Cara Membuat Esai yang Baik dan Contoh Karangan Esai

Cara Membuat Esai yang Baik dan Contoh Karangan Esai - Esai (Essay)adalah suatu karya tulis yang mengandung opini, pandangan, atau ekspresi pribadi mengenai sebuah hal yang sedang berlangsung di kalangan masyarakat. Agar maksud yang ingin anda diutarakan dalam sebuah esai bisa tersampaikan dengan baik, maka sebuah esai harus ditulis dengan sebaik dan se-menarik mungkin. 

Cara Membuat Esai yang Baik dan Contoh Karangan Esai
Google Image - Cara Membuat Esai yang Baik dan Contoh Karangan Esai


Tentu saja untuk mendapatkan cerita atau esai yang menarik, anda perlu memperhatikan banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas dari esai anda tersebut ya. Tanpa lama lama, berikut ini ulasan bagaimana cara membuat esai yang baik. Dan telah saya rangkum dalam artikel kali ini yang berjudul Cara Membuat Esai yang Baik dan Contoh Karangan Esai. Semoga bermanfaat.

Cara Membuat Esai yang Baik dan Contoh Karangan Esai


1.    Tentukan tema yang menarik

Sebelum menulis esai, yang pertama tentukan terlebih dahulu esai apa yang ingin kita tulis. Kemudian memilih tema yang bagus akan mempengaruhi isi keseluruhan dari esai tersebut. Oleh karena itu, pilihlah tema yang sedang trending topik, sehingga para pembaca tertarik untuk mau meluangkan waktunya membaca esai yang telah kita tulis.

2.    Lakukan Research (Penelitian)

Setelah menemukan tema, langkah selanjutnya yaitu Research melalui buku atau internet tentang tema tersebut. Hal ini bertujuan untuk mendukung argumen – argumen yang ingin kita tulis di dalam sebuah esai, sehingga pendapat kita akan semakin kuat. Jika esai kita didukung dengan data seperti sebuah fakta, atau sebuah contoh, bahkan teori, dan lain – lain, maka esai tersebut akan menjadi hal yang bagus. Sebaliknya, jika esai kita tidak memiliki data – data atau pendukung tulisan kita ini, akan dianggap omong kosong dan orang – orang tidak akan percaya dengan esai yang kita buat.  

3.    Membuat Kerangka

Membuat kerangka sangat berguna ketika membuat suatu tulisan. Hal tersebut dimaksudkan untuk menyusun gagasan-gagasan yang ingin diungkapkan. Selain itu, dengan kerangka, tulisan kita tidak akan keluar dari ide atau tema, sehingga esai kita akan baik dan logis. 

4.    Memperhatikan diksi

Esai yang baik adalah esai yang menggunakan struktur bahasa yang baik, karena esai adalah karya tulis formal. Oleh karena itu, gunakan bahasa yang formal atau resmi. Disamping itu, kita juga perlu mempertimbangkan siapa calon pembaca esai. Jika calon pembaca esai kita adalah para intelektual, gunakan bahasa intelektual pula. Dan sebaliknya, jika para calon pembaca adalah masyarakat umum, gunakan bahasa umum, tetapi tetap menggunakan bahasa formal. Hal ini ditujukan untuk membuat esai kita selain bagus secara struktur, juga baik secara konteks, karena mudah untuk dipahami.

5. Kerjakan

Setelah hal – hal tersebut sudah selesai dilakukan, mulailah menulis esai dan ingat ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam menulis esai yang baik, yaitu:

•    Introduction (Perkenalan)

Introduction adalah bagian awal esai, Bagian ini mengungkapkan atau menerangkan hal yang akan dibahas di dalam sebuah esai.

•    Isi 

Bagian selanjunya adalah isi esai. Bagian ini mengandung garis besar keseluruhan isi esai. Tulislah dengan mengacu kepada point – point pada kerangka yang telah dibuat.

•    Penutup

Bagian selanjutnya adalah bagian penutup esai. Bagian ini merupakan konklusi atau kesimpulan dari esai. Tulislah kembali poin – poin pada bagian isi dengan menggunakan bahasa lain dan ditulis dalam satu kalimat.


Contoh Karangan Esai:


Lingkungan Hidup dan Kemajuan Ekonomi

Lingkung yang sehat tentu adalah hal yang sangat di idam-idamkan bagi kita dan keluarga. Alam dan lingkungan ini ada ditujukan untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin demi kesejahteraan kita bersama. Dan kita tentunya bisa memanfaatkan lingkungan untuk menunjang perekonomian masyarakat kita. Pada kesempatan ini kita akan membahas  hubungan antara pemanfaatan alam untuk kepentingan ekonomi dan kerusakan alam yang di timbulkan.

Tuhan menciptakan manusia dan alam untuk dapat hidup secara berdampingan. Manusia dan alam harus dapat menyatu, karena manusia tidak dapat hidup tanpa adanya alam oleh karena itu, manusia harus dapat hidup berdampingan dan menyatu. Tanpa alam yang sehat maka manusia tidak dapat hidup dengan baik. Kita di beri Tuhan alam untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya , untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemakmuran hidup kita. Kita bisa menggunakan semua sumberdaya alam untuk kepentingan kita.

Namun demikian exploitasi alam yang berlebihan memberikan dampak yang negatif buat kita sendiri. Hutan menjadi gundul, banjir dimana-mana. Dan di tambah lagi kerusakan lingkungan sudah sangat parah, hal ini di sebabkan karena exploitasi yang berlebihan. Memang benar kita bisa menggunakan alam untuk  di ambil kekayaannya untuk dimanfaatkan hasil alamnya. Tapi kita juga harus memperhatikan kesehatan lingkungan kita. Bila lingkungan kita rusak maka anak cucu kita yang akan menerima imbas dari rusaknya lingkungan kita anak cucu kita akan merasakan besarnya bencana di besar di bumi ini.

Akhirnya dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan alam dengan baik dan benar harus di lakukan. Pemanfaatan harus dibarengi dengan konservasi alam yang memadai, sebelum alam dan lingkungan rusak maka harus di pikirkan cara untuk mereboisasi secara cepat.


Cara Membuat Esai yang Baik dan Contoh Karangan Esai - Demikianlah ulasan tentang contoh esai singkat. Diatas hanyalah sebuah contoh tentunya anda bisa membuat esai yang lebih bagus lagi dan lebih panjang dan lengkap. Selamat menulis. Nah, jangan lupa tetep pantengin blok ini ya,, karena kalian akan menemukan hal-hal baru dan menarik buat kalian.