Cara Membuat Makalah Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar -  Apakah kalian tahu cara menulis makalah yang baik dan benar? Kebanyakan diantara kita untuk menulis sebuah Laporan masih saja terdapat kesalahan biarpun sedikit. Nah, untuk itu saya akan memberikan penjelasan sedikit kepada sahabat – sahabat semua tentang Bagaimana Caranya Menulis Laporan yang Baik dan Benar.

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan inti, ada baiknya jika kita berkenalan terlebih dahulu dengan apa yang dimaksud dengan makalah. Pada dasarnya, makalah berarti bentuk sederhananya dari karya tulis ilmiah. Biarpun begitu, kita tetap harus memperhatikan cara penulisan yang baik dan benar sobat. Karena, apabila kita tidak memperhatikan hal yang sepele seperti itu, suatu makalah tidak akan disebut sebagai karya tulis.

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar
Google Image - Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Umumnya, makalah ini sering kita buat ketika kita telah selesai melakukan sesuatu seperti: observasi, study tour, survey dll. Yang harus diperhatikan dalam penulisannya adalah menggunakan bahasa baku serta format penulisan sangat diperhatikan seperti penggunaan tanda baca, huruf kapital, dan masih banyak lagi. Nah, bahasa kita kali ini adalah tantang Bagaimana Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar. Untuk itu langsung saja kita baca dengan seksama materi berikut ini.


Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar



Cara – caranya meliputi:

1. Unsur – unsur dasar yang harus disertakan:

Cover ( soft dan hard cover )
Judul
Kata pengantar
Daftar isi
Bab I : berisi tentang pendahuluan dari makalah yang kita buat
Bab II : berisi tentang isi dari makalah yang kita buat
Bab III : berisi tentang penutup dari makalah yang kita buat
Daftar pustaka

Untuk lebih jelasnya lagi dapat kita baca penjabarannya berikut ini:

a) Cover mencangkup


Judul makalah

Tujuan dibuatnya makalah itu
Nama pembuat
Logo lembaga
Nama lembaga dan alamat
Tahun

Contoh Cover yang baik dan benar




b) Judul


Judul boleh sama seperti cover diatas.


c) Kata Pengantar


Kata pengantar berisi tentang ucapan rasa syukur kepada Allah SWT.

Selain itu juga, kata Pengantar berisikan ucapan – ucapan rasa syukur dan terimakasih kita kepada orang tua, pembimbing, teman – teman yang membantu.
Penutup kata pengantar biasanya tentang harapan – harapan penulis kepada pembaca
Berisi nama penulis dan tanggal pembuatan.

Contoh Kata Pengantar yang baik dan benar



d) Daftar Isi


Daftar isi berisi tentang kumpulan judul yang terdapat dalam makalah ini. Tujuan nya adalah untuk mwmbuat pembaca mudah dalam mencari materi yang terdapat di dalam makalah ini.


Contoh Daftar Isi yang Baik dan Benar



e) BAB I Pendahuluan


Pada pendahuluan berisi tentang

Latar Belakang
Di latar belakang berisi tentang alasan – alasan mengapa kita mengambil judul tersebut.
Landasan Teori
Berisi tentang landasan – landasan teori yang kita gunakan dalam penulisan makalah ini.
Tujuan
Menjelaskan tentang tujuan kita mengapa kita mengambil judul tersebut.
Manfaat
Menjelaskan tentang manfaat dibuatnya makalah tersebut.

f) BAB II Isi


Pada materi isi berisi tentang penyelesaian masalah – masalah yang kita angkat pada makalah yang kita buat.


g) BAB III Penutup


Pada bagian penutup, berisi tentang kesimpulan yang mencangkup tentang kritik dan saran.


h) Daftar Pustaka


Daftar pustaka merupakan tahap akhir dalam penulisan makalah. Isi dari daftar pustaka yaitu judul buku yang kita jadikan referensi dalam pembuatan makalah kita.


Contoh Daftar Pustaka yang baik dan benar



Untuk penulisan daftar pustaka yang benar, kita harus memperhatikan penulisannya. Karena, penulisan daftar pustaka tidak boleh sembarangan. Kita harus menulis Nama terlebih dahulu, jika ada dua suku kata, maka suku kedua di tulis terlebih dahulu kemudian diberi tanda koma. Setelah menulis nama, kita menuliskan tahun buku itu dibuat. Dipisah dengan tanda koma. Selanjutnya kita tuliskan judul buku yang kita gunakan. Alamat pembuatan buku yang di pisah dengan titik dua. Kemudian menuliskan perusahaan pencetak buku. Biasanya pada daftar pustaka, penulisannya ditulis dengan huruf miring seperti diatas.

Nah, itu tadi penjelasan perihal Bagaimana Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar. Yang harus diperhatikan dalam pembuatan makalah adalah penggunaan bahasa yang baku serta format penulisan. Karena penggunaan bahasa yang baku akan memikat perhatian pembaca untuk mau membaca makalah yang kita buat. Selain itu nilai yang kita peroleh lebih tinggi dibanding dengan makalah yang di buat dengan asal – asalan.

Jangan pernah bosan untuk belajar, namun jangan pernah juga mau belajar hanya 1 pembelajaran. Kita harus bisa menguasai semua yang bisa mendatangkan keuntungan bagi kita. Memang ketika belajar kita membutuhkan banyak waktu dan menyita waktu bersantai kita. Namun ingatlah, belajar akan mendatangkan kebaikan bagi kita di hari yang akan datang yang bisa membuat kita merasakan kebahagiaan yang tiada tara.

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar - Sekian yang bisa saya berikan kepada sahabat – sahabat semua, apabila ada format penulisan yang tidak sesuai saya mohon maaf. Sekian dan terimakasih.