Ciri - Ciri, Jenis Paragraf Deskripsi dan Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Keluarga

Ciri - Ciri, Jenis Paragraf Deskripsi dan Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Keluarga - Gimana kabarnya nih sahabat – sahabat semua, tetap semangat yaa. Hari ini seperti biasa, kita akan membahas tentang hal yang lebih menarik tentunya dari sebelumnya. Jika sebelumnya kita selalu membahas majas, slogan, poster, nah sekarang kita akan membahas yang jauh berbeda namun tetap bahasa indonesia tentunya. Yang akan kita bahas adalah Paragraf Deskripsi Tentang Keluarga. Apakah kalian tahu jenis paragraf yang akan kita bahas ini?

Ciri - Ciri, Jenis Paragraf Deskripsi dan Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Keluarga
Google Image - Ciri - Ciri, dan Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Keluarga

Sedikit mengingatkan pada kalian semua bahwa paragraf deskripsi adalah suatu paragraf yang menggambarkan sesuatu hal bisa berupa tempat, benda, manusia, hewan dll yang akan kita berikan kepada orang lain yang belum pernah mengalami hal tersebut dengan sejelas – jelasnya. Tujuannya adalah agar pembaca dapat mengerti dengan jelas karena dalam paragraf deskriptif semua yang bisa dijelaskan harus dijelaskan kepada pembaca.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang paragraf deskriptif untuk kalian semua. Namun tidak afdal bila kita tidak membahas secara tuntas semuanya. Agar kalian tidak bingung lagi mengenai paragraf deskripsi, saya akan memberikan ciri – ciri nya berikut ini.

Ciri - ciri Paragraf Deskripsi


1. Paragraf deskirpsi menjelaskan sejelas – jelasnya tentang suatu hal dengan cara menguraikan gambaran – gambaran kepada pembacanya.

2. Paragraf deskripsi meninggalkan kesan imajinatif untuk pembacanya karena kita yang menjelaskan menguraikan gambaran – gambaran tertentu.

3. Paragraf ini menjelaskan tentang fisik suatu benda seperti warna, bentuk, ukuran dll secara jelas.

4. Paragraf ini membuat pembaca seolah – olah merasakan, melihat langsung suatu obyek yang akan kita jelaskan.

Ini tadi sedikit penjelasan tentang ciri - ciri paragraf deskripsi. Saya akan memberi – tahukan kepada kalian semua bahwa paragraf deskripsi terbagi dalam beberapa jenis. Simak penjelasannya berikut ini.

Jenis - jenis Paragraf Deskripsi


1. Paragraf Deskripsi Spatial

Paragraf ini menjelaskan sesuatu obyek berupa ruangan, benda, atau tempat tertentu.

Contoh:

Sempit sekali kamar tempat aku tidur ini. Lemari yang berada tepat disamping meja yang membuat kamarku terasa sempit. Belum lagi ukuran kamar ini yang muat untuk 4 orang. Di bawah kasurku sudah penuh dengan barang – barang penting. Buku – bukuku tertumpuk rapih di bawah meja. Untung saja aku tidak membawa barang – barang lainnya.



2. Paragraf deskripsi subyektif

Paragraf yang menjelaskan tentang suatu obyek yang dijelaskan menurut gambaran penulis.

Contoh:

Seperti syurga yang aku lihat saat ini. Terletak di ketinggian, udara ditempat ini sangat terasa manja menyentuh lapisan terluar kuli ini. Pepohonan yang begitu hijau tersusun rapih di pinggir sungai yang mengalir membuat air terjun yang begitu indah di pandang. Airnya nya biru bila dilihat dari jauh dan sangat jernih bila dari dekat memandangnya. Sungguh tempat yang luar biasa.


3. Paragraf Deskripsi Obyektif

Sesuai dengan namanya, paragraf jenis ini menggambarkan suatu obyek yang sesuai dengan apa yang penulis lihat.

Contoh:

Batu akik merupakan batu yang saat ini banyak digemari orang. Tidak pria, wanita, dewasa, anak – anak, tua, muda semua suka mengkoleksi batu akik. Dari bentuknya memang sungguh menarik. Aneka warna dari jenis yang berbeda membuat kolektor nya ingin terus mencari batu – batu akik yang paling indah. Salah satu batu akik yang terkenal adalah batu Bacan, Kecubung, dll.

Inilah sedikit penjelasan tentang paragraf deskripsi, saya akan memberikan contoh paragraf tentang keluarga kepada kalian semua. Di simak yaa,


Contoh Teks Deskripsi Tentang Keluarga


Aku adalah anak ke – 4 dari empat bersaudara. Bisa dikatakan aku anak terakhir. Aku memiliki dua kakak laki – laki, dan satu kakak perempuan. Ketiga kakak – kakakku sudah melewati masa – masa sekolah mereka. Dua kakakku sudah menikah. Yang paling tua adalah wanita bernama Dewi, dia sudah menikah, baru memiliki 2 anak, yang sekarang membuka toko dirumahnya. Kakakku yang kedua bernama Doni, baru saja menikah dan sekarang dia bekerja di salah satu kantor penerbangan di Jakarta bersama istri nya. Sedangkan kakakku yang ke – 3 bernama Rian, belum menikah dan sekarang kerja di luar. Sedangkan aku bernama Reza, saya masih mengenyam pendidikan di salah satu universitas yang ada di Lampung.

Ayah dan ibu saya merupakan seorang wiraswasta yang berjualan pakaian namun tidak memiliki toko. Beliau berjualan di pasar – pasar dari pagi hari hingga jam 12 siang saja. Kedua orang tuaku kini hanya mencari biaya untuk menyelesaikan kuliahku. Ayahku orang yang tak pernah kenal lelah. Beliau selalu bekerja serta menabung untuk anak – anaknya.

Ibuku juga ikut membantu ayahku dalam berjualan setiap hari. Beliau sosok ibu yang sering menasehatiku. Wanita yang tangguh ini tak pernah lelah untuk mencari biaya kuliahku. Selain sukses dalam usahanya, kedua orang tuaku juga sukses dalam mendidik anak – anaknya. Terutama ibuku. Beliau tak pernah lelah untuk memberikan semangat serta pesan moral kepada anak – anaknya.



Ciri - Ciri, Jenis Paragraf Deskripsi dan Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Keluarga - Nah, ini tadi merupakan Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Keluarga. Saya rasa bahasan kita sudah mencangkup semuanya. Saya harap kalian semua bisa mengerti semua yang telah saya berikan. Saya berpesan kepada kalian semua untuk senantiasa mencintai keluarga kalian semua. Mereka orang – orang terdekat kalian yang tak pernah lelah untuk menopang kehidupan kalian sampai kalian sukses di kemudian hari. Terutama kepada orang tua, hormatilah beliau. Jangan sampai mereka merasakan kesusahan karena kalian. Mungkin ini yang bisa saya berikan kepada kalian semua, lebih kurangnya saya minta maaf. Terimakasih telah mengunjungi blog tercinta kita ini.