Contoh Karangan Eksposisi tentang Kesehatan beserta Penjelasannya

Contoh Karangan Eksposisi tentang Kesehatan beserta Penjelasannya - Apakah kalian ingat apa yang dimaksud dengan paragraf eksposisi? Paragraf eksposisi adalah paragraf yang memaparkan sejumlah pengetahuan atau informasi. Pengertian Paragraf Eksposisi tersebut memiliki tujuan agar pembaca mendapatkan informasi dan pengetahuan dengan sejelas – jelasnya. Karangan ini memperluas pandangan dan pengetahuan pembaca. Menggunakan pengembangan analisis, ruangan, dan kronologis. Pola pengembangan eksposisi dengan menggunakan metode identifikasi, dengan berusaha menyebutkan ciri – ciri atau unsur – unsur pengenal suatu objek, sehingga pembaca mengenal objek yang diuraikan. 

Contoh Karangan Eksposisi tentang Kesehatan beserta Penjelasannya
Google Image - Contoh Karangan Eksposisi tentang Kesehatan beserta Penjelasannya


Contoh Karangan Eksposisi tentang Kesehatan beserta Penjelasannya


Berikut ini Contoh Paragraf Eksposisi :


KESEHATAN

Pernahkah kalian berjajan di pinggir jalan? Hati – hatilah jika kamu berjajan di pinggir jalan. Makanan yang dijual dan tidak ditutupi sering dihinggapi lalat. Apabila makan yang dihinggapi lalat kalian makan, perut akan terasa sakit, karena alat pencernaan terganggu. Bagaimanakah makan yang menyehatkan badan?

Makanan yang kita makan sehari – hari sebaiknya mengandung gizi. Makan bergizi berguna untuk pertumbuhan sel – sel tubuh, untuk mengganti bagian tubuh yang rusak, dan untuk menghasilkan tenaga. Makan yang kita makan tidak semuanya dapat dicerna. Alat pencernaan makanan kita tidak dapat mencerna makan yang keras dan berserat. Makan berserat tidak dapat dicerna, namun membantu dalam mengeluarkan kotoran. Hal itu karena makan berserat dapat menyerap air sehingga kotoran menjadi lunak. Makan yang mengandung serat, antara lain dan selada, seledri, gandum, nasi kentang, dan buah apel.makan berserat berasal dari tumbuhan yang mengandung selulose yang tidak dapat diserat, tetapi berguna memudahkan pencernaan makan.

Makan yang mudah dicerna antara lain, ikan, telur, daging, dan susu. Makan yang dapat dicerna akan menjadi sari makan. Sari makan diserap dan diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh. Zat dalam sari makan menghasilkan tenaga, dapat membantu pertumbuhan, dan membangun bagian tubuh, serta disimpan dalam bentuk lemak sebagai cadangan tenaga. Bagian makan yang tidak dapat dicerna disebut sisa makan. Sisa makan dibuang melalui anus yang disebut dengan tinja atau kotoran.

Dalam memilih makan, kita harus memilih makan yang bergizi dan baik untuk pencernaan. Makanan yang bergizi adalah makan yang cukup mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, dan air. Makan yang mengandung karbohidrat, antara lain beras, gandum, jagung, singkong, dan ubi jalar. Karbohidrat menjadi sumber tenaga bagi tubuh. Selain itu, karbohidrat juga dapat menghasilkan panas untuk mempertahankan suhu tubuh dan memberi rasa kenyang. Protein yang berasal dari hewan disebut protein hewani. Protein yang berasal dari tumbuhan disebut protein nabati. Protein berguna untuk membangun dan memelihara jaringan tubuh. Protein juga berguna untuk pertumbuhan dan pembentukan sel – sel baru. Lemak yang mengandung lemak menurut asalnya dibagi menjadi dua kelompok, yaitu lemak nabati dan lemak hewani. Makan yang mengandung lemak nabati, antara lain kelapa, kacang – kacangan, kemiri, dan bunga makahari. Makanan yang mengandung lemak merupakan tenaga dan panas bagi tubuh. Lemak juga berguna untuk melindungi alat tubuh yang halus, misalnya hati, mata, jantung, dan ginjal.

Disisi lain, vitamin pada umumnya berguna untuk menjaga kesehatan. Vitamin yang diperlukan tubuh, antara lain vitamin A, B, C, D, E dan K. Makanan yang mengandung vitamin A, antara lain sayuran hijau, buah – buahan berwarna kuning, dan wortel. Vitamin B terdiri atas B1, B2, B6, B12. Keseluruhan vitamin B disebut vitamin B kompleks. Makan yang mengandung vitamin B antara lain telur, susu, kacang – kacangan, dan sayur – sayuran. Vitamin B berguna untuk menguatkan saraf dan untuk pertumbuhan badan. Makan yang mengandung vitamin C, antara lain sayur – sayuran dan buah – buahan. Makan yang mengandung vitamin D, antara lain minyak ikan, kuning telur, dan ikaan. Sinar matahari pagi juga dapat membantu pembuatan vitamin D di bagian bawah kulit kita. Vitamin D bermanfaat untuk pembentukan tulang. Makan yang mengandung vitamin E, antara lain kacang tanah, kacang hijau, jagung, kuning telur, mentega, kecambah, dan kedelai. Vitamin E berguna untuk membantu perkembanganbiakan dan mencegah peredaran usus. Sedangkan makan yang mengandung vitamin K, antara lain kubis, kecambah, dan ikan. Vitamin K sangat berguna salam proses pembekuan darah.

Makanan dibutuhkan tubuh antara lain seperti zat kapur, zat besi, zat fosfor, dan zat iodin. Makanan yang mengandung mineral antara lain kuning telur, keju, kacang – kacangan, da garam dapur. Zat kapur berguna untuk pembentukan tulang. Zat besi berguna untuk pembentukan sel darah merah. Zat fosfor berguna untuk pembentukan tulang. Zat iodin berguna untuk mencegah penyakit gondok.

Makanan yang kita makan selain harus mengandung gizi juga harus mengandung menu seimbang yaitu makanan yang menghasilkan tenaga, mengganti sel yang rusak, dan memelihara fungsi – fungsi bagian tubuh. Menu seimbang dapat dipenuhi oleh susunan makan empat sehat lima sempurna yang terdiri atas makan pokok, lauk – pauk, sayuran, buah – buahan, dan susu.

Contoh Karangan Eksposisi tentang Kesehatan beserta Penjelasannya - Demikianlah penjelasan mengenai paragraf eksposisi beserta contohnya. Terimakasih sudah membaca tulisan ini. Semoga apa yang telah kami tulis memberikan pengetahuan baru dan memberikan banyak manfaat bagi para pembaca.