Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan dan Bencana Alam

Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan dan Bencana Alam - Setiap hari kita pasti mendengar berita dari acara radio maupun televisi, namun apakah kalian tahu bagaiman cara membuat sebuah berita itu? Mari kita belajar bagaimana cara membuat teks berita.

Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan dan Bencana Alam
Google Image - Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan dan Bencana Alam

Berita adalah informasi mengenai sesautu yang baru atau sedang terjadi disajikan melalui media cetak, siaran, internet atau dari mulut ke mulut. Berita pada saat ini sudah menjadi hal wajib dalam kehidupan masyarakat. Berika bukan lagi hanya untuk orang – orang tua karena berita saat ini sudah beraneka ragam.


Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan dan Bencana Alam dan Penjelasan


Berita merupakan laporan mengenai suatu peristiwa yang disampaikan secara cepat mengenai suatu kejadian yang faktual, penting, menarik, dan terkini menyangkut kepentingan orang banyak. Berita menjadi hal yang begitu penting bagi kita untuk mengetahui perkembangan dunia dengan membaca berita, mendengarkan berita, dan menyimak acara berita yang disajikan oleh media - media informasi, baik media cetak maupun media elektronik. 


Ada beberapa unsur yang harus ada dalam teks berita yaitu diantaranya :

1. Unsur Aktual. Artinya berita harus memiliki unsur kekinian, terhangat, dan baru saja terjadi. Dalam berita selalu ditampilkan peristiwa-peristiwa yang baru saja terjadi atau perkembangan suatu kasus yang sedang hangat dibahas dan diperbincangkan oleh masyarakat. Namun hal – hal yang baru lebih memiliki nilai berita dibandingkan hal – hal yang terjadi sudah lama.

2. Unsur Faktual. Faktual madsudnya sesuai dengan FAKTA yang ada. Tidak dibuat – buat agar berita tersebut dikondisikan. Berita harus menampilkan hal – hal yang asli, nyata terjadi, dan bukan rekayasa. Hal ini karena berita akan ditonton atau dibaca oleh jutaan mata masyarakat. Jika kita menyajikan berita yang faktual melalui youtube, maka orang dengan senang hati akan menonton dan melihatnya.

3. Unsur Penting. Pemberitaan yang dimuat hendaknya mengandung unsur penting yang merupakan informasi bagi masyarakat. Sesuatu menjadi berita saat dianggap penting, karena berpengaruh pada kehidupan langsung. Selain itu juga, berita berisi informasi penting yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, misalnya UU larangan merokok, kenaikan harga BBM atau keputusan awal puasa. Selain itu berita yang menambah ilmu dan wawasan sangat disenangi orang karena sangat berguna.

4. Unsur Menarik. Dalam menyampaikan suatu berita, haruslah semenarik mungkin agar perhatian masyarakat, benar-benar terpusat pada berita yang disajikan. Biasanya, berita yang dimuat berkaitan dengan peristiwa terkini atau publik figur. Contohnya berita di Jakarta yaitu tentang Gubernur Jakarta Ahok (Basuki Tjaha Purnama). Setiap ada pemberitaan tentang Gubernur Jakarta ini pasti selalu menarik dan diminati oleh orang banyak., karena ketegasanya, kedisiplinannya.

Agar lebih jelas, kami memberikan contoh teks berita tentang pendidikan dan bencana alam. 



Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan 


Soal Bocor, UN Diulang???

[Terkini News] Jakarta – Ujian nasional untuk tingkat SMP yang dilaksanakan pada Senin, 21 April 2015. Bocornya mengenai soal ujian nasional merupakan berita terkini pada pelaksanaan ujian tahun ini. Anies Baswedan, Menteri Pendidikan itu mengatakan bahwa oknum yang membocorkan soal ujian sedang diselidiki. 

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan (PUSPENDIK) Balitbang Kemendikbud, ditemukan sebanyak 20 buklet soal dari 11.690 yang diunggah ke internet secara ilegal. Setelah mendapatkan banyak laporan dari masyarakat, Menteri Pendidikan langsung berkoordinasi dengan Menteri Komunikasi dan Informasi untuk memblokir tautan di Google yang membagikan konten tersebut. Koordinasi pun dilakukan dengan pihak Google dalam upaya pemblokiran konten tersebut. 

Kebocoran soal UN ini diduga melibatkan karyawan dari pihak percetakan negara RI yang merupakan tempat yang ditunjuk untuk mencetak semua soal-soal ujian nasional. Penggeledahan pun dilakukan secara internal oleh pihak percetakan untuk mengetahui siapa dalang dibalik peristiwa ini. Pelaku pembocoran soal ujian ini akan diproses hukum sesuai pasal yang berlaku.

Bocornya soal UN tingkat SMP ini masih menjadi pertimbangan pihak pemerintah khususnya Menteri pendidikan untuk mengadakan ujian nasional ulang atau tidak. Namun, kemungkinan besar ujian nasional tidak akan diulang, hal ini berdasarkan pertimbangan mengenai biaya pembuatan soal yang tidak sedikit.


Contoh Teks Berita Tentang Bencana Alam


Gempa Aceh tewaskan 500 Warga

[Terkini News] Aceh – Gempa yang melanda negara matahari terbit dengan kekuatan 8,1 skala ritcher pada 20 Juni 2015 telah menewaskan 500 orang, dan 400 orang lainya mengalami luka- luka, selain itu bencana ini juga telah memporak – porandakan 300 rumah warga. Menurut informasi yang kami peroleh, data ini belum sepenuhnya valid. Hal ini karena Tim Penanggulangan Bencana Alam setempat kian gencar mencari korban-korban yang mungkin masih tertimpa puing - puing bangunan yang runtuh. 

Kerugian yang dirasakan oleh pemerintah provinsi Aceh ini diperkirakan mencapai senilai Rp3 milyar yang meliputi kerusakan bangunan-bangunan penting. Gempa yang terjadi di Aceh  ini bukan kali pertama bencana yang melanda provinsi Aceh. Sebelumnya Aceh juga pernah dilanda bencana tsunami yang menewaskan ribuan warga Aceh dan menghancurkan bangunan-bangunan penting. 

Kini para warga yang selamat mengungsikan diri ke daerah yang lebih aman, sedangkan korban luka – luka telah di rawat oleh rumah sakit terdekat. Bangunan - bangunan umum yang selamat dari bencana ini, diantaranya Masjid Agung. Pemerintah provinsi semakin gencar mencari korban yang belum ditemukan dan membersihkan sisa - sisa bangunan yang runtuh. 


Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan dan Bencana Alam - Itulah contoh teks berita terkini atau aktual yang dapat kita pelajari. Semoga dapat menambah pengatahuan dan informasi bagi kalian para pembaca.