Pengertian Poster, Jenis dan Contoh Bahasa Poster Bahasa Indonesia

Pengertian Poster, Jenis dan Contoh Bahasa Poster - Tidak ada bosan-bosannya saya memberikan sedikit pengetahuan pada kalian semua tentang bahasa indonesia. Kali ini, saya akan membahas tentang poster. Semua hal yang berkaitan dengan poster akan kita kupas tuntas disini. Mulai dari pengertiannya, jenisnya, contoh, serta bagaimana cara membuatnya. Langsung saja kita ke pembahasan utama.

Pengertian Poster, Jenis dan Contoh Bahasa Poster
Google Image - Pengertian Poster, Jenis dan Contoh Bahasa Poster

Pengertian poster

Pasti kata-kata poster sudah tidak asing lagi bagi kita. Namun pernahkah terpikir apa sih sebenarnya pengertiannya? Poster adalah sebuah karya seni yang memadukan antara tulisan dengan gambar yang dituangkan diatas kertas yang berukuran besar dan diletakkan dibidang datar yang ditempatkan di tempat yang strategis agar dapat dilihat oleh pembaca. Pembuatannya sendiri harus menarik. Pemilihan warna serta tataletak harus diperhatikan. Hal ini merupakan unsur penting dalam pembuatan poster. Tujuannya adalah agar masyarakat yang membaca merasa tertarik dengan isi dari poster itu sendiri.

Jenis-jenis poster

Ada beberapa macam jenis poster, mari kita simak penjelasan berikut.

A. Poster berdasarkan isinya

Berdasarkan isinya, poster dibedkan menjadi 4, yaitu:

1. Poster niaga

Poster niaga ini berisi tentang suatu produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Poster niaga ini banyak digunakan oleh produsen suatu produk untuk mengenalkan produknya dalam bentuk tulisan dan gambar kepada khalayak umum dengan harapan agar dapat meningkatkan penjualan. 

2. Poster kegiatan

Poster ini digunakan untuk memberikan suatu informasi mengenai acara atau event. Sebagai upaya publikasi kegiatan, sebuah penyelenggara acara biasanya membuat poster yang berisi informasi acara. Informasi tersebut meliputi hal-hal umum seperti waktu dan tempat acara berlangsung, tema acara, beserta gambar-gambar yang dibuat untuk menarik minat pengunjung. 

3. Poster pendidikan

Poster ini berisi berbagai informasi pendidikan seperti sosialisasi program pendidikan dari pemerintah. Salah satu contohnya adalah ketika pemerintah mensosialisasikan program wajib belajar 9 tahun. Maka selama periode sosialisasi tersebut, ada banyak poster yang disebar di berbagai tempat. 

4. Poster Layanan Masyarakat

Sebagaimana namanya, poster layanan masyarakat merupakan poster dengan tujuan mensosialisasikan program layanan masyarakat yang digagas oleh pemerintah. Salah satu contohnya adalah layanan posyandu. Contohnya:


B. Poster berdasarkan tujuannya

1. Poster Propaganda, poster yang tujuannya menyemangati pembaca.
2. Poster Kampanye, poster yang tujuannya mengambil simpati rakyat.
3. Poster Wanted, poster yang tujuannya mencari orang hilang.
4. Poster Cheesecake, poster yang tujuannya mencari perhatian publik.
5. Poster Film, poster yang tujuannya mempromosikan sebuah film.
6. Poster Komik, poster yang tujuannya mempopulerkan sebuah komik.
7. Poster Afirmasi, poster yang tujuannya memotivasi para pembaca.
8. Poster Riset, poster yang tujuannya mempromosikan suatu riset.
9. Poster Kelas, poster yang tujuannya memotivasi siswa kelas.
10. Poster Komersial, poster yang tujuannya mempromosikan barang.


Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

1. Poster Propaganda

Poster ini memiliki tujuan buat mengembalikan semangat pembaca atas perjuangan atau usaha seseorang dalam melakukan segala hal nan bermanfaat bagi kehidupan sosial. Dalam poster ini, biasanya dimunculkan beberapa kalimat persuasif nan berfungsi buat mengajak pembaca buat sama-sama melakukan aksi tersebut. Misalnya saja: Mari wujudkan Indonesia Sehat! (pada poster pecinta lingkungan).

2. Poster Kampanye

Poster ini bertujuan buat menacri simpati dari masyarakat pada saat akan dilakukannya pemilihan umum. Poster kampanye ini sellau muncul pada setiap kesempatan ketika pemilihan generik akan dilakukan (baik pemilihan kepala negara maupun kepala daerah). Misalnya saja: Mari wujudkan Indonesia Jujur dan Adil (pada poster pemilukada).

3. Poster “Wanted”

Poster ini digunakan dengan tujuan buat memuat sayembara bagi masyarakat nan menemukan orang nan dicari oleh sesorang, instansi, pemerintah, atau negara. Misalnya saja: Dicari seseorang dengan perawakan ---- (pada poster pencarian orang hilang).

4. Poster “Cheescake”

Poster ini ialah jenis poster nan bertujuan buat menarik perhatian publik, terutama masyarakat muda nan sedang menggandrungi sesuatu. Misalnya saja, poster nan berisi gambar anak-anak Punk, bintang Rock, dan seniman pujaan remaja lainnya.

5. Poster Film

Poster ini dibuat dengan tujuan buat memopularkan film-film nan diproduksi dalam industri perfilman. Poster film ini biasanya dibuat dengan menggunakan kecanggihan teknologi dan profesionalisme nan tinggi serta desainer-desainer terbaik nan sengaja disewa sehingga hal tersebut memperlihatkan adanya kemampuan finansial nan sangat tinggi dari industri perfilman. Isi dari poster film ini biasanya berupa gambar pemeran utama, nama pemeran utama, sutradara, dan kru film primer lainnya.

6. Poster Komik

Poster komik ini digunakan buat memopularkan buku komik nan semapat mengalami masa kejayaan di tahun 1960-an. Untuk itu, poster komik pun dilancarkan sehingga menuai berbagai apresiasi di kalangan pembaca buku.


7. Poster Afirmasi

Poster ini dibuat dengan tujuan buat memotivasi pembacanya dengan menggunakan kata-kata nan tertulis di poster tersebut. Kata-kata nan tertulis dalam poster itu biasanya mengenai kepemimpinan, kesempatan, dan lain sebagainya.

8. Poster Riset atau Kegiatan Ilmiah

Poster ini bertujuan buat mempromosikan berbagai kegiatan riset atau kegiatan ilmiah sehingga mengundang para pelaku akademik buat ikut andil dalam mengapresiasi kegiatan tersebut.

9. Poster Kelas

Jenis poster ini tak terllau sering muncul di sekolah-sekolah Indonesia. Jenis poster nan berasal dari Amerika ini digunakan buat memotivasi pelajar agar dapat belajar dengan baik dan termotivasi buat mencapai cita-cita nan diharapkannya.

10. Poster Komersial

Poster ini merupakan poster nan sering terpampang di loka umum, poster ini bertujuan buat mempromosikan sesuatu nan dibuat dengan budget eksklusif sinkron dengan aturan sales promotion. Contoh poster komersial ini ialah poster niaga nan biasanya terdapat di jalan raya.

C. Tujuan dibuatnya Poster

Dibuatnya sebuah poster tentu bukan tanpa sebab, tetapi memiliki maksud dan tujuan sendiri. Secara umum tujuan dan maksud dibuatnya poster adalah sebagai media publikasi agar masyarakat bisa membacanya dan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam poster tersebut. Tetapi secara khusus maksud dan tujuan dibuatnya poster tergantung dengan apa yang diinginkan pembuat, bisa untuk tujuan komersil, mencari simpati publik, mencari perhatian masyarakat, dan lain sebagainya.

Pengertian Poster, Jenis dan Contoh Bahasa Poster - Nah, itu tadi penjelasan tentang poster dan semua yang menarik tentang poster. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.