Pengertian Paragraf Persuasif, Contoh dan Pembahasannya Lengkap

Pengertian Paragraf Persuasif, Contoh dan Pembahasannya Lengkap - Pada per-temuan kita pada kali ini, saya akan membahas berkaitan dengan paragraf. Jika kemarin kita membahas tentang paragraf analogi, maka sekarang kita akan membahas tentang paragraf persuasif. Apakah kalian sudah tahu apa yang di maksud dengan paragraf persuasif? Tentu saja jawabannya beragam. Ada yang sudah tahu bahkan sudah paham tentang paragraf persuasif dan ada yang belum mengetahui nya sama sekali. Untuk yang belum paham, ada baiknya jika sahabat-sahabat mengunjungi blog ini. Karena disini kita akan membahas tuntas tentang paragraf persuasif.

Pengertian Paragraf Persuasif, Contoh dan Pembahasannya Lengkap
Google Image - Pengertian Paragraf Persuasif, Contoh dan Pembahasannya Lengkap


Materi yang akan saya bahas yaitu tentang paragraf persuasif tentang Bahaya Narkoba. Mengapa hanya narkoba yang akan saya bahas di sini? Hal ini karena saya prihatin melihat zaman yang semakin terbelakang dengan hancur nya generasi muda akibat mengkonsumsi narkoba. Oleh karena itu, saya mengajak kepada kalian semua khususnya remaja untuk bebas dari yang namanya narkoba. Yang terpenting adalah kalian mengerti tentang apa yang dimaksud dengan paragraf persuasif agar dapat membuat contoh-contoh yang lainnya.

Tampaknya sudah tergambar nih di pikiran sahabat-sahabat semua tentang pengertian paragraf persuasif. Namun jika belum mari kita simak penjelasan berikut ini.


Pengertian Paragraf Persuasif

Paragraf Persuasif merupakan suatu paragraf yang inti dari pembicaraan nya adalah untuk menghimbau atau mengajak kepada para pembaca untuk melakukan suatu hal yang akan dibahas di dalam paragraf tersebut. Untuk melakukan hal itu, dalam membuat paragraf persuasif haruslah memiliki fakta-fakta yang kuat sehingga pembaca merasa ingin untuk melakukan hal yang kita bahas tersebut. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ciri-ciri dari Paragraf Persuasi tersebut adalah:

Memiliki fakta-fakta yang kuat untuk membuat para pembaca yakin dan mau mengikuti imbauan kita pada Paragraf Persuasi tersebut.

Paragraf Persuasi bersifat mengajak atau mengimbau kepada pembaca untuk mengikuti suatu hal 
yang penulis cantumkan dalam pembahasan paragraf tersebut.

Nah, penjelasan di atas kurang lengkap bila tidak ada contoh dari kalimat persuasif. Untuk memudahkan kalian semua dalam memahami paragraf persuasif, saya memiliki beberapa contoh paragraf persuasif. Berikut contoh-contohnya.


Contoh Paragraf Persuasif Tentang Bahaya Narkoba


Contoh 1 - Ayo Hindari Narkoba
Pada masa yang modern kini, banyak remaja-remaja yang mengikuti perkembangan zaman. Kebanyakan dari mereka dalam mengikuti perkembangan zaman sering melakukan perilaku-perilaku yang menyimpang. Contoh hura-hura, memakai pakaian yang seronok sampai dengan mengkonsumsi narkoba. Mereka sebenarnya tidak mengetahui bahaya yang akan mengancam mereka. Misal, akibat sering mengkonsumsi narkoba pikiran-pikiran kita menjadi kotor, sulit untuk mengendalikan hawa nafsu sampai ke fakta yaitu kematian akibat over dosis dalam pemakaian narkoba. Banyak sekali sebenarnya bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan dari mengkonsumsi narkoba. Oleh karena itu, saya menghimbau kepada kalian khususnya remaja untuk bisa menghindari yang namanya narkoba. Karena akibat-akibat yang ditimbulkan lebih banyak yang negatif di banding positifnya. Masih banyak hal lain yang dapat kita lakukan untuk mengikuti perkembangan zaman seperti mengerti teknologi baru, dan masih banyak lagi.

Contoh 2Katakan Tidak pada Narkoba
Banyak remaja yang terjerumus dalam narkoba. Hal ini mereka lakukan hanya untuk dipandang hebat oleh teman-temannya karena mampu mengkonsumsi narkoba. Padahal mereka sendiri tidak mengetahui sesungguhnya bahaya yang ada di belakang mereka. Mengkonsumsi narkoba hanyalah menimbulkan kenikmatan sementara. Setelah efek dari narkoba berhenti berjalan, maka hanya efek buruklah yang akan kita terima. Oleh karena itu, saya mengajak kalian semua untuk bisa menjauhi narkoba, untuk bisa mengatakan tidak pada narkoba. Hal ini kita lakukan semata-mata hanya untuk memperbaiki kaum remaja yang semakin lama semakin banyak yang mengkonsumsi narkoba.

Contoh 3 - Ayo Hidup Sehat dengan Cara Meninggalkan Narkoba
Untuk menjalani kehidupan ini, sangat perlu memiliki pola hidup sehat. Hal ini kita lakukan agar kita dapat terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya bagi kita. Bagi kaum remaja yang masih labil, sulit bagi mereka untuk mengendalikan hawa nafsu mereka. Akibatnya mereka tidak mengetahui pola hidup yang sehat. Yang mereka lakukan hanyalah bersenang-senang mengikuti kemauan mereka saja. Padahal, untuk mendapatkan hidup yang sehat sangatlah mudah. Caranya adalah dengan cara tidak mengkonsumsi obat-obatan terlarang seperti narkoba, ekstasi, ganja dan obat-obatan lainnya. Sangat mudah bukan untuk mendapatkan kehidupan yang sehat. Oleh karena itu mari bagi kaum remaja kita saat ini, ayo hidup sehat dengan cara meninggalkan obat-obatan terlarang seperti narkoba, ganja dll.

Contoh 4 - Bahaya nya Narkoba
Ancaman bagi negeri kita sekarang adalah narkoba. Benda ini mampu menghancurkan para remaja indonesia karena efek yang ditimbulkan dari narkoba itu. Sangatlah banyak efek yang ditimbulkan dari mengkonsumsi narkoba. Seperti kecanduan, dampak psikis yang di timbulkan dari mengkonsumsi narkoba ini adalah cemas, gelisah, ketakutan, depresi dll. Dampak yang lebih parahnya lagi adalah cenderung untuk melakukan hal-hal yang negatif. Karena semua berawal dari fikiran kita. Apabila fikiran kita baik, maka yang kita lakukan pastilah baik pula. Begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, saya mengajak para orang tua untuk senantiasa memantau anak-anak khususnya yang telah beranjak dewasa agar mereka selamat dan terhindar dari bahayanya narkoba.


Pengertian Paragraf Persuasif, Contoh dan Pembahasannya Lengkap - Saya rasa apa yang telah saya berikan cukup untuk membuat sahabat-sahabat semu paham dengan paragraf persuasif. Harapan saya, dengan adanya contoh-contoh diatas, kaum remaja kita dapat terhindar dari bahayanya narkoba. Terimakasih atas perhatiannya, saya cukupkan sekian. Semoga bisa bertemu kembali dengan bahasan yang lebih menarik lainnya.