Penjelasan Surat Perjanjian dan Contohnya Lengkap

Penjelasan Surat Perjanjian dan Contohnya Lengkap - Tidak salah bila kita katakan bahwa pada zaman yang modern kini, peredaran surat di masyarakat sangatlah jarang. Namun, tahukah kalian ada surat yang senantiasa dipakai oleh kalangan orang tertentu? Surat itu adalah surat kesepakatan. Surat kesepakatan ini juga biasa disebut dengan surat perjanjian. Jadi jangan heran jika saya menyebutkan nya surat perjanjian. Surat perjanjian ini sangat dibutuhkan oleh sekelompok orang yang mengadakan suatu transaksi. Jika kalian ingin lebih paham lagi tentang pengertian, contoh serta penjelasan lainnya tentang surat kesepakatan, tidak ada salahnya jika mengunjungi blog ini. Dalam postingan saya kali ini, kita akan membahas tuntas tentang surat kesepakatan atau surat perjanjian. Mari kita simak penjelasannya berikut ini.



Pengertian surat perjanjian

Surat Perjanjian adalah surat yang dibuat oleh sekelompok orang yang sedang melakukan transaksi. Tujuan dari dibuatnya surat perjanjian ini adalah agar 2 kelompok yang melakukan transaksi merasa aman jika salah satu dari mereka melanggar kesepakatan yang tertera di dalam surat perjanjian tersebut. Bagi orang yang ingin melindungi dirinya dari kejahatan suatu orang dalam melakukan perundingan, ada baiknya jika orang tersebut membuat surat perjanjian yang di setujui oleh kedua belah pihak.

Surat Perjanjian ini bersifat mengikat terhadap hukum. Jadi bagi mereka yang melanggar, akan mudah untuk dijerat dalam hukum. Karena suatu pihak memiliki bukti hukum berupa surat yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Selain persetujuan berupa tanda tangan diantara keduanya, perlu adanya saksi dari kedua belah pihak yang menyaksikan langsung transaksi dan pembuatan surat perjanjian ini. Hal ini dilakukan untuk memperkuat surat perjanjian yang telah dibuat. Surat perjanjian ini bisa berupa kerja sama, perjanjian jual beli tanah dan lain – lain. Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Surat Perjanjian ini memiliki syarat dan ketentuan – ketentuan yang berlaku. Misal, dalam surat jual beli tanah, ketentuan – ketentuan yang telah di sepakati adalah apabila pihak pembeli telat dalam membayar kekurangannya, maka akan dikenakan denda. Ketentuan – ketentuan seperti ini berlaku apabila disetujui oleh kedua belah pihak. 

Untuk syarat – syarat sahnya Surat Perjanjian, adalah sebagai berikut:
1. Kertas yang digunakan untuk menuliskan surat perjanjian ini adalah kertas legel. Bisa juga dikertas biasa yang dibubuhi materai.
2. Pelaku yang terlibat dalam transaksi haruslah sadar, dewasa, dan waras.
3. Pada saat membuat surat perjanjian, kedua belah pihak haruslah ikhlas, rela tanpa paksaan.
4. Hasil dari transaksi harus disetujui oleh kedua belah pihak.
5. Isi dari surat perjanjian, harus jelas dalam arti tidak boleh menimbulkan spekulasi – spekulasi yang dapat merugikan salah satu pihak.
6. Isi dari surat perjanjian tidak boleh melanggar undang – undang dan norma susila yang berlaku.

Dilihat dari kesakiannya, surat perjanjian di bagi menjadi 2 yaitu:
1. Surat perjanjian autentik yaitu surat perjanjian yang disaksikan oleh pejabat pemerintah.
2. Surat dibawah tangan yaitu surat yang dibuat tanpa disaksikan oleh pejabat pemerintah.

Ada 6 unsur dalam penulisan surat perjanjian yaitu:
Judul
Judul harus di buat dengan singkat, padat, jelas dan mewakili sepenuhnya dari apa yang telah disepakati. Misal surat perjanjian jual beli, sewa menyewa dll.

Awal Permulaan
Awal permulaan biasanya berisikan tentang tanggal dilakukannya sebuah transaksi, dan kedua belah pihak yang terlibat.

Penyebutan para Pihak
Unsur ini biasanya berisikan tentang kedua belah pihak yang terlibat dalam perjanjian tersebut. Penyebutan para pihak ini meliputi hal: nama, usia, pekerjaan, jabatan, alamat, serta bertindak sebagai apa dalam perjanjian tersebut.

Premis
Premis merupakan latar belakang terjadinya surat perjanjian. Premis biasanya berisi tentang alasan tentang mengapa surat ini dibuat.

Isi Perjanjian
Dalam hal ini, terdapat pasal – pasal yang diberi judul. Terkadang di dalam isi surat perjanjian terdapat  upaya – upaya yang dilakukan apabila salah satu pihak melanggar suatu perjanjian.

Akhir Surat Perjanjian
Pada bagian ini, berisi tentang tanda tangan dari kedua belah pihak serta saksi – saksi sebagai alat bukti dan tujuan dari surat perjanjian ini dibuat.

Untuk melengkapi artikel yang saya buat ini, ada baiknya jika saya memberikan gambaran tentang surat perjanjian. Berikut contohnya.


Contoh Surat Perjanjian
Surat Perjanjian Peminjaman Disel
Pada hari senin, 28 oktober 2013, kami yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Darianto
Usia : 46 tahun
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : jl. Sukarame no. 52 tanggerang
Selaku pihak pertama yang akan meminjamkan disel, serta:

Nama : Wargito SP.d
Usia : 50 tahun
Pekerjaan : Pegawai Negri
Alamat : Jl. Sukarame no. 53 tanggerang
Selaku pihak kedua yang akan meminjam disel pada pihak pertama.

Bahwa pihak pertama sepakat untuk meminjamkan disel miliknya kepada pihak kedua dengan ketentuan – ketentuan sebagai berikut:
1. Pihak kedua selaku peminjam barang, sanggup membayar biaya sebesar RP. 2.000.000 kepada pihak pertama dalam jangka waktu 2 hari.
2. Peminjaman barang selama 2 hari.
3. Apabila barang yang dipinjamkan oleh pihak pertama mengalami kerusakan tanpa disengaja, maka pihak kedua tidak bertanggung jawab terhadap hal tersebut.
4. Bahwa ketentuan – ketentuan diatas telah dibicarakan sebelum nya oleh kedua belah pihak dengan ikhlas tanpa paksaan.

Demikianlah surat ini dibuat dengan tidak ada tekanan, ancaman, dan paksaan serta tidak ada tipu muslihat dari pihak manapun.
Perjanjian ini dibuat dan ditanda – tangani di rumah RT setempat pada tanggal 28 oktober 2013.
Tanggerang, 28 oktober 2013

Pemilik / pihak I Penyewa / pihak II

(tanda tangan dan nama) (tanda tangan dan nama)
Saksi – saksi

(tanda tangan dan nama)

Penjelasan Surat Perjanjian dan Contohnya Lengkap - inilah yang dapat saya berikan kepada kalian semua, semoga bermanfaat. apabila ada penulisan yang salah dan menyinggung, saya mohon maaf. terimakasih telah membaca artikel ini.