Paragraf Argumentasi Tentang Kabut Asap serta Penjelasannya Lengkap

Paragraf Argumentasi Tentang Kabut Asap serta Penjelasannya Lengkap - Bahasan kita pada hari ini kelihatannya menarik kawan. Yang akan kita bahas kali ini adalah Paragraf Argumentasi Tentang Kabut Asap. Apakah kalian sudah mengetahui dengan jelas apa yang di maksud dengan paragraf argumentasi? Jika belum, lebih baik mengetahuinya lebih dulu dibanding teman – teman kalian semua. Tentunya kalian tidak mau bukan bila kalian berada dibelakan teman kalian. Oleh karena itu lebih cepat mengetahui lebih baik. Pada dasarnya, paragraf argumentasi adalah paragraf yang mengemukakan suatu alasan – alasan yang dapat membuktikan suatu masalah yang diangkat. Tujuannya jelas, untuk memberi ketegasan kepada pembaca bahwa suatu masalah yang sedang di angkat itu benar adanya karena memiliki alasan – alasan yang dapat dibuktikan sehingga pembaca memiliki pendapat sama dengan penulis.

Paragraf Argumentasi Tentang Kabut Asap serta Penjelasannya Lengkap
Google Image - Paragraf Argumentasi Tentang Kabut Asap serta Penjelasannya Lengkap


Paragraf Argumentasi adalah paragraf yang menjelaskan suatu hal dengan cara menganalogikan serta menganalisa yang memiliki bukti - bukti kuat untuk meyakinkan pembaca. Ciri – ciri dari paragraf argumentasi ini adalah berisi tentang ide – ide yang padat dan jelas, bersifat analogi dan analisa, memiliki bukti – bukti yang kuat serta diakhiri dengan kesimpulan.


Paragraf Argumentasi Tentang Kabut Asap serta Penjelasannya Lengkap


Jenis Paragraf Argumentasi ada 2 yaitu paragraf yang polanya sebab – akibat dan yang berpola akibat – sebab. Sebab – akibat maksudnya adalah penulis menjelaskan suatu hal tertentu dimulai dari penyebab hal itu terjadi kemudian di teruskan dengan kalimat – kalimat yang menjadi akibat dari sebab yang telah diungkapkan diawal. Misal, buang sampah sembarangan menyebabkan banjir, dll. Sedangkan akibat – sebab adalah kebalikan dari sebab – akibat tentunya, dimana penulis mengawali paragraf dengan mengungkapkan akibat – akibatnya dan dilanjutkan dengan sebab – sebabnya. Misal, banjir terjadi di Bandung karena ulah masyarakatnya yang selalu membuang sampah sembarangan.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan mengenai paragraf argumentasi. Agar kalian tidak bingung dengan penjelasan di atas, saya akan berikan sedikit contoh tentang paragraf argumentasi mengenai kabut asap.


Pola sebab – akibat.

Karangan Argumentasi Tentang Kabut Asap

Pada jaman yang modern kini, perkembangan teknologi sangat berkembang dengan pesat. Hal ini membuat suhu di alam mengalami peningkatan. Hal inilah yang menyebabkan terjadi kerusakan dimana – mana. Bukan hanya kerusakan. akibat suhu yang meningkat, menyebabkan kebakaran di suatu daerah. Seperti yang baru – baru ini terjadi yaitu kebakaran yang melanda Riau. Hal ini diakibatkan oleh suhu yang meningkat sedangkan intensitas hujan belum sering turun. Korban yang ditimbulkan dari bencana tersebut sangatlah banyak. 97.139 jumlah semua orang yang terkena dampak dari kabut asap yang terjadi di Riau. 81.514 orang menderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut ( ISPA), 1.305 menderita pneumonia, 3.744 orang terkena asma, 4.677 orang menderita iritasi mata serta 5.899 orang terkena iritasi kulit. Bukan hanya Riau yang terkena dampak dari suhu yang meningkat. Negara – negara terdekat juga terkena dampaknya seperti Malaysia dan Singapura. Dua negara besar itu ikut terkena dampak dari kebakaran hutan yang terjadi di Riau. Sangat banyak dampak yang ditimbulkan oleh kebakaran hutan yang terjadi di Riau.


Pola Akibat – Sebab

Karangan Argumentasi Tentang Kabut Asap

Kabut asap yang baru – baru ini melanda kawasan Riau, sungguh meresahkan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. Tidak sedikit yang menjadi korban dalam permasalahan itu. jumlah seluruh korban yang terkena dampaknya mencapai 97.139 orang, dengan rincian yang terkena infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) mencapai 81.514 korban jiwa, 1.305 korban jiwa terkena dampak pneumonia, yang menderita asma karena kejadian tersebut sebanyak 3.744, yang menderita iritasi mata mencapai 4.677 korban jiwa, serta korban yang menderita iritasi kulit sebanyak 5.899 korban jiwa. Banyak sekali dampak yang ditimbulkan akibat kabut asap yang melanda Riau. Bahkan dampak yang ditimbulkan bukan hanya daerah Riau saja, Malaysia dan Singapura termasuk negara yang terkena dampak dari kabut asap yang berasal dari Riau. Penyebab permasalahan ini adalah suhu yang meningkat akibat perkembangan teknologi dan oknum tertentu yang melakukan pembakaran hutan.



Paragraf Argumentasi Tentang Kabut Asap serta Penjelasannya Lengkap - Nah, inilah penjelasan mengenai paragraf argumentasi. Saya berharap kalian semua mengerti apa yang telah saya sampaikan kepada kalian semua. Saya berpesan kepada kalian semua untuk selalu menghargai diri kalian sendiri dan orang lain serta menghargai lingkungan kita semua ini. Jangan merusak se – enaknya saja, dan jangan pernah mengira bahwa bencana yang terjadi itu dikarenakan alam yang mulai tua. Salahkanlah diri kita karena kitalah yang merusak bukan menjaga alam tercinta kita ini. Mungkin cukup, apabila ada salah kata saya mohon maaf, terimakasih.