Pengertian Mitos, Pembahasan Lengkap Mitos dan Contoh

Pengertian Mitos, Pembahasan Lengkap Mitos dan Contoh - Mitos, mungkin kalian sering mendengar nama mitos dan mungkin sebagian orang mendengarnya dapat membuat bulu kudu merinding gimana tidak merinding, sebagian masyarakat  percaya  akan adanya mitos terkadang beberapa orang tidak tahu apa arti kata mitos, mitos merupakan salah satu cerita rakyat mengenai hal-hal gaib dan kehidupan dewa-dewa yang hingga saat ini masih dipercayai oleh banyak masyarakat. 

Pengertian Mitos, Pembahasan Lengkap Mitos dan Contoh
Google Image - Pengertian Mitos, Pembahasan Lengkap Mitos dan Contoh


Bahkan di negara kita masih begitu bayak mitos serta larangan –larangan. Nah, itu tadi ulasan tentang mitos yang ada didalam sebagian di kehidupan kita. Lalu bagaimana kenyataan dan kebenaran mitos tersebut. Menurut beberapa sumber memiliki arti yang sama, mitos merupakan sebuah cerita atau dongeng berkisah kan tentang kejadian lampau, serta mitos juga merupakan tradisi lisan yang terbentuk pada masyarakat.

Pengertian Mitos, Pembahasan Lengkap Mitos dan Contoh


PENGERTIAN MITOS


Mitos merupakan salah satu cerita rakyat atau cerita tradisional yang menceritakan tentang kehidupan masa lampau seperti kehidupan para dewa dewa yang diyakini oleh masyarakat dan dipercayai hingga saat ini. Istilah mitos berasa dari bahasa latin yaitu (mythos) yang artinya “perkataan” atau “cerita”. Namun, taukah anda orang pertama yang telah mengenalkan istilah kata mitos dia adalah “plato”. Plato menggunakan istilah atau sebutan “muthologia” , yang berarti menceritakan cerita. Menurut KBBI, dijelaskan bahwa, mitos merupakan salah satu cerita suatu bangsa asal-usul sementara alam, manusia dan bangsa itu sendiri. Meskipun, menurut webster’s Dictionary, mitos merupakan perumpamaan atau alegori, yang keberadaan nya khayal sang tidak dapat bisa dibuktikan. mitos hanya  salah satu jenis cerita dongeng yang begitu sulit untuk di buktikan keberadaannya atau kenyataannya.

Bahkan didalam mitos biasanya terdapat isi cerita diantaranya merupakan tempat bersejarah, alam terbuka, para dewa-dewa, supranatural, pahlawan perjuangan serta masyarakat tertentu yang telah memiliki tujuan untuk menerusakan agar dapat menstabilkan budaya dikalangan masyarakat, dapat memberikan pedoman hidup, melegalisir beberapa aktivitas kebudayaan di masyarakat, dapat memberikan suatu makna kehidupan serta memberikan sebuah pengetahuan untuk menjelaskan beberapa hal –hal yang begitu sulit untuk dijelaskan demham akal pikiran manusia, mitos biasanya terdapat penokohan para dewa atau pahlawan perjuangan yang terjadi didunia lain maupun didunia nyata, bisanya kejadian di suatu tempat dihubung-hubungkan dengan mitos yang ada atau beredar dikalangan masyarakat, bahkan adat istiadat di beberapa daerah atau tempat kini diceritakan berdasarkan turun temurun, sebagian salah satu bentuk kesusasteraan lama. Mitos selain merupakan cerita menghibur mitos juga dapat mengetahui budaya dan adat istiadat dimasa lampau serta kita dapat mempelajari adat serta budaya mereka.

BEBERAPA CONTOH MITOS


Nah, inilah beberapa contoh mitos yang kita pernah mendengarnya :

1. Tertimpa cicak, menurut kebanyakan orang jika kita tertimpa cicak maka kita akan sial.

2. Memotong kuku malam-malam, ternyata yang satu ini tidak boleh memotong kuku malam-malam katanya pamali.

3. Memakai payung didalam rumah,beberapa orang menduga memakai payung didalam rumah itu sial banyak orang yang berbicara.

4. Jangan bersiul didalam rumah atau pun pada malam hari,bahkan beberapa orang menduga bahwa melakukan siulan pada malam hari serta didalam rumah itu mengundang setan.

5. Wanita tidak boleh duduk didepan pintu,banyak orang yang beranggapan bahwa itu pamalik.


Pengertian Mitos, Pembahasan Lengkap Mitos dan Contoh - Inilah tentang beberapa contoh mitos yang ada, semoga apa yang telah disampaikan diatas tadi dapat bermanfaat untuk sobat semua, tentang mitos, terkadang ada yang percaya atau tidak tentang semua  mitos yang ada, sekian atas penyampaian saya tentang mitos dan saya berterima kasi atas kunjungan  anda ke blog kami jangan pernah bosan membaca karena membaja kita tahu banyak hal,sekian dan terima kasih.