Panduan dan Contoh Menulis Pokok - Pokok Berita Terbaik

Panduan dan Contoh Menulis Pokok - Pokok Berita Terbaik - Berita adalah Infoemasi yang disampaikan kepada masyarakat baik melalui lisan maupun tulisan. Berita yang disampaikan secara lisan contohnya melaui siaran televisi, radio, dan lain – lain. Sedangkan, berita yang disampaikan secara tulisan, contohnya yang ada di surat kabar, majalah, media online dan lain – lain.

Panduan dan Contoh Menulis Pokok - Pokok Berita Terbaik
Google Image - Panduan dan Contoh Menulis Pokok - Pokok Berita Terbaik

Panduan dan Contoh Menulis Pokok - Pokok Berita Terbaik

Berikut ini beberapa langkah – langkah untuk menemukan pokok berita
1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan membaca atau mendengarkan berita tersebut dengan seksama. Pahamilah apa yang sedang dibahas dalam berita yang sedang anda baca atau dengarkan.

2. Untuk menemukan pokok – poko berita dapat dilakukan dengan pedoman pada rumus 5w + 1H, yaitu pertanyaan – pertanyaan tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

a. What (Apa) : Apa yang sedang diberitakan?
b. Who (Siapa) : Siapa saja yang sedang diberitakan?
c. Where (Dimana) : Dimana terjadinya peristiwa itu?
d. When (Kapan) : Kapan  terjadinya peristiwa itu?
e. Why (Mengapa) : Mengapa peristiwa itu bisa terjadi?
f. How (Bagaimana) : Bagaimana peristiwa itu terjadi?

Dengan membaca atau mendengarkan berita kita dapat menemukan jawaban dari pertanyaan – pertanyaan tersebut.

Setelah anda menemukan jawaban dari 5W + 1H, buatlah kesimpulan pendek dengan menyusun jawaban tersebut dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas.


Bandara Solo Lebih Siap Dibanding Yogya

Secara teknis, sejak 17 Februari 2016   Bandara Adisumarno di Solo dipandang lebih siap menerima limpahan wisatawan dibanding Bandara Adisucipto Yogyakarta. Selain menyangkut kapasitas landas pacu (runway) yang bisa di darati pesawat berbadan besar, seperti Boeing 747, Bandara Adisumarno sebentar lagi akan memiliki bangunan terminal yang  megah dan komplit dalam fasilitas.

“Apalagi, melalui Bandara Adisumarno sudah ada penerbangan langsung ke luar negeri, yaitu dengan pesawat Silk Air ke Siangapura,” tutur Ali Asharai, ketua panitia Borobudur Travel Mart (BTM) 2016 Rabu (17/2). Dikatakan BTM 2016 dimaksud untuk mempromosikan kepada wisatawan asing agar berkunjung ke Candi Borobudur melalui Solo, karena Borobudur merupakan bagian dari Provinsi Jawa Tengah. Ia membenarkn, selama ini beberapa rombongan dari Jepang, dan Thailan berbondong – bondong ke Borobudur melalui Bandara Adisumarno. Umumnya mereka adalah umat budha yang hendak berziarah ke Borobudur, dan melawat ke sini dengan mensater pesawat sendiri.

“Kami memang ingin lebih menghidupkan poros Solo – Selo (Merpati) Borobudur,” kata Ashari. Ditambah dengan rute ini wisatawan bahkan bisa sekaligus mengunjungi Yogyakarta, Candi Prambanan, dan kembali ke Solo dalam waktu sehari. Apabila mereka datang ke Yogyakarta, maka kesempatan sehari itu hanya ke Borobudur atau Prambanan saja.

Dalam BTM 2016, ada 50 buyer (pembeli) dan seller (penjual) dari kalangan pariwisata, biro perjalanan, dan perhotelan yang akan saling bertemu melakukan kesepakatan (deal). Diakui Ashari BTM 2016 tidak berharap banyak akan dihadiri kalangan pengusaha dari AS atau Eropa. Alasanya, karena jarak yang terlalu jauh. Sebaliknya, BTM 2016 menyasarkan calon wisatawan dari negara tetangga di ASEAN, seperti Singapura, Brunai, dan Thailand.

Suseno Hadiparwono, ketua panitia BSF menambahkan, dalam BTM 2016, 28 perwakilan asosiasi penerbangan asing dijadwalkan ikut hadir. “Mereka yang diharapkan akan meyakinkan buyers dari luar negeri tentang kondisi kota Solo dan sekitarnya yang sesungguhnya,” ujarnya.

Dikatakan, pihaknya juga tengah merintis kemungkinan membuka jalur penerbangan Solo – Denpasar, dengan Garuda Indonesia maupun Bouraq. Bouraq malahan sudah menyampaikan rencana membuka jalur Jakarta – Solo – Denpasar. Jalur ini dinilai cukup propek, kata Suseno, karena setidaknya ada 220 keluarga asal Solo yang menetap di Bali, ditambah 1.000 keluarga dari wilayah Surakarta.

                                                                        (Kompas, 18 Februari 2016)

Pokok – pokok berita

a. Apa yang sedang diberitakan?
BTM 2016 dimaksudkan untuk mempromosikan kepada wisatawan asing agar berkunjung ke Candi Borobudur melalui Solo, karena Borobudur merupakan bagian dari Provinsi Jawa Tengah. 
b. Siapa saja yang sedang diberitakan?
Wisatawan asing
c. Dimana peristiwa itu terjadi?
Solo dan Yogyakarta

d. Kapan  peristiwa itu terjadi?
17 Februari 2016 

e. Mengapa perisrtiwa itu bisa terjadi?
Karena secara teknis, Bandara Adisumarno di Solo dipandang lebih siap menerima limpahan wisatawan dibanding Bandara Adisucipto Yogyakarta.

f. Bagaimana peristiwa itu terjadi?
Dengan lebih menghidupkan poros Solo – Selo (Merpati) Borobudur ini wisatawan bisa sekaligus mengunjungi Yogyakarta, Candi Prambanan, dan kembali ke Solo dalam waktu sehari. 

Kesimpulan :

Secara teknis, Bandara Adisumarno di Solo dipandang lebih siap menerima limpahan wisatawan dibanding Bandara Adisucipto Yogyakarta. BTM 2016 dimaksud untuk mempromosikan kepada wisatawan asing agar berkunjung ke Candi Borobudur melalui Solo, karena Borobudur merupakan bagian dari Provinsi Jawa Tengah. Dengan lebih menghidupkan poros Solo – Selo (Merpati) Borobudur. Ditambah dengan rute ini wisatawan bahkan bisa sekaligus mengunjungi Yogyakarta, Candi Prambanan, dan kembali ke Solo dalam waktu sehari. Dari kalangan pariwisata, biro perjalanan, dan perhotelan yang akan saling bertemu melakukan kesepakatan (deal) untuk mempromosikan pariwisata kepada calon wisatawan dari negara tetangga di ASEAN, seperti Singapura, Brunai, dan Thailand.


Panduan dan Contoh Menulis Pokok - Pokok Berita Terbaik - Demikianlah Panduan dan Contoh Menulis Pokok - Pokok Berita Terbaik yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan referensi bagi teman – teman dalam menyelesaikan tugas sekolah. Kunjungi terus yaa. Temukan semua hal menarik seputar dunia bahasa indonesia dan semua hal menarik seputar pendidikan bahasa indonesia. Buat kalian yang takut sama bahasa indonesia, jangan ragu untuk belajar terus ya. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.