Pengertian Kalimat Interjeksi beserta Contoh - contoh dan Penggunaannya Lengkap

Pengertian Kalimat Interjeksi beserta Contoh - contoh dan Penggunaannya LengkapUntuk materi hari ini, saya akan memberikan kepada sahabat – sahabat semua mengenai interjeksi. Waah, pasti kalian bertanya – tanya bukan tentang apa sih yang dimaksud dengan interjeksi. Sabar, tidak perlu khawatir, kali ini kita akan belajar bersama mengenai interjeksi. Dimulai dari pengertian, pemakaian, dan contoh – contohnya.
Pengertian Kalimat Interjeksi beserta Contoh - contoh dan Penggunaannya Lengkap
Google Image - Pengertian Kalimat Interjeksi beserta Contoh - contoh dan Penggunaannya Lengkap

Di dalam bahasa indonesia, banyak sekali simbol – simbol huruf yang sangat mempengaruhi makna, intonasi dll. Contoh simbol – simbol tersebut seperti: tanda tanya, koma, titik, petik seru dan masih banyak lagi. Nah setiap masing – masing simbol memiliki fungsi yang berbeda pula serta pengaruhnya terhadap kalimatpun berbeda. Semisal tanda tanya, apa bila ada kalimat yang diakhiri dengan tanda tanya, akan berbeda intonasi nya dengan kalimat yang diakhiri dengan tanda titik. Sangat jelas perbedaan diantara keduanya. Begitu juga dengan tanda seru dan tanda tanya. Jauh sekali perbedaan intonasi diantara keduanya.

Untuk pertemuan kita kali ini, bukan perbedaan tanda baca yang kita bahas. Melainkan pengertian interjeksi saja. Agar kalian tidak bertanya – tanya lagi mengenai interjeksi, langsung saja kita mulai pembahasannya.

Pengertian Kalimat Interjeksi beserta Contoh - contoh dan Penggunaannya Lengkap


Pengertian Interjeksi

Interjeksi merupakan kata seru yang selama ini kita ketahui. Hanya saja Interjeksi masih sedikit yang yang mengenalnya. kata serulah yang lebih kita ketahui. Kata Seru merupakan suatu kata yang digunakan untuk mengemukakan perasaan seseorang. Seperti: jijik, senang, marah dan sebagainya. Dalam bahasa indonesia, kata tidak lah bisa untuk mengungkapkan perasaan hanya dengan sepatah kata, nah maksud dari kata seru disisni ialah sudah berbentuk kalimat sehingga dia dapat mengungkapkan suatu perasaan seseorang. 

Dalam penggunaannya, Interjeksi dibedakan menjadi beberapa bagian. Namun sebelum kita membahasnya, kita akan membahas macam – macam kata seru terlebih dahulu.

Macam – Macam Kata Seru

Kata Seru asli: ah, ai, sih, uh, dan masih banyak lagi.

Kata Seru yang menirukan tiruan bunyi: kring, duar, dor, dan masih banyak lagi.

Kata Seru yang seperti kata biasa: ya tuhan, kurang ajar, bedebah dll.

Kata Seru dalam bentuk ungkapan: masyaAllah ( ungkapan kecewa ), alhamdulillah ( rasa syukur ), Allahhuakbar ( kaget ) dan banyak lagi.

Nah, sepeerti yang telah saya katakan tadi, bahwa menurut penggunaannya, kata seru dibedakan menjadi:

1. Kata Seru yang digunakan untuk menyatakan rasa heran: waah, luar biasa, menakjubkan, dan sebagainya.

2. Kata Seru yang digunakan untuk menyatakan rasa kesal: aih, uh, sial.

3. Kata Seru yang digunakan untuk menyatakan rasa kasihan: malang, naas, dll.

4. Kata Seru yang digunakan untuk menyatakan rasa senang: ayo, yee, hore, dll.

5. Kata Seru yang digunakan untuk menyatakan rasa sedih: sayang sekali, celaka.

6. Kata Seru yang digunakan untuk menyatakan rasa tidak percaya: bohong, masa.

7. Kata Seru yang digunakan untuk menyatakan rasa sakit: tolong, sakit, dll.

8. Kata Seru yang digunakan untuk menyatakan rasa marah: kurang ajar, bangsat, dll.

9. Kata Seru yang digunakan untuk menyatakan rasa jijik: ih, yek.

Itulah tadi penjelasan tentang Interjeksi. Untuk memudahkan kalian memahami tentang interjeksi, saya akan memberikan beberapa cintoh, yaitu:

Ah, dasar bodoh, hanya seperti iitu saja kau tak tahu.

Alhamdulillah, hari ini aku mendapatkan nilai yang me - muaskan.

masyaAllah, kau terkena lemparan batu.

Amboi, indah sekali pakaian yang kau kenakan.

Ih, aku tidak mau mengambil makanan kotor itu.

Wah, akhrnya kita sampai juga dirumah baru kita.

Bohong, kau bukanlah orang selama ini ku kenal.

Sayang sekali, kita ketinggalan momen – momen mengharukan.

Kurang ajar, bisa – bisanya kau melakukan hal – hal macam itu.

tolong, aku tak bisa mengambil layangan milikku yang tersangkut dipohon itu.

Inilah beberapa Contoh Penggunaan Interjeksi atau Kata Seru. Tidak sulit memang untuk membedakan dari masi masing – masing kata seru. Hanya tinggal membaca saja kalimat tersebut, maka kita akan mengetahui untuk apa interjeksi tersebut.

Pengertian Kalimat Interjeksi beserta Contoh - contoh dan Penggunaannya Lengkap - Demikianlah pertemuan kita, saya harap kalian semua menjadi lebih semangat lagi untuk mempelajari materi – materi yang telah saya berikan. Karena belajar itu bukanlah tindakan yang merugikan, melainkan tindakan yang menguntungkan. Namun, bisa menjadi rugi apa bila kita salah dalam belajar. Untuk itu saya selalu mengingatkan kepada kalian semua untuk senantiasa belajar dalam segala hal yang positif, jangan pernah mendekati hal – hal yang negatif. Sekian penjelasan dari saya, saya mohon maaf bila ada kata yang menyinggung. Terimakasih.