Perbedaan Novel dan Cerpen Bahasa Indonesia Lengkap

Perbedaan Novel dan Cerpen Lengkap - Novel dan cerpen ternyata memiliki perbedaan yang tidak sedikit. Bagi kalian yang ingin mengetahuinya secara jelas tentang perbedaan tersebut silahkan simak penjelasan berikut ini. Novel dan cerpen, keduanya merupakan hal yang sama - sama berisi cerita yang sebagian besar adalah hiburan. Cerpen merupakan singkatan dari cerita pendek, berisi cerita – cerita yang yang hampir mirip dengan novel.

Perbedaan Novel dan Cerpen Lengkap
Google Image - Perbedaan Novel dan Cerpen Lengkap

Perbedaan Novel dan Cerpen Lengkap


Cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk prosa baru berupa cerita naratif. Dalam cerpen jalan ceritanya cenderung padat, memiliki kesatuan tema dan lebih mengutamakan sebuah problematika yang sedang dihadapi oleh tokoh utama dan bagaimana tokoh utama tersebut menemukan penyelesaian masalahnya dalam cerita tersebut.

Sedangkan, novel adalah bentuk prosa lama yang ceritanya sangat luas dan kompleks. Novel menceritakan sebagian besar permasalahan hidup yang di hadapi oleh tokoh utamanya. Novel tidak dibatasi sajaknya atau struktural dan metrikal sandiwaranya. Novel pada umumnya lebih menitik beratkan pada sisi-sisi yang ganjil atau menarik pada kehidupan tokoh utamanya.

Di bawah ini adalah perbedaan-perbedaan yang ada pada novel dan cerpen bila dilihat dari unsur-unsur pembangunnya.

1. Tema
Tema adalah sesuatu yang ditampilkan dalam karangan untuk menjadi pokok masalah atau poko pikiran pengarang. Tema yang ada pada cerpen, lebih sering mengambil tema – tema yang sederhana dan tidak terlalu kompleks seperti tentang cinta, persahabatan, dan lain – lain. Sedangkan tema pada novel lebih luas dan kompleks. Bahkan terdapat beberapa novel yang ditemukan berisi dua tema atau penggabungan dari satu tema. Tema pada novel, contohnya permasalahan di masyarakat, konflik, dan lain – lain.


2. Alur
Alur adalah jalan cerita yang digunakan oleh penulis untuk menyampaikan ceritanya yang saling berkaitan menurut hukum sebab akibat dari awal cerita sampai akhir. Dalam cerpen dan novel dda beberapa alur yang dapat ditemui, yaitu alur maju, atau disebut juga alur progresif, alur mundur dan yang terakhir adalah alur campuran. Jika dilihat dari alurnya, novel memiliki alur cerita yang lebih kompleks dan membutuhkan perhatian ekstra untuk memahaminya. alur – alur yang ada pada novel khususnya novel – novel terbaik sangat sulit ditebak karena selain alur atau urutan cerita utama, sub – sub alur sering dimunculkan sebagai tambahan cerita pada novel., lebih panajng, lebih rumit dan lebih luas.  Sedangkan cerpen memiliki alur cerita yang lebih sederhana dan ruang geraknya terbatas atau lebih sempit.


3. Konflik
Konflik adalah problematika atau permasalahan yang dihadapi oleh tokoh utama. Ada bermacam - macam konflik diantaranya adalah konflik batin, maupun konflik fisik. Konflik di dalam cerita terjadi antara tokoh antagonis dengan tokoh protagonis, bahkan ada konflik yang terjadi pada tokoh utamanya dengan dirinya sendiri atau disebut dengan konflik batin.

Pada cerpen, penulis hanya meyajikan sebuah konflik di dalam ceritanya yang berpusat pada satu klomaks. Hal ini karena cerpen sangat pendek dan menceritakan sebagian kecil kisah atau permasalahan hidup tokoh utamanya. Konflik tersebut pada akhirnya tidak mengubah nasib tokoh utamanya di dalam cerita. Sedangkan pada Novel, menampilkan konflik yang tidak hanya terdiri dari satu konflik sehingga alurnya lebih terinci dan bercabang – cabang.  Sebenarnya konflik utama pada cerita tersebut hanya satu, tetapi konflik utama tersebut menimbulkan konflik-konflik kecil lainnya pada tokoh-tokoh yang ada di dalam novel. Konflik pada novel, pada akhirnya membuat perubahan nasib tokoh-tokoh di dalam cerita.


4. Tokoh
Tokoh adalah orang – orang yang terlibat didalam cerita pada novel atau cerpen. Dalam cerita ada 3 jenis tokoh yaitu tokoh yang jahat sering disebut antagonis, tokoh yang baik disebutdengan protagonis, dan tokoh yang muncul sebagai penengah disebut dengan tritagonis. Untuk novel, karakter dari tokohnya akan disampaikan secara mendetail. Sedangkan karakter pada tokoh cerpen hanya disampaikan yang penting – penting saja atau tidak mendetail. tidak hanya itu, novel akan memunculkan tokoh yang lebih banyak dengan berbagai karakter kehidupan yang diceritakan bahkan dapat berupa masa kecil dari si tokoh sampai meninggal. Sedangkan pada cerpen hanya menampilkan beberapa tokoh saja.


5. Perwatakan
Perwatakan disebut juga karakteristik. Perbedaan lain juga dapt dilihat dari perwatakan dalam tokoh. Novel umumnya menampilkan sedikit demi sedikit dari perwatakan tokoh, perwatakan tersebut akan muncul secara perlahan pada beberapa bagian dari cerita serta lingkungan dari tokoh juga terlukis. sedangkan cerpen menampilkan perwatakan tokoh yang sangat singkat dan langsung terarah sehingga terlihat lebih jelas.


6. Latar
Latar adalah situasi suatu keadaan tempat atau kejadian cerita. Ada beberapa latar diantaranya latar tempat waktu dan suasana. Latar yang terdapat pada novel bisanya lebih luas dan juga dalam waktu yang cukup lama. Sedangkan latar cerpen akan dilukiskan secara terbatas dan hanya sebentar.


Perbedaan Novel dan Cerpen Lengkap - Demikianlah pembahasan tentang Perbedaan Novel dan Cerpen Lengkap pada kesempatan kali ini. Semoga dapat memberikan banyak manfaat untuk teman – teman. Terimakasih