Contoh Artikel tentang Kebudayaan Indonesia

Contoh Artikel tentang Kebudayaan Indonesia - Hai teman – teman jumpa lagi kita pada kesempatan kali ini dengan pembahasan tentang kebudayaan Indonesia. Sudah pahamkah kalian apa yang dimaksud dengan kebudayaan dan apa saja yang harus kita lakukan untuk selalu menjaga serta melestarikan kebudayaan yang dimiliki Indonesia?

Contoh Artikel tentang Kebudayaan Indonesia
Google Image - Contoh Artikel tentang Kebudayaan Indonesia

Contoh Artikel tentang Kebudayaan Indonesia

Mari kita simak bersama artikel berikut ini!

Kebudayaan Indonesia

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansakerta yaitu buddhi yang artinya akal. Budaya adalah hal – hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kebudayaan yang sangat beraneka ragam. Karena keanekaragaman budaya dan keunikan yang dimiliki, Indonesia menjadi daya tarik bangsa lain dari belahan dunia yang ingin mengetahuinya bahkan mereka juga ikut mempelajarinya.  

Indonesia merupakan sebuah negara di Asia Tenggara dimana membentang hamparan alam hijau yang indah permai, birunya laut yang luas, dengan berbagai jenis hayati yang dapat membuat setiap orang terkesima. Tanah yang subur dengan berbagai sumber daya alam yang ada dan hampir semua bangsa di dunia membutuhkannya. Hal itu yang menjadikan beberapa negara ingin menguasainya dengan cara menjajah

Budaya merupakan identitas bangsa yang harus dihormati, dijaga, dan perlu dilestarikan supaya kebudayaan ini tetap ada serta dapat menjadi warisan anak cucu kelak. Budaya yang ada di Indonesia disebut dengan budaya nasional. 

Indonesia adalah negara yang memiliki bahasa daerah terbanyak di dunia. Berdasarkan laporan penelitian The Summer Institute of Linguistic, seperti yang dikutip dalam buku Pesona Indonesia (2006), terdapat 726 bahasa daerah diseluruh wilayah nusantara. Namun bahasa yang dominasi digunakan menjadi bahasa nasional. Dengan keanekaragaman tersebut maka dibutuhkan adanya toleransi antar masyarakat.

Di Indonesia terdapat lima jenis agama berbeda yang di anut oleh masyarakat Indonesia seperti yang tercatat pada tahun 2010, tercatat jumlah penganut agama kira – kira 85,1% dari 240.271.522 penduduk Indonesia adalah menganut agama Islam, 9,2% Protestan, 3,5%, katolik, 1,8% hindu dan 0,4% Buddha.

Bangsa Indonesia terdiri dari bermacam – macam suku bangsa. Di Indonesia ini terdapat lebih dari 300 kelompok suku bangsa. Contohnya suku Bangsa Melayu, suku Bangsa Aceh, uku Bangsa Batak, Suku Bangsa Minang kabau, suku bangsa Kubu, suku Bangsa Betawi, suku bangsa sunda, suku bangsa banten, suku bangsa buduy, suku bangsa jawa, suku bangsa madura, suku bangsa sasak, suku bangsa bali, suku bangsa sumba, suku bangsa bima, suku bangsa sasak, suku bangsa manggarai, suku bangsa bajawa, suku bangsa rote, suku bangsa ende, suku bangsa dayak, suku bangsa minahasa, suku bangsa banjar, suku bangsa toraja, suku bangsa bugis, suku bangsa ambon, suku bangsa ternate dan suku bangsa papua.

Berdasarkan penelitian tahun 2011, dari segi makanan rendang tercatat sebagai makanan paling disukai di dunia. Masih banyak lagi jenis makanan dari berbagai daerah di Indonesia, seperti contohnya gado – gado makanan khas daerah Jakarta, pempek makanan khas daerah Palembang.
Indonesia juga memiliki bermacam – macam kebudayaan yang terkenal di dunia, contohnya wayang kulit, seni batik, berbagai macam seni tari, serta upacara adat yang di laksanakan pada saat orang menikah, disaat orang melahirkan, disaat orang meninggal, dan dan berbagai makam adat istiadat lainnya.

Dalam industri permusikan Indonesia memiliki ciri khas tersendiri karena musik dangdut yang hanya dimiliki oleh Indonesia dan telah diakui dunia melalui UNESCO.

Kesenian daerah yang dimiliki Indonesia juga bermacam – macam, diantaranya alat musik, lagu, tarian, dan seni pertunjukkan. Contohnya alat musik gamelan (Jawa), alat musik calung dan angklung (Jawa Barat), alat musik gambang kromong (Betawi), alat musik kolintang (Minahasa), alat musik sasando (kupang)dan masih banyak lainnya.

Setiap daerah Indonesia ini memiliki berbagai lagu tradisional, seperti lagu bubuy bulan (Jawa Barat), ilir – ilir dan gambang suling (Jawa Tengah), ampar pisang (Kalimantan Selatan), Injit – injit semut (Jambi), soleram (Riau), dan lagu – lagu lainnya.Tidak hanya itu, ada berbagai macam tarian dan seni pertunjukan dari berbagai daerah di nusantara.

Indonesia memiliki bangunan bersejarah seperti candi – candi yang memiliki ciri khas budaya dari daerahnya masing – masing. Contohnya candi Borobudur yang telah diakui menjadi 7 keajaiban dunia.

Beranekaragam kebudayaan yang dimiliki Indonesia selain menjadi kebanggaan seluruh bangsa juga menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh rakyat untuk menjaga serta mempertahankan budaya lokal agar tidak hilang ataupun diakui oleh bangsa lain. Dengan melestarikan budaya lokal kita dapat menjaga budaya bangsa dari pengaruh budaya asing.

Banyak faktor yang menyebabkan budaya lokal dilupakan pada masa sekarang ini, salah satu penyebabnya yaitu msuknya budaya asing. Berdasarkan kenyataan sekarang ini banyak generasi muda bangsa Indonesia lebih memilih kebudayaan asing karena mereka anggap kebudayaan asing lebih unik,  menarik, dan lebih praktis. Kebudayaan lokal banyak yang luntur karena tidak ada generasi penerus yang mewarisinya. Sudah menjadi kewajiban  kita sebagai pewaris bangsa perlu menumbuhkan kesadaran kepada setiap warga negara Indonesia akan pentingnya menjaga kebudayaan Indonesia dengan cara mengajarkan kebudayaan Indonesia kepada anak – anak bangsa serta meningkatkan rasa kebangsaan dan nasionalisme kepada setiap warga negara Indonesia. 


Contoh Artikel tentang Kebudayaan Indonesia - Demikianlah Contoh Artikel tentang Kebudayaan Indonesia. Semoga dapat memberikan manfaat dan masukan yang positif  akan pentingnya menjaga serta melestarikan kebudayaan nasional bagi para pembaca. Terimakasih