Contoh Teks Pembawa Acara atau MC Terbaik

Contoh Teks Pembawa Acara atau MC Terbaik - Dalam jalanya sebuah acara baik acara formal atau acara informal biasanya dipimpin oleh seorang pembawa acara atau lebih. Agar sebuah acara dapat berjalan atau berlangsung dengan baik dan tertata rapi diperlukan adanya pembawa acara atau Master of Ceremony (MC). Sebelum acara kegiatan dimulai, pemandu acar sebaiknya mengetahui hal – hal yang terkait dengan acara kegiatan. Hal ini dimaksudkan agar pemandu acara (MC) bisa menentukan gaya bicara, bahasa, intonasi, dan sebagainya.

Contoh Teks Pembawa Acara atau MC Terbaik
Google Image - Contoh Teks Pembawa Acara atau MC Terbaik

Menjadi pemandu acara diperlukan sikap yang luwes, tidak kaku, berani tampil, berpenampilan menarik, vokal atau suara yang jelas, pelafalan harus jelas, penjedaan harus tepat, ekspresi wajah hendaknya bersahabat, tidak murung, tidak cemberut, usahakan selalu riang gembira, sikap dan gerakan badan mendukung sesuai dengan kalimat yang diucapkan, mampu menjembatani acara yang satu dengan yang lain, memberikan sedikit komentar yang enak didengar dengan tujuan memperjelas bagian – bagian yang penting, dan mampu dengan cepat beradaptasi dengan konteks peristiwa yang terjadi. Misalnya ketika terjadi kesalahan yang dilakukan orang yang memberikan sambutan atau pembawa acara itu sendiri, pembawa acara harus segera memberikan penjelasan dengan ungkapan yang kondusif, enak didengar, dan tidak menyinggung perasaan orang lain.

Untuk memudahkan anda dalam mengatur jalannya sebuah acara akan kami berikan contoh teks pembawa acara formal.


Contoh Teks Pembawa Acara atau MC Terbaik


Mari kita simak contoh teks pembawa acara (MC) berikut ini, semoga bermanfaat!

Acara Perpisahan Kelas IX
Assalamualaikum wr.wb.,

Yang terhormat kepala SMP Negeri 2 Trimurjo,
yang terhormat ketua komite sekolah,
yang terhormat Bapak / Ibu dewan guru,
yang terhormat tamu undangan,
dan teman – teman yang berbahagia.

Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnnya kepada kita sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul dalam acara perpisahan kelas IX SMP Negeri 2 Trimurjo dalam keadaan sehat.
Untuk tertibnya acara ini, akan saya bacakan susunan acara sebagai berikut :

1. Pembukaan
2. Laporan ketua panitia
3. Sambutan – sambutan :
a. sambutan wakil kelas VII dan VIII
b. sambutan wakil kelas  IX
c. sambutan kepala sekolah
d. sambutan ketua komite sekolah
e. pemberian hadiah kepada peringkat I, II, dan III ujian tahun ini
4. Pembacaan doa
5. Hiburan
6. Penutup

Baiklah, kita mulai acara pertama yaitu pembukaan. Untuk membuka acara ini marilah kita bersama – sama membaca lafaz basmallah.
Acara berikutnya adalah sambutan wakil kelas VII dan VIII yang akan disampaikan oleh ketua OSIS. Saudara Andi Darmawan Putra kami persilahkan.

(Sambutan wakil kelas VII dan VIII)
Hadirin yang berbahagia, acara selanjutnya adalah sambutan wakil kelas IX yang akan disampaikan oleh saudara Muhammad Mansyur Arfian. Saudara Muhammad Mansyur Arfian kami persilahkan.
Bapak, Ibu, dan teman – teman yang berbahagiaacara berikutnya adalah sambutan kepala SMP Negeri 2 Trimurjo. Bapak Ahmad Sanusi selaku kepala sekolah kami persilahkan.

(Sambutan kepala sekolah)
Terimakasih Bapak Ahmad Sanusi, semoga apa yang telah beliau sampaikan bermanfaat untuk kita semua. Acara berikutnya sambutan komite sekolah. Bapak Wahyu Riyanto selaku ketua komite kami persilahkan.

(Sambutan ketua komite sekolah)
Hadirin yang kami muliakan, dalam menempuh ujian Nasional tahun ini, siswa SMP Negeri 2 Trimurjo telah mengukir prestasi akademik dengan memuaskan, yaitu siswa yang mengikuti Ujian Nasional dapat lulus 100%. Pada ujian tahun ini peringkat I diraih oleh Dimas Aryo Prasetyo, peringkat II diraih oleh Ayu Handayani, dan peringkat III diraih oleh Ajeng Andita Sari.

(Pemberian hadiah)
Demikian tadi acara pemberian hadiah kepada para siswa – siswi yang mendapatkan peringkat, semoga mereka dapat mempertahankan prestasinya hingga duduk di bangku SMA. Acara berikutnya adalah doa. Untuk doa ini, kami mohon kesediaan Bapak Yusuf Hasan untuk memimpin. Kepada bapak Yusuf Hasan kami persilahkan.

(Doa)
Hadirin yang berbahagia, sampai saatnya kini acara hiburan. Marilah sekarang kita bersama – sama menikmati suguhan hiburan yang akan disajikan oleh siswa – siswi SMP Negeri 2 Trimurjo. Untuk itu berilah tepuk tangan yang meriah. Pada acara hiburan ini kami minta bantuan saudara Irwan Saputa dan Budi Suseno untuk memandu acara hiburan ini. Kami persilahkan.

(Acara hiburan)

(Acara hiburan selesai, acara dikembalikan kepada pembawa acara)
Hadirin yang berbahagia, tanpa terasa telah kita lalui bersama acara demi acara. Kini tibalah saatnya kita akan mengakhiri acara ini. Mudah – mudahan acara ini akan terkenang di sanubari kita masing – masing. Marilah kita tutup acara pada hari ini dengan membaca lafaz hamdallah.

Saya selaku pembawa acara mohon maaf apabila ada kata – kata yang kurang berkenan, dan kepada Allah saya mohon ampun. Sekian terimakasih.
Wassalamualaikum wr.wb.


Contoh Teks Pembawa Acara atau MC Terbaik - Nah, itu tadi contoh teks untuk MC yaa. Semoga bermanfaat untuk anda sekalian. Kunjungi terus blog iniA dan temukan hal menarik seputar pelajaran bahasa indonesia dan tata cara berbahasa indonesia yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.