Biografi dan Profil Soekarno Terbaik dalam Bahasa Indonesia

Biografi dan Profil Soekarno Terbaik - Setelah sebelumnya kita jarang bertemu, akhirnya kini kita bisa nge – posting lagi dengan bahasan yang lebih menarik tentunya dong. Untuk pertemuan kita kali ini, saya akan memberikan suatu wawasan kepada sahabat – sahabat semua tentang Ir. Soekarno. Siapa yang tidak mengenal beliau. Beliau inilah yang berhasil membangun indonesia hingga bisa seperti sekarang ini. Dengan bantuan yang lain tentunya. Beliau memang sangat harum namanya dikalangan masyarakat indonesia karena gaya kepemimpinannya yang adil dan merakyat.


Biografi dan Profil Soekarno Terbaik
Google Image - Biografi dan Profil Soekarno Terbaik

Saya akan memberikan biografi dari Ir. Soekarno lengkap dari awal sampai akhir hayatnya. Saya merasa tertarik untuk mengangkat biografi dari beliau karena beliau sosok orang yang patut untuk dikenang sepanjang masa. Saya mengangkat biografinya untuk mengingatkan kembali sosok pribadi indonesia yang menjunjung tinggi keadilan dan kemakmuran rakyatnya kepada generasi muda agar kalian dapat mencontoh dan bisa berlaku seperti beliau.

Namun sebelum masuk ketema kita, saya ingin mengingatkan kembali bahwa biografi adalah suatu coretan untuk mengangkat kembali kehidupan seseorang. Dalam arti sederhana biografi merupakan riwayat hidup seseorang dari awal hingga akhir. Strukturnya sendiri terdiri dari Orientasi, Peristiwa dan Masalah, serta Reorientasi. Orientasi merupakan pembukaan atau pengenalan awal dari tokoh yang ingin di ulas. Peristiwa dan masalah merupakan kejadian yang pernah dialami oleh tokoh tersebut. Dan yang terakhir adalah reorienatasi, adalah bagian penutup. Pada bagian ini, Boleh ada atau tidak.

Nah, itu tadi sedikit pengenalan bagi yang belum mengetahui teks biografi. Langsung saja kita membahas tentang tema kita pada hari ini.

Teks Biografi dan Profil Soekarno Terbaik



Presiden indonesia ke – 1 



Masa jabatan : 18 agustus 1945 – 12 maret 1967 ( 21 tahun ).

Nama lahir : Koesno Sosrodihardjo.
Nama lain : Bung karno, Pak karno, Soekarno.
Tanggal lahir : Kamis, 6 juni 1901.
Tempat lahir : Surabaya, Jawa Timur.
Tanggal meninggal : 21 juni 1970 ( 69 tahun ).
Tenpat meninggal : Jakarta, indonesia.
Agama : Islam.
Zodiac : Gemini.
Warga negara : Indonesia.
Ayah : Raden Soekemi Sosrodihardjo.
Pasangan :


Oetari

Inggit Garnasih
Fatmawati
Hartini
Kartini manoppo
Ratna Sari Dewi
Haryati
Yurike Sanger
Heldy Djafar

Anak :

Guntur Soekarnoputra
Megawati Soekarnoputri
Rachmawati Soekarnoputri
Sukmawati Soekarnoputri
Guruh Soekarnoputra
Taufan Soekarnoputra
Bayu Soekarnoputra
Totok Suryawan
Kartika Sari Dewi Soekarno

Sahabat – sahabat pasti sudah tau bukan siapa beliau sebenarnya. Beliau merupakan presiden pertama negri ini. Beliau lahir di Surabaya, Jawa Timur tahun 1901. Lebih tepatnya lagi pada hari kamis tanggal 6 juni. Beliau wafat pada tanggal 21 juni 1970 ketika beliau genap berusia 69 tahun. Beliau memiliki keistimewaan tersendiri dikalangan masyarakat. Beliau terkenal dengan sosok yang berwibawa sehingga rakyat sangat menghormatinya dan banyak yang mencari biografinya untuk mengenal beliau lebih dalam lagi.

Dalam biografinya, beliau lahir di dalam keluarga yang mampu. Orang tuanya merupakan seorang guru yang sangat berpengaruh. Soekarno kecil menempuh pendidikan dasarnya di sekolah dasar Mojokerto kemudian lanjut keSurabaya untuk melanjutkan pendidikannya. Bisa dikatakan bahwa soekarno memiliki jiwa reformis yang kuat semenjak beliau melanjutkan pendidikannya di surabaya. Kemudian lanjut ke sekolah teknik belanda atau yang saekarang di kenal dengan ITB.

Setelah beliau berhasil menempuh pendidikannya, beliau sadar betul untuk berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Dalam biografi yang menceritakan beliau disebutkan bahwa perjuangan beliau sangat keras sehingga beliau lebih sering berhadapan dengan hukum. Impiannya untuk memerdekakan RI tercapai yang terbukti pada tanggal 17 Agustus 1945 beliau bersama bung hatta memproklamasikan kemerdekaan RI.

Pendidikan Soekarno


Eerste Inlands School, Mojokerto – pendidikan sekolah dasar
Europeesche Lagere School (ELS), Mojokerto – pendidikan sekolah dasar
1911 – 1915 – hugere Burger School (HBS), Mojokerto
1920 – Technische Hoge School, Bandung

Penghargaan Soekarno


Gelar Doktor Honoris Causa dari 26 universitas di dalam dan di luar negeri antara lain dari Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Hasanuddin, Institut Agama Islam Negeri Jakarta, Columbia University (amerika serikat), Berlin University (Jerman), Lomonosov University (Rusia), dan Al – Azhar University (Mesir).

Penghargaan bintang kelas satu The Order of the Supreme Companions of OR Tambo yang diberikan dalam bentuk medali, pin, tongkat, lencana yang semuanya dilapisi emas dari presiden Afrika Selatan, Thabo Mbeki, atas jasa Soekarno dalam membangun solidaritas internasional guna melawan gangguan dari negara maju serta menjadi inspirasi banyak orang di Afrika Selatan dalam melawan penjajahan dan membebaskan diri dari politik apartheid.

Biografi dan Profil Soekarno Terbaik - Nah, inilah sedikit profil dari Presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno. Satu kata untuk kalian semua “Jas Merah” Jangan Melupakan Sejarah. Kita tidak boleh melupakan sejarah kita karena tanpa jasa mereka semua mungkin kita tidak bisa mendapatkan kenyamanan hidup seperti sekarang. Mungkin ini yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas kunjungannya ke blog kita tercinta.