Contoh Esai Bahasa Indonesia tentang Merokok Terbaru

Contoh Esai tentang Merokok Terbaru - Esai adalah karangan prosa yang membahas tentang suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Kemudian dari pada itu, esai merupakan suatu bentuk karangan yang bersifat formal atau informal. Esai juga merupakan suatu tulisan yang menggambarkan opini penulis tentang subyek tertentu yang coba dinilainya. Nah, untuk kali ini kita akan membahas esai yang berkaitan dengan merokok. Dan untuk langkah-langkah pembuatan nya dapat kita baca pada judul Cara Membuat Esai yang Baik dan Contoh Karangan Esai, pada artikel yang sebelumnya.

Contoh Esai tentang Merokok Terbaru
Google Image - Contoh Esai tentang Merokok Terbaru


Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit membahas lagi mengenai essay tentang merokok. Biasanya sih, kalau pakai bahasa inggris smoking gitu. Hehehe, tapi kali ini saya akan membahasnya dan contohnya dalam bahasa indonesia kok bro. Sudah saya rangkum dalam artikel yang berjudul Contoh Esai tentang Merokok Terbaru. Semoga bermanfaat.


SEMAKIN DI HISAP SEMAKIN NIKMAT

Rokok, siapa yang tidak mengenal rokok, rokok merupakan hal yang sangat umum bahkan sangat di kenal bahkan di seluruh dunia tahu akan rokok. Rokok adalah gulungan tembakau dibungkus oleh daun nipah atau menggunakan kertas. Yang di gulung sedemikian rupa hingga menarik setiap pecandu nya untuk terus menerus menghisap. Kemudian merokok adalah kegiatan menghisap rokok sedangkan perokok adalah orang yang menghisap rokok. Ada beberapa zat yang terkandung dalam rokok yang jelas kandungan tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia. Zat yang terkandung dalam rokok tersebut antara lain nikotin,  sianida, tar, benzene, metanol, hidrogen sianida, asetinela,cadmium, amonida, formaldehida, karbon monoksida dan arsenik. Dengan berbagai zat yang ada dalam kandungan dalam satu linting rokok akan banyak sekali menyebabkan ketergantungan dan pada akhirnya akan merusak organ tubuh para perokok, bahkan bukan hanya para perokok aktif saja yang merasakan dampaknya bahkan perokok pasif juga akan menerima dampaknya sebenarnya rokok merupakan kegiatan yang berbahaya.

Seperti yang kita ketahui bahwa, perokok dapat membahayakan kesehatannya. Gangguan kesehatan yang akan muncul dari menghisap satu batang rokok adalah berbagai macam penyakit yang akan muncul seperti: kanker, penyakit jantung, pernapasan, pencernaan dan efek buruk bagi kelahiran dagi ibu yang menjadi perokok pasif maupun aktif. Jelas sekali kalau rokok merupakan sesuatu yang sama sekali tidak memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh atau yang lainnya. Namun, pada masa sekarang ini pada zaman sekarang ini tidak hanya laki-laki dewasa yang sudah mengkonsumsi rokok. Wanita dan anak-anak kini pun sudah banyak sekali yang sudah berani mengisap rokok, bahkan sampai-sampai kecanduan.

Berdasarkan riset yang pernah dilakukan oleh Indonesia yaitu menjadi salah satu negara dengan jumlah tertinggi orang yang menjadi perokok aktif di ASEAN dengan persentase yaitu mencapai 51,1 persen dari keseluruhan penduduk Indonesia. Selain mengganggu kesehatan mereka, merokok bagi anak-anak dapat mengganggu konsentrasi belajar mereka, pola pikir, bahkan kecerdasan otak, dan lain sebagainya. Sedangkan bagi ibu yang menjadi perokok aktif dapat memiliki resiko pada kehamilannya dan juga anak yang dikandungnya.

Bagaimana negara Indonesia bisa maju jika generasi muda yang menjadi tulang punggung bangsa ini, yang nantinya diharapkan menjadi generasi yang bersih dan cerdas justru cenderung penyakitan, malas, dan malah menghabiskan uangnya hanya untuk membeli sebungkus rokok. Meskipun pabrik rokok adalah sumber devisa besar bagi Negara ini, pemerintah juga harus bijak dalam menangani masalah ini dalam memproduksi rokok tersebut. Jangan sampai hanya untuk kepentingan bangsa, anak bangsa justru menjadi korbannya. Jika memang benar-benar ingin menjadi negara yang bebas dari rokok menjadi negara yang bersih, pemerintah dan masyarakat haruslah bekerjasama dalam membuat sebuah peraturan yang membuat jera para pelaku perokok.

Meskipun demikian, kita tidak dapat melarang begitu saja orang yang ingin merokok, pemerintah bisa saja menyediakan satu ruang khusus di tempat umum yang khusus untuk orang yang ingin menghisap rokok. Dengan demikian, tidak akan mengganggu orang lain tidak meresahkan orang lain yang tidak suka dengan baunya, atau adanya sebuah larangan dan denda bagi anak di bawah umur yang ketahuan merokok dan sanksi untuk ibu hamil yang ketahuan merokok. Pemerintah juga harus dengan sungguh-sungguh mengontrol pabrik-pabrik rokok yang ada di negara ini. Penghasil devisa negara tidak hanya berasal dari rokok, pemerintah juga harus meningkat unsur pariwisata Indonesia, kita bisa kelola pariwisata di indonesia dengan manajemen yang baik sehingga meningkatkan devisa dari obyek pariwisata. 

Jika aturan bisa benar-benar di tegakkan dan rencana ini benar-benar diberlakukan, dapat disimpulkan bahwa tidak akan ada lagi anak-anak atau ibu-ibu hamil yang merokok dan berkurangnya tingkat gangguan kesehatan para generasi muda Indonesia yang di sebabkan oleh bahaya rokok. Dengan begitu, negara Indonesia akan menjadi negara yang cerdas, negara sehat, dan tingkat penderita kanker dan jantung berkurang bisa berkurang drastis. Jelas, semuanya tidak akan dapat berjalan sesuai yang diharapkan tanpa kerjasama atau bantuan dari semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat. Jadi marilah kita bersama-sama menyelamatkan dan menjaga generasi muda, generasi penerus bangsa yang nantikan akan meneruskan Negara ini negara Indonesia dari dampak bahayanya merokok.

Demikianlah Contoh Esai tentang Merokok Terbaru semoga contoh esai tadi bisa menyadarkan kita akan bahayanya akan sebatang rokok. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sekian dan terima kasih jangan lupa pantengin terus blog ini ya.