Contoh Surat Pengumuman Sekolah Lengkap dengan Pembahasannya

Contoh Surat Pengumuman Sekolah Lengkap dengan Pembahasannya - Salah satu cara yang paling efektif untuk memberikan informasi ke khalayak banyak adalah dengan cara membuat papan pengumuman. Cara ini cukup efektif untuk memberikan informasi kepada orang banyak yang ada disekitar kita. Salah satu lembaga yang sering menggunakan cara tersebut adalah lembaga Sekolah. Kita sering bukan melihat papan yang berisi pengumuman tentang suatu informasi tertentu disekolah - sekolah? Jawabnya pasti ya. 

Contoh Surat Pengumuman Sekolah Lengkap dengan Pembahasannya
Google Image - Contoh Surat Pengumuman Sekolah Lengkap dengan Pembahasannya

Surat pengumuman merupakan suatu edaran yang didalamnya berisi suatu informasi kegiatan ataupun pemberitahuan mengenai jadwal, beasiswa, dll. Dengan surat pengumuman, informasi tersebut bisa lebih cepat diketahui orang banyak. Surat pengumuman itu sendiri dibagi menjadi 2, yaitu surat pengumuman resmi, dan tidak resmi. Perbedaan diantara keduanya adalah terletak pada kop surat, dan bahasa tulisan. Pada surat pengumuman resmi, bahasa tulisan yang digunakan adalah bahasa tulisan yang resmi atau baku. Sedangkan pada surat pengumuman tidak resmi, yang digunakan adalah bahasa tulisan sehari – hari dengan mengutamakan kesopanan. Langsung saja kita bahas mengenai surat pengumuman sekolah berikut ini.

Surat pengumuman sekolah Resmi


1. Kop Surat

Kop surat merupakan tanda pengenal bagi instansi – instansi yang mengeluarkan pengumuman tersebut. Dengan adanya kop surat, kita dapat dengan jelas mengetahui instansi mana yang telah memberikan pengumuman.

2. Nomor Surat

Bagi kita yang membaca pengumuman terebut memang tidak terlalu membutuhkan kop surat. Tetapi bagi instansi yang mengeluarkan surat tersebut sangat penting karena menyangkut dengan pengarsipan dll.

3. Tanggal Surat

Ini bagian yang cukup penting untuk diperhatikan. Karena tanggal haruslah ada dan sesuai dengan pembuatan surat itu sendiri.

4. Perihal dan Lampiran Surat

Ini merupakan tujuan atau maksud dari suatu surat. Pada surat pengumuman biasanya lampirannya berupa tulisan “Pengumuman”. Sedangkan lampiran merupakan informasi tambahan tetapi biasanya tidak dilampirkan pada surat pengumuman.

5. Penerima Surat

Pada bagian ini berisi tentang kepada siapa surat pengumuman tersebut dibuat. Jika pada satu orang maka berisi tentang Nama beserta alamat lengkapnya.

6. Isi Surat

Bagian inilah yang menjadi sorotan pada bagian ini memuat seluruh informasi yang ingin diumumkan.

7. Tembusan Surat

Tembusan ditujukan pada orang ketiga yang berhubungan dengan surat pengumuman. Bila perlu, tembusan bisa dinyatakan dalam surat.


Contoh Surat Pengumuman Sekolah Sederhana


PENGUMUMAN


Sehubungan dengan ulang tahun SMAN 1 Tumijajar, kami dari Panitia OSIS mengharapkan kepada setiap kelas dari kelas 10 – 12 untuk mengikuti segala macam perlombaan yang telah kami sediakan. Waktu pelaksanaannya adalah pada:

Hari / tanggal : Senin – kamis, 14 – 17 september 2016
Waktu : Mulai dari pukul 07.00 – selesai
Tempat : Dilapangan SMAN 1 tumijajar

Kami selaku OSIS menharapkan kesediaan kakak – kakak dan adik – adik siswa SMAN 1 Tumijajar untuk bisa ikut. Demikianlah surat pengumuman ini kami buat. Terimakasih.


Ttd


Panitia OSIS



Contoh Surat Pengumuman Sekolah Lengkap dengan Pembahasannya - Demikianlah contoh surat pengumuman sekolah yang sederhana. Saya harap kalian semua paham dengan apa yang telah saya sampaikan. terimakasih