Pengertian Plot atau Alur, dan Penokohan dalam Sebuah Cerita

Pengertian Plot atau Alur, dan Penokohan dalam Sebuah Cerita - Nah, kali ini saya akan mendeskripsikan pengertian tentang plot, pasti anda pernah mendengar bahkan tidak asing lagi dengan kata plot atau sering di sebut dengan alur, plot merupakan salah satu rangkaian kata yang di tuangkan atau ditulis dalam sebuah cerita serta memiliki tipe-tipe dalam suatu tahapan kejadian atau peristiwa. Nah, itu tadi sedikit uraian tentang kata plot, selebihnya mari kita lihat beberapa pengertian lengkap dibawah ini.


Pengertian Plot atau Alur, dan Penokohan dalam Sebuah Cerita
Google Image - Pengertian Plot atau Alur, dan Penokohan dalam Sebuah Cerita

Pengertian Plot atau Alur, dan Penokohan dalam Sebuah Cerita


Plot atau alur merupakan salah satu rangkaian kejadian yang merupakan sebuah cerita yang saling menyambung satu sama lain kedalam salah satu hubungan sebab dan akibat. Pengertian dalam sebuah alur dapat memudahkan pembaca memahami tentang apa artinya sebuah peristiwa kedalam sebuah cerita, contohnya sebuah novel, unsur penting pada sebuah alur novel adalah peristiwa, konflik, dan klimaks. Nah,ketika sebuah cerita pada novel akan terlihat hidup ketika unsur-unsur tersebut ada pada novel itu sendiri bahkan cerita pada novel tersebut dapat terlihat hidup. Namun alur tidak pula berhubungan dengan apa yang terjadi pada cerita tersebut. Melainkan dapat menyampaikan bagaimana dan mengapa satu peristiwa serta konflik didalam sebuah cerita bisa terjadi. Namun menurut pandangan umum, alur juga mempunyai tahapan tersendiri.
yakni:

1. Tahapan situation (penyituasian), 
2. Tahap generating circumstances (pemunculan konflik),
3. Tahap rising action (peningkatan konflik atau masalah),
4. Tahapan klimaks,
5. Tahapan denoument (penyelesaian). 

Dan dalam sebuah cerita alur dibagi menjadi 3 jenis yakni alur maju, alur mundur dan alur campuran. Berikut ini adalah penjelasan tentang ke 3 alur tersebut:

ALUR MAJU


Alur maju merupakan alur yang tingkatan peristiwanya dalam alur maju ini, pertama kita dapat mulai dengan pengenalan cerita, awal perselisihan, menuju masalah, masalah memuncak serta diakhiri dengan penyelesaian masalah.

ALUR MUNDUR


Alur mundur merupakan alur yang  tingkatan peristiwanya dimulai dari permasalahan serta diakhiri dengan latar belakang terjadinya permasalahan pada cerita tersebut.

ALUR CAMPURAN


Alur campuran merupakan salah satu penggabungan alur maju dengan alur mundur, ketika alur cerita berjalan maju serta pada saat itulah alur mundur mulai berjalan, memang alur campur ini emang sulit dimengerti akan tetapi walaupun alur ceritanya melompat-lompat . alur ini memang membutuhkan konsentrasi yang tinggi agar dapat memahami jalan ceritanya.


PENGERTIAN PENOKOHAN


Pengertian penokohan dalam suatu penokohan seringkali disebut dengan perwatakan serta karakteristik. Penokohan merupakan salah satu pemberian sifat atau karakteristik kepada para tokoh cerita tersebut, karakter yang telah diberikan kepada pra tokoh cerita akan tergambar pada pikiran, ucapan dan pandangan suatu tokoh tersebut, watak inilah yang dapat menggambarkan serta membedakan para tokoh tersebut seperti tokoh datu seta dengan tokoh yang lainnya. Beberapa sumber juga mengatakan bahwa penokohan merupakan suatu upaya penulis dalam penggambaran suatu tokoh dalam salah satu serta agar lebih fokus untuk lebih memahami suatu penokohan.


Seorang pencipta biasanya melukiskan sifat tokoh dengan hal-hal berikut:

1. Melukiskan fisik (contohnya dengan cara berpakaian, postur tubuh, bentuk rambut, serta warna kulit).

2. Pelukisan atau penggambaran menggunakan percakapan atau kata-kata yang dilakukan tokoh itu sendiri, maupun serta yang dilakukan beberapa tokoh lain.

3. Cara serta reaksi tokoh lain tersebut diantaranya berupa pandangan, pendapat, sikap, komentar serta lain sebagainya.

Pengertian Plot atau Alur, dan Penokohan dalam Sebuah Cerita - Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang, pengertian plot atau alur dan penokohan dalam sebuah cerita. Semoga apa yang telah saya sampaikan diatas tadi dapat bermanfaat untuk anda, sekian artikel untuk hari ini dan sampai jumpa untuk artikel yang selanjutnya.