Biografi Dahlan Iskan Singkat dalam Bahasa Indonesia

Biografi Dahlan Iskan Singkat dalam Bahasa IndonesiaHay teman – teman pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan pembahasan mengenai biografi. Sudahkah kalian mengerti apa biografi itu? Yuk kita simak dulu apa sih pengertian biografi itu. Biografi berasal dari Bahasa Yunani, yang berasal dari kata Bios yang mempunyai arti hidup dan Graphein yang berarti tulis. Biografi adalah sebuah tulisan yang menceritakan tentang kehidupan seseorang. Suatu kisah atau keterangan dari perjalanan kehidupan seseorang yang bersumber pada kisah nyata di sebut dengan biografi. Biografi secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah kisah riwayat hidup seseorang. Biografi sering kali bercerita tentang kehidupan seorang sejarah, tokoh, tokoh penting atau tokoh terkenal.

Biografi Dahlan Iskan Singkat dalam Bahasa Indonesia
Google Image -Biografi Dahlan Iskan Singkat dalam Bahasa Indonesia


Ciri – ciri biografi ada banyak loh sobat, Biografi memiliki struktur yang terdiri atas: Orientasi, Peristiwa atau masalah, serta Reorientasi. Biografi memuat berdasarkan informasi fakta serta disajikan dalam bentuk narasi. Dan berisi pula fakta yang berdasar pada pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi.


Biografi Dahlan Iskan Singkat dalam Bahasa Indonesia

Hal – hal yang perlu di perhatikan dalam judul biografi :

a. Dalam biografi yang diceritakan berupa hal yang menarik dan mengesankan yang ditampilkan dalam kehidupan tokoh.
b. Tokoh yang diceritakan mempunyai pengalaman yang mengagumkan dan mengharukan
c. Tokoh yang diceritakan memiliki suri teladan yang dapat dijadikan sebagai contoh.

Struktur teks biografi terdiri dari:

a. Orientasi yaitu bagian yang menjelaskan mengenai pengenalan tokoh yang diceritakan dalam biografi.
b. Peristiwa dan masalah yaitu bagian yang berisi mengenai sebuah peristiwa atau kejadian yang pernah dialami tokoh, diantaranya memuat tentang masalah yang pernah dihadapi dalam menggapai tujuan dan cita – cita. Hal – hal yang pernah dialami tokoh juga diuraikan seperti hal yang menarik, mengagumkan, mengesankan dan mengharukan.
c. Reorientasi adalah bagian penutup. Bagian ini berisi tentang pandangan penulis terhadap tokoh yang bersifat opsional, artinya bagian ini boleh ada atau tidak.

Berikut ini contoh biografi :

Biografi Dahlan Iskan

Prof. Dr. (H.C) Dahlan Iskan lahir di Magetan, Jawa Timur, 17 Agustus 1951. Dahlan Iskan adalah anak dari pasangan Mohammad Iskandar dan Lisnah. Beliau merupakan anak ke tiga, ia memiliki 2 kaka dan 1 adik. Sejak lahir Dahlan Iskan memeluk agama Islam, ia dibesarkan di lingkungan pedesaan dengan kondisi serba kekurangan. Orang tua Dahlan Iskan sebenarnya tidak ingat tanggal berapa ia dilahirkan. Namun pada akhirnya Dahlan Iskan memilih tanggal 17 dengan alasan tanggal tersebut mudah untuk diingat karena bertepatan dengan peringatan hari ulangtahun Republik Indonesia. Ia memiliki seorang istri bernama Nafsiah Sabri dan memiliki seorang anak bernama Azrul Ananda.

Beliau adalah mantan CEO surat kabar  Jawa Pos dan Jawa Group yang berkantor di Surabaya. Awal karir Dahlan Iskan dimulai sebagai calon reporter sebuah surat kabar kecil di Samarinda, Kalimantan Timur pada tahun 1975. Tahun 1976, ia menjadi wartawan Majalah Tempo. Sejak tahun 1982, ia memimpin surat kabar Jawa Post sampai sekarang. sejak awal 2009 Dahlan Iskan menjabat sebagai komisaris PT. Fangbian Iskan Corporindo (FIC) yang akan menangani pembangunan Sambungan Komunikasi Kabel Laut (SKLL) pada pertengahan tahun ini.

Dahlan Iskan merupakan seseorang yang membuat Jawa Pos waktu hampir mati dengan oplah 6.000 eksemplar, dalam kurunwaktu 5 tahun menjadi surat kabar oplah 300.000 eksemplar. pada tahun 1997 Dahlan Iskan berhasil mendirikan Graha Pena, di Surabaya dan di Jakarta. Pada tahun 2002, ia berhasil mendirikan stasiun televisi lokal yaitu TVJ di Batam dan Riau TV di Pekanbaru.

Pada awal 2009, Dahlan Iskan menjabar sebagai komisaris PT. Fangbian Iskan Corporindo (FIC) yang akan memulai pembangunan sambungan komunikasi (SKLL) yang akan menghubungkan Surabaya di Indonesia dan Hong Kong.

Sejak akhir 2009, Dahlan Iskan diangkat menjadi Direktur Utama PLN menggantikan Fahmi Mochtar. Selama memimpin PLN, Dahlan Iskan membuat beberapa program diantaranya bebas bayar pet se-Indonesia selama 6 bulan.

Pada tahun 2011 Dahlan juga berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di 100 pulau. Pada tanggal 17 Oktober 2011 diangkat sebagai Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Beberapa kinerja Dahlan Iskan disorot. Dahlan gagal membawa 5 perusahaan BUMN untuk melepas saham perdana IPO di lantai bursa. Berkat kepemimpinannya, BUMN dinilai bersih dari korupsi oleh masyarakat. Dahlan Iskan juga dinilai berhasil dalam kinerjanya membangun BUMN. Pada tahun 2013, Dahlan Iskan bersama 11 orang lainnya mengikuti konvensi calon presiden dari Partai Demokrat.

Dahlan Iskan pernah menulis buku yang berjudul “Ganti Hati” pada tahun 2008. Buku ini berisi tentang pengalamannya dalam melakukan operasi transplantasi hati di Tiongkok. Selain menjabat sebagai pemimpin Group Jawa Pos, ia juga memimpin Presiden Direktur dari dua perusahaan, yaitu Pembangkit Listrik Swasta PT. Cahaya Fajar di Kalimantan Timur dan PT. Prima Electrik Power di Surabaya.

Biografi Dahlan Iskan Singkat dalam Bahasa Indonesia - Sekian informasi mengenai Biografi Dahlan Iskan yang dapat kami sampaikan. Terimakasih telah membaca tulisan ini. Semoga dengan membaca biografi ini kalian dapat mengenal lebih lebih dalam sosok Dahlan Iskan.