Perbedaan Biografi dan Autobiografi serta Contoh Singkat

Perbedaan Biografi dan Autobiografi serta contoh singkat - Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan anatara biografi dan autobiografi. Pasti kalian sering mendengar dua istilah ini namun mungkin diantara kalian masih bingung dalam membedakan anatar biografi dan autobiografi. Lantar apa perbedaannya?

Perbedaan Biografi dan Autobiografi serta Contoh Singkat
Google Image - Perbedaan Biografi dan Autobiografi serta Contoh Singkat


Perbedaan Biografi dan Autobiografi serta Contoh Singkat


Istilah biografi berasal dari bahasa yunani yaitu bios yang artinya hidup dan grahein artinya tulisan. Secara harfiah Biografi adalah suatu tulisan yang berisikan mengenai kisah tentang kehidupan sesorang. Biografi beerisi kisah tentang kehidupan seseorang mulai dari tangal lahir, alamat, nama orang tua, latar belakang keluarga, riwayat pendidikan, peristiwa penting dalam kehidupan seseorang atau peristiwa menarik dalam kehidupan sehari hari.

Autobiografi berasal dari bahasa yunani yaitu auto yang berarti sendiri, bio yang berarti hidup dan graphien artinya tulisan. sehingga Autobigrafi (Otobiografi) adalah suatu tulisan yang ditulis oleh subjek sendiri (ditulis sendiri oleh yang memiliki kisah), Auto biografi menulis riwayat dirinya sendiri berdasarkan pengalaman yang dilewati / ingat pengarang autobiografi biasanya lebih mengandalkan dokumen sebagai fererensi tulisannya dan berbagai sudut pandang penulis.


Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara biografi dan autobiografi adalah:

1. Biografi ditulis oleh orang lain yang menceritakan kehidupan seseorang mulai dari lahir sampai usia dimana seseorang tersebut meninggal, yang terpenting adalah prestasi pencapaian yang pernah diraih serta perannya sebagai orang lain.

2. Autobigrafi ditulis oleh subjek yang bersangkutan yg menceritakan kisah perjalanan hidup serta prestasi yang pernah diraih.

3. Sudut pandang yang digunakan dalam menulis biografi menggunakan sudut pandang orang ketiga, artinya melibatkan penulis dalam penulisnya. Sementara autobiografi menggunakan sudut pandang orang pertama.


Berikut ini kami sajikan contoh biografi dan autobiografi!


Contoh Biografi Mohammad Hatta

Dr. Mohammad Hatta lahir pada tanggal 12 Agustus 1902, di Bukit Tinggi. Semasa kecil, Mohammad Hatta sering di panggil Mohammad Athar. Ketika memasuki masa  perjuangan beliau lebih populer dengan nama Bung Hatta, yang pada saat itu lebih bermakna “Saudara Seperjuangan”. Bung Hatta menempuh pendidikan dasar (SR) dan sekolah menengah (MULO) di Padang. Kemudian melanjutkan pendidikan ke Sekolah Tinggi Dagang Prins Hendrik School dan tamat tahun 1921. Ketika melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi di Belanda di Rotterdamse beliau ditawari pekerjaan dengn gaji besar namun beliau menolaknya dan lebih memilih meneruskn pendidikan. Disinilah Bung Hatta mulai masuk dalam organisasi pemuda yang saat itu diketuai oleh Dr. Soetomo.

Setelah menyelesaikan pendidikannya dan kembali ke Indonesia, beliau aktif dalam dunia pers anggota Dewan redaksi “Hindia Poetra” dan majalah Daulat Rakyat. Dimasa inilah beliau berkenalan dengan  Bung Karno (Ir. Soekarno). Selain sebagai proklamator, Bung Hatta juga seorang arsitek negara. Bung Hatta merupakan figur yang sedikit bicara tetapi lebih banyak berbuat. Oleh karena itu, beliau tidak hanay disegani bangsa Indonesia namun juga bangsa lain, terutama pada masa perjuangan kemerdekaan.

Beliau lebih dikagumi dan disegani karena kemampuannya menggalang masyarakat internasional dengan menguasai beberapa bahasa asing, seperti bahasa, Inggris, Belanda, Jerman dan Perancis. Bung Hatta adalah seorang Wakil Presiden Pertama RI. Beliau juga pernah menyamar sebagai co-pilot ke India untuk bertemu dengan Gandhi dan Jawaharlal Nehru. Sebelum Belanda menyerah kepada Jepang tahun 1942, sebagai seorang pejuang kemerdekaan Bung Hatta mengalami penangkapan dan pembuangan oleh pemerintah Belanda krena penolakanya atas bujukan Belanda untuk bekerja sama.

Pada tanggal 14 Maret 1980, Bung Hatta wafat dan dimakamkan di tengah – tengah rakyat, di pemekaman tanah kusir, Jakarta Selatan.

Melalui penyelenggaraan Universitas Bung Hatta Padang yang didirikan pada tahun 1981, nama besar Bung Hatta dengan segala sikap, kepribadian yang melekat pada dirinya dijadikan sebagai landasan perjuangan bagi yayasan pendidikan Bung Hatta. Pada tahun ajaran 1997/1998 dimulailah program beasiswa Bung Hatta.


Contoh Autobiografi Fina Anastasya

Latar Belakang Keluarga

Nama saya Fina Anastasya, lebih sering di sapa Fina. Saya lahir di Lampung, 01 Januari 1992. Saya merupakan anak pertama dari dua saudara. Saya mempunyai adik laki – laki bernama Arfian Saputra, usianya 15 tahun. Saya dilahirkan dari keluarga sederhana, Ayah saya adalah seorang petani sedangkan Ibu saya adalah buruh pabrik.


Latar Belakang Pendidikan

ketika saya berusia 5 tahun lebih saya disekolahkan di TK Dharma Wanita, Trimurjo. Lalu melanjutkan si Sekolah Dasar Negeri 1 Trimurjo. Dan setelah memasuki usia 12 tahun saya melanjutkan sekolah di SMP Negeri 1 Trimurjo dan tahun 2007 saya mendaftar di SMA Negeri 2 Metro dan Alhamdulillah saya di terima. Di SMA saya mengikuti ekstra kulikuler rohis dan mewakili sekolahan untuk lomba kultum antar sekolahan dan akhirnya saya mendapat juara pertama.


Latar Belakang Prestasi

Saat TK dulu saya pernah menjadi juara 1 mewarnai tingkat kecamatan. Ketika saya SD saya sering mengikuti lomba seperti lomba pramuka di sekolahan juara satu dan lomba senam mendapat juara dua. Saya juga selalu masuk tiga besar setiap akhir semester. Menginjak masa SMP saya pernah mengikuti acara lomba seni tari dan saya di tunjuk untuk mewakili sekolah saya dalam acara perlombaan antar sekolah.


Perbedaan Biografi dan Autobiografi serta contoh singkat - Demikianlah pembahasan tentang Perbedaan Biografi dan Autobiografi serta contoh singkat pada kesempatan kali ini. Terimakasih, Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca dan dapat dijadikan sumber referensi bagi teman – teman dalam mengerjakan tugas.