Contoh Pidato Tentang Pendidikan Indonesia Terbaik

Contoh Pidato Tentang Pendidikan Indonesia - Pembahasan yang akan kita ulas kali ini adalah Contoh Pidato Tentang Pendidikan di Indonesia. Kalian semua tentu sudah mengerti apa yang di maksud dengan pidato bukan? Pidato merupakan salah satu cara kita memberikan informasi kepada orang banyak. Bukan sekedar memberikan informasi saja. Pidato ini membutuhkan keberanian yang terdapat dalam jiwa. Kita harus bisa menguasai keadaan agar kita tidak kaku dalam menyampaikan informasi.


Contoh Pidato Tentang Pendidikan Indonesia
Google Image - Contoh Pidato Tentang Pendidikan Indonesia

Dalam menyampaikan pidato haruslah memperhatikan audient yang kita hadapi. Kalimat yang kita gunakan dalam menyampaikan informasi haruslah sesuai dengan yang mendengarkannya. Semisal, jika kita berbicara dengan petani bahasa kita haruslah setara dengan pengetahuan petani. Karena, jika terlalu tinggi ditakutkan informasi yang kita sampaikan tidak dapat di terima dengan maksimal.

Itu tadi merupakan penjelasan singkat mengenai pidato. Namun tema kita kali ini adalah Contoh Pidato Tentang Pendidikan Indonesia. Untuk memahami lebih jelas lagi tentang pidato, langsung saja kita simak contohnya berikut ini.

Contoh Pidato Tentang Pendidikan Indonesia


Contoh 1:

Pentingnya Pendidikan bagi Generasi Muda

Yang terhormat, Bapak / Ibu guru
Yang saya hormati, bapak / ibu selaku wali murid
Serta anak – anak yang saya banggakan.

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakaatuh.

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat serta hidayahnya kita semua dapat berkumpul di aula ini dengan sehat walafiat. Serta tidak lupa kita sanjung agungkan nabi besar kita Nabi besar Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di yaumil akhir.

Pada kesempatan yang sangat berbahagia ini, saya akan memberitahukan kepada hadirin bahwa salah satu penyebab dari pengangguran adalah tingkat pendidikan yang kurang. Namun masih banyak faktor lainnya seperti, malas serta keterbatasan biaya. Namun yang mempengaruhi paling tinggi adalah perihal pendidikan. Semakin tinggi kita mengenyam pendidikan, semakin tinggi pula harapan kita untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Tidak ada pengangguran. Yang ada hanyalah orang malas. Terlebih lagi jika ia malas dalam menuntut ilmu. Sungguh sangat miris saya melihat anak – anak muda zaman sekarang. Mereka tidak mau berusaha untuk bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Gengsi nampaknya anak – anak muda zaman sekarang.


Hadirin yang saya hormati,

Beruntunglah bapak ibu sekalian yang mempunyai biaya lebih serta mempunyai anak yang bersemangat dalam mencari ilmu. Tidak pernah ada ruginya jika kita mengeluarkan banyak biaya untuk anak kita dalam hal mencari ilmu. Karena ilmu yang mereka dapatkan tidak pernah bisa dinilai dengan materi yang kita keluarkan. Jauh lebih banyak untungnya memiliki ilmu yang bermanfaat. Uang bisa di cari hanya dengan menggunakan ilmu. Namun, ilmu tidaklah bisa di cari hanya menggunakan uang saja. Jadi lebih baik ilmu dibanding uang. Anak – anak sekarang haruslah di beri tahu lebih intensif lagi mengenai pentingnya mengenyam pendidikan. Agar mereka bisa berfikir sendiri bagaimana hidup mereka bila tidak memiliki modal ilmu yang cukup. Sebagai orang tua yang sayang pada anaknya, tentulah kita tidak ingin anaknya terjerumus kedalah hal – hal yang merugikan mereka. Jadi, mulailah memberitahukan kepada mereka untuk selalu bersemangat dalam hal mencari ilmu.


Hadirin yang terhormat,

Mencari ilmu tidaklah berat. Jika kita sudah memiliki niat dan tekad yang kuat untuk mencari ilmu, semua tidaklah susah. Karena mencari ilmu merupakan ibadah dan akan diganjar oleh Allah SWT sesuai dengan apa yang kita kerjakan. Sungguh sangat merugi bagi orang – orang yang malas dalam hal menuntut ilmu. Karena, hidup akan kehilangan nahkoda bila kita tidak ingin mencari ilmu.


Sebelum saya akhiri pembicaraan kita ini, saya mengingatkan kepada diri pribadi serta bapak ibu dan anak – anak yang hadir untuk terus mengingatkan pada anak – anaknya agar senantiasa untuk bersemangat dalam menuntut ilmu.

Akhir kata saya ucapkan Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakaatuh.


Contoh 2:

Pendidikan Menentukan Masa Depan Kita


Yang terhormat, bapak ibu guru

Adik – adik yang saya banggakan.

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakaatuh.

Puji syukur kehidarat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya sehingga kita dapat berkumpul di kelas ini untuk membahas pendidikan yang menjadi kunci kesuksesan dimasa depan dengan sehat walafiat.


Hadirin yang terhormat,

Pendidikan merupakan hal yang paling penting dalam hidup ini. Untuk terus meruskan generasi yang berkualitas kita perlu yang namanya pendidikan yang tinggi. Tanpa pendidikan, sangat susah untuk menempuh hidup ini. Karena untuk bisa selamat dalam melangkah, kita memerlukan ilmu yang kita peroleh dari pendidikan itu sendiri. Baik atau tidaknya masa depan kita, tergantung gimana kita sekarang. Jika sekarang saja kita sudah mulai bermalas – malasan, bagaimana dengan masa depan kita.


Hadirin yang saya hormati,

Saya selalu berpesan kepada anak – anak saya agar selalu semangat dalam menuntut ilmu. Karena ilmu itulah yang akan menuntun mereka ke jalan yang benar. Karena tidak selamanya saya akan memberitahu kepada mereka tentang mana yang baik dan mana yang buruk. Dengan ilmu yang mereka perolehlah mereka bisa melanjutkan kerasnya hidup ini. Sekarang saya berpesan kepada adik – adik untuk senantiasa bersemangat dalam menuntut ilmu.


Inilah yang bisa saya sampaikan, lebih kurangnya saya mohon maaf, Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakaatuh.

Contoh Pidato Tentang Pendidikan Indonesia - Nah, ini tadi merupakan contoh sederhana dari pidato tentang pendidikan. Semoga bermanfaat  bagi kita semua. Kunjungi terus www.kamusbahasaindonesiaku.com dan temukan semua hal menarik seputar dunia pendidikan bahasa dan sastra indonesia. Saya hanya berpesan agar kalian juga memiliki semangat yang tangguh dalam hal mencari ilmu. Sekian sampai jumpa.