Contoh Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur Terbaru

Contoh Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur Terbaru - Sahabat yang budiman, kalian pasti sering mendengar kata dongeng. Namun, apa sih pengertian dongeng? Pasti kalian penasaran dengan pertanyaan ini. Mari kita simak bersama.

Contoh Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur
Google Image - Contoh Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur


Dongen adalah sebuah karya sastra yang dapat membangun karakter anak – anak untuk belajar berimajinasi. Dongeng dianggap sebagai prosa fiktif yang bertujuan untuk menghibur, pelajarn (moral), atau bertujuan untuk menyindir. Berikut ini contoh dongeng anak sebelum tidur.

Contoh Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur


Pengorbanan Putri Hujan


Pada zaman dahulu di pulau Sumatra tepatnya di Sumatra Utara ada seorang putri raja bernama Cantika. Namun, putri raja itu lebih akrab dipanggil putri hujan karena ia dilahirkan pada musim hujan. Ibunda sang putri meninggal dunia saat melahirkannya. Jadi ia merupakan putri tunggal sang raja. Sebagai anak semata wayang ia sangat disayangi oleh Ayahnya. Ayah putri hujan seorang raja yang memimpin kerajaanya dengan sangat arif dan bijaksana. Negeri dan rakyat yang dipimpinya hidup makmur dan sejahtera.

Suatu ketika, negeri itu dilanda hujan lebat yang tiada henti. Sungai – sungai meluap tidak dapat menampung air lagi dan air danau pun menjadi pasang. Rumah - rumah tenggelam oleh air hujan meluap. Hewan ternak banyak yang mati. Tanaman warga pun tenggelam sehingga petani gagal panen. Banyak warga yang terserang berbagai penyakit dan di landa kelaparan. Melihat keadaan seperti itu, sang raja yang arif dan bijaksana pun segera bertindak dengan mencari solusi. Ia menemui seorang peramal dengan tujuan mencari jalan keluar atas kesulitan tersebut. 

Suatu hari, sang raja diberi tahu oleh rakyatnya bahwa di suatu desa kecil yang terpencil ada seorang peramal yang terkenal sakti. Ia pun mengajak rakyatnya itu untuk mendatangi sang peramal tersebut.
“Wahai, peramal. Negeriku sedang dilanda musibah. Tolong beritahu bagaimana caranya mengatasi masalah ini,” pinta sang raja.

“Baginda, petunjuk mengenai jalan keluar dari musibah ini akan datang melalui mimpi putri Baginda raja,” jawab sang peramal.

“Baiklah, kalau begitu. Hal ini akan ku sampaikan langsung pada putriku,” kata sang raja yang segera kembali ke istana.

Setiba di istana sang raja melihat putrinya sedang menanam bunga di taman depan istana.
“Ayah baru saja menemui seorang peramal yang sakti,” kata sang raja kepada putrinya.
Mendengar ayahnya berbicara tentang itu, putri hujan itu langsung duduk di samping Ayahnya dan menatap wajah Ayahnya.

“Apa yang disampaikan seorang peramal itu Ayah?” tanya sang putri.

“Menurut seorang peramal yang baru Ayah temui itu bahwa petunjuk mengenai jalan keluar jalan keluar dari musibah ini akan datang melalui mimpi Ananda. Apakah Ananda pernah bermimpi mengenai hai itu?” tanya sang raja.

“Belum pernah Ayah,” jawab putri hujan, “tapi alangkah baiknya juka semua masalah ini kita serahkan kepada Tuhan yang maha kuasa, mungkin sekarang ini Tuhan sedang menunjukkan kasih sayangnya kepada kita melalui cobaan ini.” jawab sang putri.

Sang raja begitu terkejut mendengar putrinya berkata seperti itu. Raja tidak pernah menyangka sebelumnya jika putri kesayangannya itu memiliki pemikiran yang cerdas.

“Iya benar putriku, perkataanmu membuat Ayah sadar akan kekeliruan Ayah selama ini. Maafkan Ayah, putriku,” ucap sang raja yang bijaksana itu.

Putri hujan kemudian memberi saran kepada Ayahnya supaya seluruh rakyat negeri di kerajaanya melakukan upacara berdoa bersama kepada Tuhan yang maha kuasa. Berkat doa bersama yang mereka lakukan, putri hujan langsung mendapat petunjuk ketika tertidur ia bermimpi. Dalam mimpinya sang putri sedang duduk sendirian lalu ia didatangi oleh ibundanya.

“Wahai putriku. Musibah yang sedang dialami negeri ini akan berakhir jika ada seorang gadis yang rela berkorban dengan mencebutkan dirinya ke sebuah danau,” kata Ibu putri hujan.

Begitu terbangun, sang puti raja langsung menceritakan tentang mimpinya itu kepada Ayahnya. Sang raja ternyata bermimpi hal yang sama. Pada esok harinya sang raja memberikan perintahkan kepada rakyatnya untuk berkumpul di sebuah tanah lapang karena ia akan menyampaikan pesan dari mimpinya sendiri dan putrinya itu.

Namun, tidak ada seorang pun gadis yang berani mengajukan diri. Di tengah keheningan, tiba – tiba putri hujan bangkit dari tempat duduknya, dia berdiri dengan tegak lalu berkata.

“Saya siap dan rela mengorbankan jiwa hamba dengan ikhlas demi keselamatan dan kemakmuran rakyat negeri ini,” kata putri kemarau dengan suara lantang.

Seketika seluruh rakyat yang hadir terkejut mendengar sang putri berkata, terutama Ayahnya. Ia tidak merestui keputusan putrinya itu.

Namun, putri hujan tetap pada pendiriannya. Keputusan sang putri sudah tidak dapat dirubah lagi.
Sang raja pun tidak kuasa menahan keinginan putrinya. Maka, pada siang harinya, sang putri diantar Ayahnya dan seluruh rakyat ke tebing danau. Sebelum terjun ke danau , ia berpesan kepada Ayahnya dan seluruh rakyat.

“Ikhlaskan kepergian saya, maafkan semua kesalahan saya, semoga negeri ini dapat kembali makmur dan sejahtera,” pinta sang putri.

Bersamaan dengan terjunya putri hujan ke danau, hujanpun reda langit menjadi terang dan matahari mulai menampakkan sinarnya. Dalam waktu singkat air banjir pun surut.

Raja dan seluruh rakyat negeri itupun dirundung suka cita, mereka meninggalkan tebing itu dan kembali ke istana. Karena kelelahan raja langsung tertidur, ia kembali bermimpi dalam mimpinya ia disuruh kembali ke tebing danau.

Raja langsung bangun, ia bersama seluruh rakyatnya bergegas kembali ke tebing. Ternyata sang putri diselamatkan oleh tuhan yang maha kuasa karena keikhlasanya dalam berkorban demi kepentingan orang banyak. Sang raja langsung berucap syukur dan segera membawa putrinya kembali ke istana.



Contoh Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur Terbaru - Demikian cerita dongeng tentang pengorbanan putri hujan dari Sumatr Utara. Pelajaran yang dapat diambildari cerita ini bahwa orang yang ikhlas berkorban demi kepentingan orang bvanyak akan selalu dalam lindungan Tuhan yang maha kuasa.