Contoh Pidato Bahasa Indonesia tentang Hari Ibu

Contoh Pidato Bahasa Indonesia tentang Hari Ibu - Pidato adalah suatu penyampaian ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu layaknya pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau lain sebagainya. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut.

Contoh Pidato Bahasa Indonesia tentang Hari Ibu
Google Image - Contoh Pidato Bahasa Indonesia tentang Hari Ibu


Oleh karena itu, terkait dengan jenis-jenis pidato tadi yang ingin saya sampaikan yaitu tentang pidato memperingati hari ibu yang terjadi pada tanggal 22 desember, karena kita tahu bahwa sosok seorang ibu merupakan sosok yang sangat penting bagi setiap individu di muka bumi ini.


Contoh Pidato Bahasa Indonesia tentang Hari Ibu

Pidato Peringatan Hari Ibu:

Pembukaan


Yang pertama marilah kita ucapkan rasa syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan anugerah-Nya kepada kita semua, yang paling utama atas nikmat sehat yang telah berikan kepada kita sehingga kita bisa berkumpul bersama-sama dalam acara kita di hari ini  dalam rangka memperingati hari ibu, semoga melalui acara seperti ini kita semua menemukan Momentum yang tepat untuk selalu merenungi seberapa pentingnya peran seorang ibu bagi kita semua.

Tidak lupa shalawat serta salam kita tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang telah menunjukkan kepada kita dimana letaknya surga sebenarnya berada, yang tidak lain itu berada di bawah telapak kaki ibu, yang tentunya kita mengartikannya tidak secara harfiah, akan tetapi lebih kepada makna bahwa kita tak akan mungkin menemukan surga kecuali kita memposisikan diri kita dalam kepatuhan dan ketaatan pada sosok seorang ibu.

Isi

Bapak-bapak, ibu- ibu yang saya hormati, hari ini adalah tanggal 22 Desember dimana kita memperingati hari ibu, dengan harapan bahwa pada hari ini kita bisa merenung sejenak tentang peran ibu dalam hidup kita semua.

Ibu adalah pahlawan sejati yang bersedia mengorbankan segalanya hanya untuk kita, ibu adalah sahabat terdekat yang selalu ada untuk kita, ibu adalah guru terbaik yang memberikan pelajaran bagaimana kita, semestinya menjalani hidup. Ibu adalah dokter terhebat yang dengan penuh kasih sayang merawat kita di kala kita sakit tidak berdaya. Memang beliau segalanya, segala peran yang beliau mainkan terasa pas dan berarti bagi kita.

Tidak dipungkiri bahwa, sosok seorang ibu adalah sebab dari keberadaan dan eksistensi kita di dunia, ibu adalah sosok yang berperan penting bagi setiap insan di muka bumi baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, negara, bahkan juga termasuk kedalam kehidupan beragama. Dikarenakan sosok ibu adalah orang pertama yang mendidik kita, ibu merupakan orang pertama yang menanamkan nilai dan norma pada hidup kita, peletak dasar dan pondasi kepribadian pada diri kita. Maka jika seorang ibu berhasil mencetak seorang individu, itu artinya ia telah berhasil mewujudkan pribadi yang siap mewujudkan keberhasilan suatu masyarakat, bangsa dan agama.

Ibu adalah sosok yang penuh dengan kesabaran yang luar-biasa, bahkan seseorang tak akan mampu menemukan sebuah kesabaran pada diri orang lain selain kesabaran yang dimiliki ibunya, karena sebesar apapun kesalahan yang kita perbuat pada ibu kita, maka saya yakin, ampunan dan maaf dari ibu jauh lebih besar dari pada kesalahan yang kita perbuat, dan bahkan seberapa dalam pun luka yang kita torehkan pada hati ibu, maka kesabaran dan maaf dari sosok seorang ibu tidak akan pernah habis untuk kita, karena sedalam apapun jurang luka di hati seorang ibu, maka jauh di dasar lubuk hatinya, kita akan menemukan jutaan maaf  di sana, maka jangan heran jika Rasulullah SAW pernah mengandaikan, apabila seseorang di bolehkan untuk sujud pada orang lain, maka ibu lah sosok yang benar-benar layak untuk mendapatkan kehormatan tersebut.

Jasa-jasa beliau pada hidup kita sungguh amatlah besar, kita tak akan mampu untuk membalasnya, dan seberapa besar pun cinta kita kepada ibu kita, jika dibandingkan dengan cinta seorang ibu pada diri kita hal itu tidaklah ada bandingannya sedikitpun. Cinta ibu pada anaknya adalah cinta tanpa pamrih yang tak menginginkan imbal-balik apapun, cinta yang tidak syarat yang tidak memperdulikan apa dan bagaimana pun. Sungguh cinta dari seorang ibu adalah cinta sejati yang sangat suci dan tak terkontaminasi hal apapun, maka beruntunglah kita yang bisa mereguk dan merasakannya.

Maka di hari ini, di hari ibu ini, kita diharapkan bisa mengambil hikmah yang terdalam tentang arti pentingnya peranan ibu bagi kita sosok yang tak akan pernah tergantikan oleh siapapun, ibu adalah sosok yang selalu ada ketika kita menginginkan dan  membutuhkannya, sosok yang selalu akan rindu ketika kita melupakannya, sosok yang selalu akan memaafkan ketika kita berbuat salah kepada ibu kita. Semoga hari ini menjadi titik balik terbaik bagi kita untuk mengenang kembali jasa-jasa ibu sehingga kita dapat lebih menghargai ibu, lebih menghormati ibu dan selalu untuk berbakti kepada ibu.

Penutup

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan kurang dan lebihnya saya mohon maaf karena sejatinya kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT semata.


Contoh Pidato Bahasa Indonesia tentang Hari Ibu - Nah itu tadi, contoh pidato tentang hari ibu yang biasanya kita rayakan pada tanggal 22 desember setiap tahunnya. Nah, kunjungi terus blog kami dan temukan hal menarik seputar dunia pendidikan bahasa indonesia. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.