Contoh Daftar Riwayat Hidup Lengkap Bahasa Indonesia

Contoh Daftar Riwayat Hidup Lengkap  - Hai teman – teman apakah kalian masih merasa bingung dan belum paham tentang apa daftar riwayat hidup itu, dan bagaimana cara membuat sebuah daftar riwayat hidup itu?  Berikut ini akan kami jelaskan mengenai pengertian daftar riwayat hidup dan hal – hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat daftar riwayat.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Lengkap
Google Image - Contoh Daftar Riwayat Hidup Lengkap

Riwayat Hidup merupakan tentang perjalanan hidup seseorang, apa saja yang pernah ia alami dan ia lakukan. Ada bebrapa fungsi dari daftar riwayat hidup diantaranya untuk melamar kerja, untuk mendaftar sekolah atau perguruan tinggi, untuk mendaftar pada sebuah lembaga kursus, bergabung pada sebuah organisasi, untuk tujuan naik jabatan dan lain sebagainya. 


Contoh Daftar Riwayat Hidup Lengkap

Isi dari  daftar riwayat hidup yaitu menyangkut segala yang berkaitan dengan data pribadi pelamar kerja yang mengajukan lamaran, mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, hingga data pendidikan dan pengalaman kerja yang ia miliki sekaligus dicantumkan dalam bentuk berkas lampiran di bagian belakangnya.

Intinya data dalam daftar riwayat hidup yang kita cantumkan untuk diketahui dan diukur sampai sejauh mana kecakapan calon pekerja yang akan diterima dari hasil menilai riwayat pengalaman kerja dan pendidikannya selama ini.

Dalam membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar sebenarnya mudah, namun jika baru pertama kali memang terasa bingung sehingga membutuhkan sebuah contoh sagar dapat memahami dengn baik. Asalkan kita mengetahui unsur – unsur apa saja yang terkandung didalamnya kita tidak akan merasa kebingungan. Yang kita perlu hanya membuatnya secara professional, rapih, menjelaskan riwayat kita secara sejelas – jelasnya dan jujur. Karena riwayat hidup juga cukup mempengaruhi diterima atau tidaknya seorang pelamar pekerjaan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat daftar riwayat hidup diantaranya:

a. harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Buatlah daftar riwayat hidup yang mudah dibaca dan dipahami.

b. Cantumkan pengalaman – pengalaman penting yang mendukung, tidak terlalu panjang untuk penulisannya dan menurut literatur yang ada, disarankan tidak lebih dari 4 lembat (idealnya cukup 1 lembar).

c. Pada riwayat pendidikan formal dan non formal di tulis secara detail bisa dimulai dari pendidikan yang terendah lalu pendidikan yang tertinggi atau sebaliknya, anda juga bisa menambahkan riwayat organisasi, riwayat sertifikasi atau lainnya sebagai pelengkap.

d. Tulislah training yang pernah anda ikuti namun cukup training yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan anda daftar.

e. Tulislah kompetensi yang lain yang menunjang pekerjaan.

f. Hal terakhir yang utama adalah tulislah dengan kejujuran anda, tidak ada kebohongan dari daftar riwayat hidup anda sehingga bila hal itu terjadi dan ketahuan maka anda akan sulit dipercaya oleh perusahaan yang pernah anda lamar sebelumnya. Itu sebagai point penting yang harus anda tahu.

Berikut ini contoh daftar riwayat hidup


Riwayat Hidup


I. Data Pribadi

Nama lengkap : Anggi Andi Sanjaya
Umur : 24 tahun
Tempat/Tanggal lahir : Metro, 22 Maret 1992
Jenis kelamin : Laki - laki
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Status : Belum menikah
Alamat : Jl. kenanga no. 03 Mulyojati, Metro Barat
No. Telepon : 00291828993
Email : Dewiansa01@gmail.com


II. Riwayat Pendidikan

Pendidikan Formal :
1. Tamatan SD/MI : SD Negeri 1 Metro mulai tahun 1998 s/d tahun 2004 (berijazah).
2. Tamatan SMP/MTS : SMP Negeri 2 Metro mulai tahun 2004 s/d tahun 2007 (berijazah).
3. Tamatan SMA/MA : SMA Negeri 3 Metro mulai tahun 2007 s/d 2010 (berijazah).
4. Tamatan Universitas : S1 Teknik Informasi Perguruan Tinggi Teknokrat mulai 2010 s/d 2013 (berijazah).


Pendidikan nonformal
Pernah kursus / pelatihan di :
1. Kursus komputer dan jaringan di Bandar Lampung : Tahun 2008.
2. Kursus Progamming di Bandung Progammer : Tahun 2010.


III. Kemampuan

1. Kemampuan komputer (Ms Word, Ms Exel, Ms Power Point, Ms outlook, Ms Access, dan Internet). 
2. Kemampuan Admin istrasi dan Akuntansi (Accounting dan Administrasi skills) Journal prinring dan calculation, teller, ledge, dan data updating.


IV. Riwayat Pekerjaan

1. Progamming di PT. Angkasa Jaya, Bekasi : Tahun 2013 – 2014.
2. Staf bagian finance di PT. Indah Permai, Jakarta Utara : Tahun 2014 – 2016.


Demikian Daftar Riwayat Hidup saya buat dengan sebenar – benarnya dan dapat dipertanggung jawabkan. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi bapak.

                                                                                                    Hormat saya,

                                                                                                    Anggi Andi Sanjaya



Contoh Daftar Riwayat Hidup Lengkap - Diatas adalah contoh daftar riwayat hidup dengan format yang baik dan benar. Demikian tentang contoh daftar riwayat hidup yang dapat kami sampaikan. Semoga berguna bagi teman – teman untuk melamar pekerjaan. Dengan usaha yang diiringi doa, mudah – mudahan keinginan anda untuk bekerja di suatu perusahaan dapat tercapai. Aamiin