Esai – Pengertian, Tipe, Ciri, dan Penjelasan Lengkap

Esai – Pengertian, Tipe, Ciri, dan Penjelasan Lengkap - Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas dari sudut pandang pribadi penulisnya. Kemudian esai merupakan suatu bentuk karangan yang bersifat formal atau informal. Esai juga merupakan suatu tulisan yang menggambarkan opini penulis tentang subyek tertentu yang coba dinilainya.

Esai – Pengertian, Tipe, Ciri, dan Penjelasan Lengkap
Google Image - Esai – Pengertian, Tipe, Ciri, dan Penjelasan Lengkap

Biasanya, seseorang menulis esai karena dia ingin mengutarakan pendapat terhadap suatu fenomena  atau persoalan yang terjadi di masyarakat. Penulis esai, atau disebut juga esais, dapat juga mengupas suatu topik atau persoalan dan memberikan tanggapan atau pendapatnya terhadap topik atau persoalan yang dibahasnya.


Esai – Pengertian, Tipe, Ciri, dan Penjelasan Lengkap


Tipe-tipe esai:


1. Deskriptif, merupakan jenis esai yang mendekripsikan seseorang, wilayah, atau benda (subjek atau objek) yang menarik perhatian seorang pengarang esai. Objek yang dideskripsikan dalam jenis esai ini biasanya berupa rumah, hewan, dan lain sebagainya. Intinya dalam jenis esai ini yaitu penulis mendeskripsikan suatu objek yang menarik perhatiannya untuk mendiskripsikan hal tersebut.

2. Tajuk, adalah jenis esai yang sering dimuat dalam surat kabar atau sering disebut koran. Jenis esai ini menyikapi isu-isu atau fenomena-fenomena yang sedang hangat di masyarakat baik dalam bidang: (kebijakan pemerintah, politik, dan lain sebagainya). Esai dalam bentuk tajuk biasanya dimuat dalam sebuah kolom opini yang merupakan wadah aspirasi untuk mengungkapkan pandangannya terhadap isu yang berkembang di masyarakat. Tak hanya kebijakan politik, esai tajuk dapat berupa fashion  atau hal lainnya, tergantung pada jenisnya (koran, majalah otomotif, fashion, dan lain sebagainya).

3. Cukilan watak, dalam esai jenis ini memungkinkan seorang penulis membeberkan cukilan (cuplikan) watak seorang dalam isu terkait kepada pembaca. Dalam esai bentuk ini, tidak sedang menulis biografi atau kisah seseorang, hanya penulis mengungkapkan sepenggal watak yang dimiliki oleh tokoh yang terkait dengan cerita atau isu dalam esai tersebut.

4. Pribadi, serupa dengan esai cukilan watak, namun hanya saja dalam esai pribadi, penulis menceritakan dirinya dalam esai tersebut.  Dengan lantang penulis mengutarakan  pendapatannya terhadap isu yang menarik.

5. Reflektif, merupakan esai yang ditulis untuk merenungkan suatu isu politik, kebijakan pemerintah, dan isu penting lainnya. Biasanya ditulis oleh cendikiawan untuk menanggapi isu-isu atau fenomena-fenoma tersebut.

6. Kritik,  merupkan jenis esai yang berisi tentang suatu kritikan terhadap sesuatu (karya seni).


Ciri-ciri Esai

1. Berbentuk prosa, artinya dalam sebuah bentuk komunikasi biasa, menghindari penggunaan bahasa dan  ungkapan figur.

2. Sederhana, maksudnya dapat dibaca santai dalam waktu dua jam.

3. Memiliki gaya tersendiri. Seorang penulis esai yang baik akan membawa ciri dan gaya tersendiri, yang membedakan tulisannya dengan gaya penulis lain.

4. Selalu tidak penuh, artinya penulis memilih segi-segi penting dan menarik dari objek dan subjek yang hendak ditulisnya.

5. Memenuhi keutuhan penulisan. Walaupun esai merupakan tulisan yang tidak utuh, namun harus memiliki kesatuan, dan memenuhi syarat penulisannya, mulai dari pendahuluan, pengembangan sampai pada pengakhiran.

6. Mempunyai nada pribadi atau bersifat lebih ke individu, yang membedakan esai dengan jenis karya sastra adalah lebih ke personal. Personal dalam penulisan esai merupakan pengungkapan penulis sendiri tentang pandangannya, pikirannya, sikapnya, dan kepada pembaca.

Jadi dalam penulisan sebuah esai harus memperhatikan langkah-langkah atau cara-cara penulisannya dan ketika ingin menulis sebuah esai jangan lupa perhatikan esai dalam bentuk apa yang akan di tulis baik dalam bentuk diskriptif kah, tajuk kah, atau tipe-tipe esai yang lainnya sehingga setelah menentukan tipe lebih mudah untuk menyusun outline atau kerangka sehingga memudahkan penulis esai dalam membuat sebuah esai. Kemudian jangan lupakan juga menentukan tema terlebih dahulu agar mempermudah dalam pembahasan agar tidak keluar dari konteks yang di bahas.


Esai – Pengertian, Tipe, Ciri, dan Penjelasan Lengkap - Nah, itu tadi merupakan pengertian esai ciri dan tipe serta penjelasan lengkapnya. terima kasih untuk selalu melihat blog ini ya,, dan Jangan lupa untuk pantengin terus blog ini ya,, karena kalian akan menemukan hal-hal yang menarik seputar dunia pendidikan terima kasih.