2 Contoh Esai tentang Media Sosial (Social Media)

Dua Contoh Esai tentang Media Sosial (Social Media) - Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Kemudian esai merupakan suatu bentuk karangan yang bersifat formal atau informal. Esai juga merupakan suatu tulisan yang menggambarkan opini penulis tentang subyek tertentu yang coba dinilainya. Nah, untuk kali ini kita akan membahas esai yang berkaitan dengan sosial media. Dan untuk langkah-langkah pembuatannya dapat kita baca  pada judul “Cara Membuat Esai yang baik dan Contoh Karangan Esai”, pada blog yang sebelumnya.

2 Contoh Esai tentang Media Sosial (Social Media)
Google Image - 2 Contoh Esai tentang Media Sosial (Social Media)

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan artikel yang cukup menarik. karena, memang pada dasarnya Media sosial memiliki peranan yang penting di dalam perkembangan dunia akhir akhir ini. Tentu saja, hal tersebut memiliki dampak pada kehidupan umat manusia. Tak dipungkiri juga di kalangan remaja ya guys. Nah, tanpa bicara lama, yuk simak 2 Contoh Esai tentang Media Sosial (Social Media). Semoga bermanfaat.

2 Contoh Esai tentang Media Sosial (Social Media)


Contoh 1


DAMPAK MEDIA SOSIAL BAGI KEHIDUPAN REMAJA

Sosial media adalah istilah untuk menggambarkan interaksi yang terjadi antara kelompok atau individu, yang saling berbagi, dan bertukar pikiran melalui internet atau komunitas virtual lainnya. Jejaring sosial atau disebut juga dengan sosmed ini memiliki dampak yang signifikan bagi kehidupan para remaja. Hal ini dikarenakan saat ini, anak telah tumbuh dengan dikelilingi oleh perangkat – perangkat mobile dan situs jaringan sosial yang interaktif, seperti Facebook, MySpace, Twitter, Line, dll.

Akibatnya, media sosial telah menjadi aspek yang sangat penting bagi kehidupan mereka. Sosmed telah mengubah cara mereka berinteraksi dengan orang tua, keluarga, dan teman sebayanya. Disamping itu, sosmed juga telah memberikan dampak positif dan negatif bagi kehidupan yang  mereka jalani.  

Di sisi positifnya, media sosial dapat bertindak sebagai alat yang berharga dan sangat bermanfaat bagi para remaja. Sosmed ini dapat menolong mereka dalam memasarkan keterampilan mereka dan mencari peluang bisnis di internet.

Namun, sisi negatifnya adalah internet penuh dengan risiko karena kita tahu sendiri bahwa banyak sekali situs dewasa yang sangat mudah untuk di akses oleh mereka, sehingga hal tersebut akan merusak akhlak mereka secara perlahan-lahan.

Selain itu, mereka juga memiliki risiko dapat terungkapnya informasi pribadi mereka secara tidak sengaja. Mereka biasanya lupa atau tidak sengaja mengabaikan kebijakan privasi yang dimiliki oleh situs dengan tidak membacanya terlebih dahulu. Akibatnya, informasi  pribadi bahkan juga bisa foto mereka bisa tersebar luas di internet. Hal ini menjadi masalah yang serius karena bisa meningkatkan kasus kejahatan dunia maya, seperti pencurian identitas, penipuan identitas, dan lain – lain. Baru – baru ini juga ada sebuah study yang mengungkapkan bahwa sos-med bisa membuat remaja menghabiskan uang yang mereka miliki dengan meng-klik iklan internet. Iklan yang tidak sengaja ter-klik itu dapat menyebabkan seorang membeli barang secara tidak sadar.


Berdasarkan ulasan di atas, hal ini menjadi semakin serius bahwa sosmed telah menjadi bagian yang penting di kehidupan masyarakat. Situs jejaring sosial ini memberikan dampak positif sehingga mereka bisa menjadikan diri mereka lebih profesional lagi, baik dalam dunia kerja atau yang lain. Namun, media sosial juga dapat memberikan dampak negatif untuk mereka, yaitu membuat mereka malas dan tidak berkompeten karena mereka terus-menerus asik dengan media sosial mereka. Oleh karena itu, sebagai remaja penting untuk berhati-hati dan menahan diri saat berhadapan dengan sosmed tentunya.




Contoh 2
Manfaat Media Sosial Bagi Usaha Bisnis


Media sosial atau sering disebut juga jejaring sosial merupakan suatu wadah untuk berkomunikasi jarak jauh namun dewasa ini, media sosial kini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi saja namun lebih untuk tujuan komersial. Untuk saat ini banyak yang menggunakan media sosial untuk menjajakan produk baik barang maupun jasa. Karena kita tahu bahwa media sosial kini sangat mudah sekali di akses.
Saat ini banyak yang menggunakan media sosial sebagai wadah untuk memperkenalkan barang atau produknya ke masyarakat karena banyak media yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk tersebut, baik melalui Facebook, Twitter, Line, Instagram, dan masih banyak yang lainnya. Kemudian banyak kemudahan-kemudahan yang di peroleh dari media sosial dengan memasarkannya melalui media sosial ini.

Manfaat-manfaat yang di peroleh yaitu seperti mudah di akses oleh masyarakat dimanapun dan kapanpun, jaringannya luas sehingga memungkinkan untuk produk tersebut mudah untuk di kenali oleh masyarakat luas ,hampir semua kalangan memiliki media sosial, dan yang paling penting manfaat yang diperoleh yaitu biaya untuk mempromosikan atau dapat dikatakan biaya untuk memasarkan produk baik barang maupun jasa yaitu gratis atau free tanpa di pungut biaya sedikitpun.

Oleh karena itu, menggunakan media sosial atau sosmed sebagai sarana promosi untuk produk sangatlah tepat karena ada beberapa macam alasan-alasan mengapa media sosial dipilih untuk sarana promosi, diantaranya adalah aksesnya mudah dan cepat, jaringannya luas, dan tidak dikenakan biaya sedikit pun.



Dua Contoh Esai tentang Media Sosial (Social Media) - Nah, itu tadi merupakan contoh esai tentang media sosial banyak sekali hal yang dapat kita lakukan di media sosial bisa melakukan promosi dan lain sebagainya, baiklah sekian untuk ulasan tentang artikel tentang esai yang terkait dengan penggunaan media sosial. Jangan untuk pantengin terus blog ini ya,,, dan jangan lupa kasih tau sama yang lain ya. sekian terima kasih.