga menggambarkan suatu ruang atau tempat dengan sangat jelas kepada si pembacanya.

contoh paragraf spatial

Ruang kelas ku sangat rapih serta nyaman, didalam kelas bangku-bangku tertata sangat rapih empat kesamping delapan kebelakang, dan satu lagi meja untuk guru didepan pojok samping berlawanan dengan pintu, ada dua jendela masing-masing disisi kanan dan kiri dinding, tepat ditengah-tengahnya menambah sejuk ruang belajar karena semilir angin, seperti sedang berada di pegunungan, didepan bangku-bangku murid ada papan tulis saat guru membuat tulisan bisa dilihat sangat jelas meski murid berkaca mata minus duduk dibangku paling belakang, lantai ruang kelas selalu bersih seolah semut pun terpeleset jika memasukinya.

B. Paragraf deskripsi subjektif


Paragraf deskripsi subjektif merupakan paragraf yang menggambarkan suatu objek tertentu menurut apa yang dirasakan serta dilihat oleh seorang penulis itu sendiri, yang berarti, penulis menyalurkan opini-opini pribadi tentang keadaan dalam suatu benda atau suatu objek tersebut.

Contoh paragraf subjektif:

Pak budi merupakan salah satu guru yang sangat tegas disekolahku. Pak budi memiliki tinggi 170 cm serta bobot tubuh 60 kg sehingga seperti binaragawan yang sangat besar. Pak budi memiliki rambut hitam dan kulit yang berwarna sawo matang. Meskipun pak budi terlihat tegas dan garang, pak budi meru pakan guru yang sangat baik dan ramah. Dia telah membuat para siswa menyukai pelajaran IPA karena cara mengajarnya begitu menarik dan asik serta menyenangkan. Tak heran pak budi menjadi guru terfavorit dikelasku.


C. Paragraf deskripsi objektif


Paragraf Deskripsi objektif merupakan paragraf yang penjelasannya tang menggambarkan suatu objek secara jelas serta apa adanya kesan pribadi si penulis tersebut.

Contoh paragraf objektif

Pak budi merupakan salah satu guru disekolahku. Rambut pak budi berwarna hitam serta pendek dan rapih. Warna rambut pak budi begitu kontras dengan warna kulit sawo matangnya. Pak budi juga memiliki mata yang begitu sipit dan berwarna biru. Dan juga memiliki alis yang begitu tebal. Dai memiliki tubuh tinggi dan besar. Tingginya sekitar 170 cm dengan berat  60 kg. Tubuhnya yang sangat atletis itu membuat pak budi bercita-cita menjadi seorang polisi,tetapi nasib yang telah membawanya menjadi seorang guru. Dan kini sekarang pak budi menjadi salah satu guru IPA disekolahku.

Contoh Paragraf Deskripsi: Pengertian, Ciri, dan Jenisnya Lengkap - Nah itu tadi materi terkait tentang paragraf deskripsi semoga bermanfaat bagi anda sekalian. Dan tentu saja jangan lupa untuk membaca terus materi dari kami. Sekian dan terimakasih.