Cerita Liburan di Bulan Ramadhan Terbaru

Cerita Liburan di Bulan Ramadhan Terbaru - Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, bulan yang selalu dinanti – nantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Kita sebagai umat muslim harus banyak – banyak berada di rumah dan di masjid untuk memperbanyak ibadah kepada Allah, serta membantu orang tua. Pada awal ramadhan biasanya pemerintah meliburkan para siswa. Mari kita simak bersama seperti apa liburan dari salah satu teman kita.

Cerita Liburan di Bulan Ramadhan Terbaru
Google Image - Cerita Liburan di Bulan Ramadhan Terbaru

Cerita Liburan di Bulan Ramadhan Terbaru


Liburan di Awal Bulan Ramadhan

Setelah menunggu selama 11 bulan akhirnya samapi juga di bulan ramadhan, yaitu bulan yang penuh berkah. Aku selalu ingat bagaimana orang tuku membangunkan ku ketika sahur, terutama ibuku ia dengan sabar membangunkanku. Suasana masjid yang selalu ramai oleh para jamaah yang akan melaksanakan sholat, suara orang tadarus yang tanpa henti di setiap malam, dan masih banyak lagi kegiatan yang lainnya.

Kini tiba saatnya aku harus menjalankan kewajiban di bulan ramadhan yaitu ibadah puasa. Di awal memasuki bulan ramadhan memang terasa sangat berat untuk menjalankan ibadah puasa, karena badan kita belum terbiasa melakukannya. Tetapi karena sudah diniatkan dalam hati, aku tetap kuat menjalankan semuanya dengan baik. Waktu sahur ibu membangunkanku pada pukul 03:30 WIB. Di hari pertama puasa aku begitu sangat bersemangat meskipun masih terasa mengantuk aku tetap bangun untuk makan sahur. Karena ibuku selalu mengingatkanku bahwa ini bulan yang penuh berkah dan bulan yang aku nantikan selama 11 bulan. Ketika di bangunkan aku langsung beranjak dari tempat tidur dan bergegas ke kamar mandi untuk cuci muka.

Ketika makan sahur tidak lupa, kamu bersama – sama selalu menonton acara televisi. Ayah, Ibu, aku dan kakak seringkali menyaksikan acara – acara siraman rohani di televisi. Tidak lupa setelah makan sahur aku langsung membereskan meja makan lalu mencuci piring bersama kakak ku. Tidak lama setelah , terdengarlah suara adzhan subuh dimana kami harus segera berwudhu dan berangkat ke masjid untuk melaksanakan sholat subuh berjama’ah.

Setiap bulan ramadhan, masjid selalu lebih ramai di datangi oleh para jama’ah dari pada bulan - bulan lainnya. Selesai sholat subuh aku tetap berada di masjid bersama teman – teman untuk bertadarus sampai pukul 05:30 WIB. Karena setiap hari pertama di bulan ramadhan para siswa diliburkan jadi setelah tadarus aku pulang ke rumah membantu Ibu membereskan rumah dan mencuci baju. Setelah selesai beres – beres rumah aku ikut Ibu pergi ke pasar  belanja membeli sayuran dan bahan – bahan untuk membuat makanan. Ibu ku adalah seorang penjual makanan ringan dan berbagai makanan takjil di bulan ramadhan.

Keluargaku mempunyai sebuah warung kecil di samping rumah. Warung tersebut sudah lebih dari 7 tahun membantu keluargaku memenuhi kebutuhan sehari – hari.

Sampai tiba sholat ashar, aku masih membantu ibu meracik dan memasak makanan yang akan di jual. Hari pertama di bulan ramadhan begitu ramai, para tetangga banyak membeli berbagai makanan dan takjil seperti es campur, es cincau, es buah, kolak, dan makanan lainnya.

Selesai membantu Ibu di dapur aku bersiap – siap melaksanakan sholat ashar dan berangkat ke masjid bersama teman – teman. Setelah itu kami pergi bermain atau biasa kami sebut dengan ngabuburit. Dengan berjalan kaki bersama – sama, kami biasa berjalan masih di sekitaran desa kami hingga ke daerah pinggir desa yaitu daerah persawahan. Disana kami duduk bersama melihat matahari terbenam sambil menikmati udara sore yang sejuk sampai pukul 17:30 WIB kami berjalan pulang karena harus membantu Ibu untuk menyiapkan minuman dan makanan berbuka puasa.

Aku sangat senang ketika sampai di rumah ayah sudah pulang bekerja, sedangkan kakak ku membantu Ibu melayani pembeli. Setelah terdengar suara adzhan maghrib telah berkumandang, kami minum air putih terlebih dahulu lalu kami berangkat ke masjid melaksanakan sholat berjama’ah. Selesai sholat maghrib kami pulang untuk menyantap hidangan berbuka. Selesai makan kami duduk sebentar menunggu adzhan sambil menonton acara televisi.

Kegiatan ku sehari – hari terhenti setelah aku melaksanakan sholat isya, sholat tarawih dan tadarus bersama di masjid. Aku biasanya baru pulang ke rumah pukul 22:00 WIB. Aku biasa pulang bersama teman – teman ku yang rumahnya satu arah denganku.

Aktivitasku sebagian besar pada bulan ramadhan  terus berulang seperti itu. Mungkin terkadang kami buka bersama di masjid. Namun lebih sering berbuka puasa di rumah bersama Ayah, Ibu dan kakak.


Cerita Liburan di Bulan Ramadhan Terbaru - Demikianlah Cerita Liburan di Bulan Ramadhan Terbaru. Terimakasih sudah membaca cerpen kami yang berjudul “Liburan di Awal Bulan Ramadhan”. Semoga dapat menghibur teman – teman para pembaca. Jangan lupa untuk berkunjung kembali dalam artikel kami yang berikutnya.