Cerita Liburan di Hari Raya Idul Fitri Terbaru

Cerita Liburan di Hari Raya Idul Fitri Terbaru - Hari raya idul fitri tentu memberikan banyak cerita. Hari raya idul fitri dirayakan dengan penuh kegembiaraan, tepat setelah umat Islam selesai melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Merupakan hal yang umum terjadi di berbagai negara, jika idul fitri dirayakan dengan meriah. Namun adalam perayaan itu kita harus menghindari sikap yang berlebih – lebihan. Berikut ini salah satu contoh adalah karangan singkat mengenai perayaan hari raya idul fitri.

Cerita Liburan di Hari Raya Idul Fitri Terbaru
Google Image - Cerita Liburan di Hari Raya Idul Fitri Terbaru

Cerita Liburan di Hari Raya Idul Fitri Terbaru


Merayakan Hari Kemenangan

Hari raya idul fitri yang datang satu tahun sekali merupakan hari kemenangan bagi seluruh umat muslim karena setelah sebulan lamanya melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan. Tidak terasa bulan ramadhan telah terlewati dan kini hari berganti. Hari raya idul fitri telah di depan mata. Dengan kerendahan hati, memohon keikhlasan untuk memaafkan kesalahan. Semua umat muslim bergembira karena dengan saling memaafkan hati kami kembali bersih dan suci. Malam yang hening itu diramaikan dengan gema suara takbir yang dikumandangkan oleh umat Islam. Banyak kendaraan hilir mudik menyambut indahnya hari besar umat Islam. Sumua umat muslim bergembira dengan mengumandangkan takbir di masjid dan mushola di daerah mereka.

Keesokan harinya aku terbangun dengan wajah termenung, dengan mata berkaca – kaca sambil memikirkan “Begitu banyak kesalahan yang sudah aku perbuat selama ini, apakah aku bisa bertemu dengan hari raya idul fitri seperti tahun ini lagi?”

Tak lama kemudian aku bergegas beranjak dari tempat tidur, lalu aku berjalan ke kamar mandi untuk mengambil air wudhu dan melaksanakan sholat subuh. Setelah itu aku membantu ibu memasak di dapur, membereskan rumah, kemudian kami bersiap – siap untuk segera berangkat ke masjid melaksanakan sholat idul fitri bersama. 

Sebelum berangkat ke masjid aku dan keluarga besarku, kami selalu saling bersalam – salaman meminta maaf atas kesalahan kami. Terharu sekali, sampai meneteskan air mata, tetapi aku cepat menghapusnya. Selesai menjalankan sholat idul fitri, aku dan keluargaku menyantap ketupat dan opor ayam yang tadi pagi sudah kami masak. Kami menyantap ketupat dan opor ayam itu dengan lahap sekali.

Keluarga kami tidak pernah mengenal istilah pulang kampung karena ayah dan ibuku berasal dari daerah yang sama. Selesai makan kami sekeluarga berkunjung karumah nenek. Di waktu pagi menjelang siang kami berkunjung ke rumah nenek dari ibuku, disana aku bertemu dengan keluarga besar Ibuku. Setelah siang menjelang sore kami berkunjung ke rumah nenek dari Ayahku, disana kami bertemu dengan para sanak saudara yang datang dari jauh.

Esok paginya kami bersiap – siap. Aku mandi setelah sholat subuh seperti biasa aku membantu ibuku memasak dan beres – beres rumah setelah semuanya selesai kami bersama – sama berkeliling kampung. khusunya berkunjung ke rumah sanak saudara dan para tetangga. Tetangga kami banyak sekali sehingga harus meluangkan waktu selama sehari untuk bersilaturahmi ke rumah mereka. Dihari itu adikku adalah orang yang paling bergembira. Karena  ia masih kecil banyak orang yang memberinya uang saku.

Waktu sudah menunjukkan pukul 15:30 WIB, sholat ashar telah tiba dan acara keliling kampung pun telah berakhir. Setelah kami melaksanakan sholat ashar berjamaah, aku mandi lalu beristirahat untuk mempersiapkan tenaga esok hari. Maklum, besok aku harus pergi bersilatuhmi ke rumah teman – temanku.

Di malam hari aku dan teman - temanku sudah membuat janji untuk berkunjung ke rumah salah satu teman, disana kami akan membuat acara halal bi halal bersama teman – teman waktu SMP dulu yang rumahnya tidak begitu jauh dengan tempat tinggalku. Di rumah temanku yang bernama Erni, aku bertemu dengan teman – temanku yang lainnya. Kami sangat bergembira karena setelah sekian lama berpisah akhirnya kami bisa bertemu lagi. Disana kami banyak berbincang – bincang dan bercanda tawa bersama melepas rasa rindu. Tidak hanya itu, kami juga melakukan photo bersama untuk mengabadikan moment kebersamaan kami.

Di hari raya idul fitri yang ke empat aku pergi berkunjung ke rumah teman – teman kuliahku. Sebelumnya kami sudah membuat janji untuk bertemu di rumah salah satu teman kemudian kami akan berkeliling untuk bergantian saling mengunjungi. Di mulai dengan berkumpul di rumah temanku yang berada di daerah Nunggal Rejo, Punggur, Lampung Tengah lalu kami melanjutkan silaturahmi ke rumah temanku yang berada di daerah Pekalongan lampung timur, beberapa jam kemudian kami berkunjung ke rumah teman yang masih berada di daerah Lampung Timur, namun berada di desa yang bernama Sikampung.

Sepulangnya dari Sekampung kami mampir sebentar di daerah Batanghari untuk mengunjungi teman kami yang tinggal bersama saudaranya disana. Dan setelah melewati perjalanan hingga ke Lampung Timur, kami kembali melewati perjalanan Lampung Tengah yaitu perkunjungan yang terakhir ke rumah ku yang berada di Kecamatan Trimurjo, Lampung tengah. Meskipun perjalanan yang kami tempuh lumayan jauh tapi kami tidak merasa lelah, dan kami tetap merasa bahagia.


Cerita Liburan di Hari Raya Idul Fitri Terbaru - Teman – teman itulah sedikit ceritaku tentang silaturahmi di hari raya idul fitri. Semoga kalian semua senang membacanya.