Pengertian dan Contoh Majas Simile Serta Pembahasan

Pengertian dan Contoh Majas Simile Serta Pembahasan - Dalam blog ini, saya akan menerangkan tentang majas simile. pastinya kalian semua sudah tahu bukan dengan majas simile ini. Majas simile merupakan salah satu  majas yang gaya bahasanya menggunakan berbagai beberapa kata kiasan. yang bermaksud untuk memberikan kesan tertentu kepada apa yang telah diinformasikan kedalam majas yang terkait. nah, inilah sedikit uraian atau ulasan tentang majas simile, jika anda ingin mengetahui lebih detail mari kita lihat tentang pengertiannya dibawah ini.

Pengertian dan Contoh Majas Simile Serta Pembahasan
Google Image - Pengertian dan Contoh Majas Simile Serta Pembahasan


Majas semile merupakan majas yang tergolong kedalam salah satu kategori majas perbandingan atau perumpamaan. Majas ini adalah majas yang membandingkan dalam suatu kata serta dengan kata yang lainnya diantaranya dengan menggunakan beberapa kata  yakni  kata penghubung atau kata pembandingan, namun, kedua kata ini mempunyai perbedaan. Akan tetapi kedua kata tersebut ini mempunyai sifat dan karakteristik yang sama. Ini lah beberapa kata yang biasa nya digunakan dalam majas semile ini:

Seumpama
Semisal
Sebagai
Serupa
Laksana
Bagai
Bagaikan
Bak
Seperti

Simile dalam bahasa indonesia simile atau ibarat merupakan salah satu bentuk majas dalam bahasa indonesia. majas ini adalah merupakan majas membandingkan dalam suatu hal serta hal yang lainnya diantara nya dengan menggunakan beberapa kata penghubung atau juga kata pembanding.semile juga berasal dari kata latin yang berarti  “seperti”. Serta pada bahasa melayu sering kali disebut dengan “perumpamaan”, yakni perbedaan dua hal yang tidak sama, majas semile dapat diberi suatu pengertian yakni sebagai  majas yang merupakan suatu kata penghubung  dalam sebuah membandiangkan. Serta yang dimaksud dengan keserupaan eksplisit ialah kata yang secara jelas dapat menunjukan suatu kedua hal yang berbeda tetapi mengandung segi yang serupa atau sama.

Menurut beberapa sumber kata simile merupakan kata penggabungan serta membandingkan suatu hal seperti  mahluk hidup atau benda mati dan serta dengan sesuatu yang lainnya, serta menggunakan beberapa kata penghubung tertentu. Nah, dibawah ini ada beberapa contoh tentang majas simile, untuk lebih lanjutnya mari kita lihat contoh dibawah ini:


CONTOH MAJAS SIMILE

1. Senyumanmu seperti bulan yang menerangi bumi.

2. Wajah cantikmu bagaikan sinar rembulan yang menerangi hatiku.

3. Persahabatan kami seperti rantai yang begitu kuat dan kokoh.

4. Cantiknya gadis itu bagaikan bidadari turun dari kayangan.

5. Kebaikan orang itu bagaikan kebaikan seorang malaikat yang bersinar.

6. Hempasan rambutmu bak tiupan alam yang menyejukan hati ini.

7. Begitu pedasnya kata-katamu bagaikan gunung api yang akan meletus.
.
8. Senyumanmu layaknya sinar mentari di pagi hari.

9. Wajah cantikmu seumpama sinar rembulan yang telah menyinari malam ini.

10. Cinta seorang ibu bagaikan mentari yang takkan pernah berhenti menyinari bumi ini.

11. Postur tubuhnya bagaikan beruang yang begitu besar.

12. Kasih sayang seorang ayah kepada anak bak seluas samudra.

13. Padang rumput yang indah serta hijau ini bak karpet alam yang membentang  dibumi.

14. Wajahmu yang cantik bagaikan embun pagi.

15. Kata-kata begitu berbisa bak racun yang mematikan.



Pengertian dan Contoh Majas Simile Serta Pembahasan - Nah, itu tadi tentang  beberapa contoh majas simile yang dapat kalian lihat seta yang saya berikan kepada kalian. Nah untuk mengingatkan, serta memahami tentang majas ini kita dapat menggunakan kalimat yang kita gunakan dalam sehari-hari, sekian untuk artikel hari ini saya ucapkan terima kasih atas kunjungan kalian blog ini, sampai jumpa dan sampai bertemu diblog selanjutnya.