Contoh Anekdot Bahasa Indonesia Lucu beserta pengertiannya

Contoh Anekdot Lucu beserta pengertiannya - Hai sobat jumpa lagi nih kita pada kesempatan kali ini, dengan pembahasan  contoh anekdot lucu beserta pengertiannya. Sebagian dari kalian mungkin masih sedikit asing dengan kata anekdot. Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama pembahasan kita kali ini.

Contoh Anekdot Lucu beserta Pengertiannya
Google Image - Contoh Anekdot Lucu beserta pengertiannya


Pengertian Anekdot menurut para ahli ada banyak lho. Anekdot adalah sebuah cerita singkat mengandung canda tawa (lucu) atau menarik yang menggambarkan kejadian tentang seseorang atau suatu gagasan tertentu. Sedangkan menurut KBBI (kamus besar bahasa Indonesia) anekdot adalah cerita lucu karena menarik dan mengesankan. Cerita anekdot biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Anekdot dengan bentuk dan gambaran yang singkat serta isinya yang pendek, mempunyai sifat yang sangat lentur sehingga memiliki banyak pembaca. Jadi, teks anekdot adalah suatu cerita singkat yang memiliki unsur lucu, akan tetapi memiliki kandungan dengan maksud untuk melakukan kritikan. Kritikan dalam teks anekdot biasanya menceritakan tentang layanan publik di bidang hukum, politik, lingkungan dan sosial. 

Contoh Anekdot Bahasa Indonesia Lucu beserta pengertiannya


Teks anekdot mempunyai tujuan diantaranya sebagai berikut:

  • Untuk membuat dan membangkitkan tawa
  • Membuat para pendengarnya terhibur
  • Menggambarkan karakter atau sikap dengan singkat.
  • Mengandung arti akan cerita singkat seputar kenangan-kenangannya. 


Ciri - ciri yang terdapat dalam teks anekdot yaitu :

  • Hampir sama dengan dongeng
  • Isi cerita tentang hewan dan manusia pada umum secara realistis 
  • Bersifat menyindir, mengkritik, menggelitik, dan lelucon 
  • Isi cerita biasanya mengenai orang-orang penting.


Struktur Anekdot meliputi diantaranya :

  • Abstrak : abstrak adalah bagian pertama dalam paragraf dengan maksud untuk menggambarkan isi teks.
  • Orientasi : oritentasi adalah bagian awal dalam cerita yang menujukkan permulaan kejadian, atau latar belakang peristiwa tersebut terjadi. 
  • Event : even adalah bagian dari jalannya cerita yang menjelaskan latar dan watak. 
  • Krisis : krisis adalah bagian dari cerita yang memaparkan tentang masalah atau kejadian-kejadian . 
  • Reaksi : reaksi adalah bagian dari cerita yang menjelaskan mengenai penyelesaian sebuah masalah. 
  • Koda : koda adalah bagian akhir cerita yang memberikan sebuah kesimpulan. 
  • Re-Orientasi : re-orientasi adalah bagian akhir cerita yang berisikan penutup cerita. 



Berikut ini adalah contoh anekdot!

Suatu hari rombongan politisi mengadakan kunjungan kerja ke suatu daerah, di dalam perjalanannya, bis yang ditumpangi rombongan politisi mengalami kecelakaan, kejadian itu dilihat oleh seorang petani yang tua. Melihat banyaknya korban meninggal, petani dan warga langsung mengubur massal. Suatu ketika polisi datang dan bertanya kepada petani "apakah  korban kecelakaan tidak ada yang hidup ?".. pak tani menjawab " memang ada korban yang menyatakan masih hidup tapi pak polisi tahu, kan politisi suka berbohong, yah saya kubur semuanya.

Teks anekdot adalah suatu cerita singkat yang memiliki unsur lucu, akan tetapi memiliki kandungan dengan maksud untuk melakukan kritikan. Biasanya kritikan dalam teks anekdot semisal pada layanan publik di bidang hukum, politik, lingkungan dan sosial. 



Contoh Teks Anekdot Bahasa Indonesia beserta Strukturnya

Ekstrakurikuler

Di sebuah Sekolah Menengah Pertama (SMP) ketika jam istirahat ada seorang guru sedang bersosialisasi kepada para siswa kelas VII tentang kegiatan ekstrakurikuler yang dapat di ikuti oleh siswa.

Guru : Anak – anak, selain mendapat pelajaran ketika jam belajar. Sekolah kita juga mengadakan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang wajib kalian ikuti adalah pramuka yang dilaksanakan setiap hari sabtu. Selain kegiatan pramuka yang wajib diikuti, ada juga ekstrakurikuler lain yang bisa kalian ikuti seperti PBB, PKR PMR, seni tari, drumband, basket, dan sepak bola.
Ada yang belum jelas?

Afi : Kegiatan ektrakurikuler selain pramuka itu jadwalnya hari apa pak?

Guru : Selain pramuka kegiatan ekstrakurikuler lain bisa dilaksanakan setelah jam mata pelajaran berakhir.

Afi : Apa manfaatnya jika ikut kegiatan ekstrakurikuler pak?

Guru : Manfaatnya tentu banyak. Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, kita bisa melatih keterampilan, kedisiplinan, kepemimpinan, kekompakan, kekeluargaan, dan masih banyak manfaat lainnya.

Afi : Termarmasuk tambahan uang jajan ya pak.

Guru : Iya, itu juga bisa.

Afi : Pak, kalau seni tari itu gunannya apa pak?

Guru : Kegiatan ekstrakurikuler seni tari itu gunanya untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan dari setiap daerah yang ada di Indonesia.

Afi : Tapi kan sekarang sudah jaman modern pak?

Guru : Meskipun sekarang sudah jaman modern tapi kita sebagai generasi penerus bangsa harus melestarikan kesenian asli bangsa kita.

Afi : ow iya. Biar gak di akui negara tetangga ya pak?

Guru : Iya. itu salah satunya. Jadi kalau bukan kita sebagai generasi penerus bangsa siapa lagi yang akan melestarikan kebudayaan bangsa.

Afi : Benar sekali pak.

Guru : Sekarang tinggal kalian pilih kegiatan ekstrakuriler apa yang akan kalian ikuti.

Contoh Anekdot Lucu beserta pengertiannya - Demikian pembahasan kita pada kesempatan kali ini mengenai contoh anekdot lucu beserta pengertiannya. Kunjungi terus blog kami dan temukan semua hal menarik seputar pelajaran bahasa indonesia seperti contoh teks, contoh puisi, contoh artikel pendidikan, dan juga mengenai materi bahasa indonesia di sekolah. Semoga dapat memberikan banyak informasi dan pengetahuan bagi para pemabaca. Terimakasih 