40 Contoh Kalimat Saran dan Kritik Bahasa Indonesia Terbaru

40 Contoh Kalimat Saran dan Kritik - Baik masih bersama kami baik untuk pertemuan kita kali ini kita akan bahas tentang kalimat saran dan contohnya karena saya yakin temen-temen semua sudah kenal dengan kalimat saran dan kritik karena sehari-hari pasti teman-teman juga pernah menggunakannya oleh karena itu disini kami akan membahas agar temen-temen semua bisa lebih memahaminya lagi.

Google Image 40 Contoh Kalimat Saran dan Kritik

Saran, saran merupakan sebuah masukan yang berupa ucapan yang di berikan kepada orang lain dengan maksud membangun atau membenarkan sedangkan kritikan meupakan sebuah ungkapan yang di berikan kepada orang lain kritikan ada dua macam yaitu kritikan membangun dan yang satu lagi yaitu menjatuhkan baik langsung saja agar teman-teman bisa memahaminya silahkan lihat contoh di bawah ini untuk lebih memahaminya lagi.


40 Contoh Kalimat Saran dan Kritik Terbaru


Contoh saran :

Seharusnya, lukisan tadi itu diwarnai warna merah agar lukisan tadi terlihat lebih hidup.
Pemerintah lebih baik terlebih dulu mengkaji ulang tentang keputusan menaikkan BBM tadi.
Bowo seharusnya membersihkan kosannya agar selalu terlihat bersih dan indah.
Seharusnya, sebelum menulis sebuah karangan baiknya kalian membuat kerangka karangan terlebih dahulu untuk mempermudah dalam menulis.
ketika sedang mengerjakan sesuatu sebaik di kerjakan dengan hati-hati agar memperoleh hasil yang memuaskan.

Contoh kritik :

Lukisan itu kurang bagus karena minim sekali warna yang digunakan dan lukisannya terlihat kuno.
Keputusan pemerintahan SBY dalam menaikan harga BBM tidak berpihak kepada rakyat kecil sama sekali.
Kamar Bowo sangat jorok dan tidak rapih.
Karangan bebasmu itu jauh dari kata sempurna karena tidak memilki kejelasan tentang ide pokoknya.
Pekerjaan kukuh tidak rapih sama sekali bahkan hasilnya juga tidak maksimal.

Berikut ini merupakan contoh – contoh kalimat kritik dan saran semoga kalian bisa lebih memahami dengan melihat contoh di bawah ini:

1. Pekerjaan Bowo sangat tidak rapih sama sekali sehingga hasilnya sangat-sangat tidak memuaskan, sebaiknya Bowo bekerja dengan pelan-pelan dan tidak terburu – buru sehingga dapat memperhatikan kerapihannya agar hasilnya maksimal dan memuaskan.

2. Puisi karangan kukuh tidak memiliki rima sama sekali sehingga terdengar seperti kalimat biasa-biasa aja, seharusnya dia lebih memperhatikan diksinya atau pemilihan kata dalam puisinya sehingga lebih neak di dengar.

3. Baju yang kukuh kenakan itu tidak cocok dengan warna kulitnya, sebaiknya kukuh memakai baju yang berwarna agak gelap sehingga terlihat serasi dengan warna kulitnya.

4. Perkataan kukuh itu terlalu menyakitkan hati orang yang mendengarnya, ada baiknya sebelum mengatakan sesuatu kepada orang lain lebih baik dipikirkan dahulu akibatnya.

5. Warna tembok rumah Pak Rahmat sangat kuno sekali, sebaiknya Pak Rahmat mengganti warna itu dengan warna yang lebih cerah, misalnya biru atau putih.

6. Tugas yang dosen berikan kepada mahasiswa-mahasiswinya terlalu banyak, seharusnya seorang dosen jangan malah menyusahkan anak didiknya dengan tugas yang sangat banyak sekali itu.

7. Wakil ketua kelas agri c tidak tegas dalam menjalankan fungsi bagaimana mestinya sebagia wakil pemimpin, sebaiknya menjadi seorang wakil pemimpin haruslah tegas agar menjadi panutan bagi anggotanya.

8. Penampilan Ikhsan di atas lapangan tadi tidak menunjukan sebagai kelas bintang lapangan, Ikhsan harusnya lebih semangat dalam bertanding agar tidak menelan kekalahan.

9. Penampilan Bony di pertandingan Tenis meja kemarin sangat tidak maksimal, sebaiknya Bony memperbanyak jam latihannya supaya menjadi lebih baik ketika bertanding.

10. Ibu tadi tidak menunjukan tanggung jawabnya sebagai seorang ibu yang baik, seorang ibu seharusnya bertanggung jawab kepada anak – anaknya.

11. Film produksi yang berbau dewasa seharusnya tidak di tayangkan karena merusak pemikiran anak bangsa yang masih belia.

12. Gaya berjalanmu sangatlah mencolok sebagai kaum hawa seharusnya tutupi auratmu agar tidak di pandang miring.

13. Seleramu dalam memilih makanan sangatlah buruk sebaiknya hindari makanan instan dan konsumsi buah-buahan agar memperbaiki gizimu.

14. Teh buatanmu sangatlah manis sekali, sebaiknya sebelum memberikan minuman kepada orang lain hendaknya tanya terlebih dahulu suka manis atau tidak.

15. Kebiasaan begadangmu itu sangatlah buruk bagi kesehatan sebaiknya kamu melakukan pekerjaanmu di siang hari agar tidak begadang.

16. Perbuatan Toni kepada Lilis sangatlah memalukan sebaiknya Toni meminta maaf kepada lilis atas yang telah dilakukannya tadi.

17. Kebunmu sangatlah bersih namun akan terlihat lebih indah lagi apabila kau menatanya dengan rapih.

18. Toni adalah anak yang lumayan pintar walaupun malas belajar sebaiknya Toni lebih giat belajar agar menjadi lebih baik lagi.

19. Jalan menuju umahmu sangatlah buruk sebaiknya jalan tersebut di perbaiki agar tidak menimbulkan kecelakaan.

20. Suaramu sangatlah indah namun akan lebih indah lagi bila kamu memperkaya teknik agar lebih memukau.

21. kamu sama sekali tidak memiliki kerajinan bagaimana bisa orang sepertimu mendapatkan nilai yang bagus.

22. kamu bukanlah satu-satunya orang yang paling pintar di kelas ini seharusnya kamu menyadari bahwa kamu bukanlah orang terpintar.

23. kamar kamu rapih sekali dengan penempatan buku yang bagus namun akan lebih indah lagi bila meja di sampigmu itu ikut kau pindahkan.

24. kukuh orang yang malas merawat diri sehingga dia jomblo sebaiknya kukuh sering merawat diri agar dia lebih menarik orang lain.

25. bowo merupakan orang yang kurang sopan sebaiknya bowo lebih memperhatikan perilakunya di depan umum agar terlihat lebih sopan.

26. halamanmu terlihat kotor dan penuh sampah bagaimana bisa gadis sepertimu akan mempunyai suami.

27. kamu sangatlah menarik bagi para lelaki namun kamu pilih-pilih sehingga kamu belum menikah sebaiknya jangan terlalu untuk memilih-milih agar cepat menikah.

28. kukuh adalah orang yang baik namun kukuh sombong sebaiknya kukuh lebih menjaga sikap agar terlihat baik.

29. kamu adalah orang yang pertama datang kemari namun kau begitu angkuh sebaiknya perbaiki sikapmu agar di segani orang.

30. rais adalah seorang pengemis cinta namun cintanya rais di pandang sebelah mata seharusnya rais lebih tegas agar tidak selalu mengejar namun dikejar oleh cinta.

31. kamu jangan terlalu berharap dengan wanita itu kerana wanita itu bukan perempuan baik-baik sebaiknya kamu memilih perempuan yang lebih baik dari dia.

32. setelah makan kukuh makan kukuh tidak langsung mencuci piring sebaiknya setelah makan kukuh langsung mencuci piring.

33. Bowo bertingkah aneh ketika terlalu pusing memikirkan tugas sebaiknya bowo bertingkah biasa-biasa saja.

34. Toni memarahi kukuh ketika kukuh melakukan salah sebaiknya toni membicarakan terlebh dahulu jangan dahulukan marah-marah.

35. kukuh sangat jorok ketika pulang dari latihan seharusnya kukuh jangan seperti itu walaupun kecapean usai latihan.

36. Diki pergi meninggalkan kelas sebelum kelas usai sebaiknya diki jangan bertinkah seperti itu keran tidak sopan.

37. Shandi lebih memilih bermain game dari pada belajar sebaiknya shandi lebih memilih belajar dari pada maen game.

38. Bowo suka kentut sembarangan seharusnya bowo tidak melakukan hal itu karena kurang sopan.

39. Kukuh suka menggantung baju semabarang seharusnya kukuh melipatnya agar tidak jadi tempat persembunyian nyamuk.

40. Toni seharusnya lebih mengutamakan berfikir dari pada hawa nafsu belaka.

40 Contoh Kalimat Saran dan Kritik - Nah, terimakasih teman-teman semoga kalian bisa memahami apa yang seahrusnya kalian pahami karena pelajaran ini sangatlah umum kita jumpai di bangku sekolah. Dan ini juga kita gunakan sehari-hari semoga bisa membantu temen-temen semua ya,, Nah jangan lupa untuk pantengin blog ini terus ya,, karena kalian akan menemukan hal-hal menarik di blog ini seputar dunia pendidikan terima kasih.