Contoh Esai Bahasa Indonesia Mengenai Pendidikan Anak Usia Dini

Contoh Esai Mengenai Pendidikan Anak Usia Dini - Hai teman – teman pada artikel kali ini kita akan membahas contoh esai mengenai pendidikan anak usia dini. Untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan berikut ini.

Contoh Esai Mengenai Pendidikan Anak Usia Dini
Google Image - Contoh Esai Mengenai Pendidikan Anak Usia Dini


Contoh Esai Bahasa Indonesia Mengenai Pendidikan Anak Usia Dini

Di zaman yang semakin maju saat ini menuntut masyarakat untuk lebih meningkatkan kualitas hidup mereka. Melalui pendidikan merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menaikkan taraf hidup. Saat ini banyak sekali orang tua yang berlomba – lomba menyekolahkan anak mereka di mulai dari Taman Kanak – kanak hingga ke Perguruan Tinggi (Universitas). Biaya yang cukup mahal tidak lagi menjadi masalah, karena yang ada di fikiran mereka yang penting anak – anak mereka bisa mendapatkan pendidikan yang tinggi dengan harapan dapat dapat memperoleh pekerjaan yang layak, sehingga bisa mengangkat derajat keluarga kelak.

Namun sebagian para orang tua tidak menyadari bahwa mereka telah melewati satu tingkat pendidikan yaitu Pendidikan Anak Usia Dini atau yang bisa dikenal dengan PAUD.  Pendidikan Anak Usia Dini adalah jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan mulai pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut yang diselenggarakan pada jalur formal.

Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting bagi anak karena menjadi dasar dari pendidikan pada usia inilah anak membentuk pendidikan yang paling bagus. Kebanyakan orang tua biasanya menyekolahkan anak mereka langsung ke TK atau bahkan langsung di sekolahkan ke SD. Untuk perkembangan anak – anak dalam mengenal dunia pendidikan, baik kecerdasan secara mental maupun ketangkasan fisik yang akan mempengaruhi keberhasilan anak – anak dalam menempuh pendidikan selanjutnya PAUD sangatlah penting.

Di berbagai negara maju, telah dilakukan penelitian di tingkat Elementrary school atau SD. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak yang mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini dapat mengikuti pelajaran dengan lebih baik jika dibandingkan dengan anak – anak yang tidak mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini. Oleh sebab itu Pendidikan Anak Usia Dini sangatlah penting karena memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Di usia inilah anak – anak harus membentuk kesiapan dirinya menghadapi masa sekolah dan masa depan. Dengan mengikut sertakan anak dalam Pendidikan Anaka Usia Dini yang pertama yaitu dapat mengenalkan anak terhadap instrumen pendidikan diantaranya  seperti mengenalkan apa itu kelas, bagaimana suasana di dalamnya, siapa itu guru, dan bagaimana cara bersosialisasi dengan teman – temannya. Ketika mereka masuk di dalamnya mereka akan merasa bingung engan situasi tersebut, sehingga mereka memerlukan waktu yang cukup banyak untuk beradaptasi karena sebelum memasuki dunia pendidikan anak – anak belum mengenal itu semua.

Lain halnya dengan anak – anak yang sudah mengikuti Pendidikan Anaka Usia Dini, mereka sudah tidak bingung lagi, mereka sudah terbiasa dengan hal tersebut. Bagi mereka semua itu sudah bukan hal baru lagi karena mereka sudah terbiasa mempelajarinya di PAUD. Anak yang sudah mengikuti PAUD bisa langsung berfokus pada pelajaran yang diberikan oleh guru karena dulu waktu di PAUD mereka sudah diperkenalkan dengan suasana kelas, diperkenalkan dengan guru, dan sudah diajarkan cara bersosialisasi yang baik dengan teman – temannya, sehingga mereka tidak memerlukan waktu yang lama untuk beradaptasi.

Dengan mmengikuti Pendidikan Anak Usia Dini pada umunya berusia di bawah usia lima tahun, masa di mana usia mereka sedang dalam masa emas. Pada masa inilah otak bisa berkembang dengan sangat optimal, dimana otak anak sedang dalam masa perkembangan pesat. Sehingga jika mereka mendapatkan stimulasi yang tepat, maka otak akan berkembang dengan sangat maksimal dan jika diberi pelajaran akan dapat menangkap dengan cepat. Periode ini merupkan periode kritis bagi anak, dimana perkembangan yang diperoleh pada periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya hingga masa dewasa. Masa emas ini hanya datang sekali, sehingga apabila terlewatkan berarti habislah peluangnya.

Berikut ini ada beberapa tujuan diselenggarakannya Pendidikan Anak Usia Dini, yaitu sebagai berikut:
  1. Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan untuk membentuk anak yang berkualitas yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.
  2. Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.

Jadi Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu bentuk penyelenggarakan pendidikan yang mengutamakan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan anak, baik perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan tahap – tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Contoh Esai Mengenai Pendidikan Anak Usia Dini - Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai ”Contoh Esai Mengenai Pendidikan Anak Usia Dini”. Terimaksih sudah meluangkan waktu untuk membaca esai ini. Semoga dapat memberikan banyak manfaat dan wawasan bagi para pembaca.