Teks Biografi dan Profil Soekarno dalam Bahasa Indonesia Terbaru

Teks Biografi dan Profil Soekarno Terlengkap - Pada hari ini, saya akan membicarakan tentang pencetus kalimat “ Jangan Lupakan Sejarah “. Jangan melupakan sejarah. Inilah kata – kata yang beliau katakan pada waktu itu untuk para generasi muda. Dibalik sedikit kalimat tersebut terdapat banyak makna yang memberikan peringatan untuk generasi muda agar tidak pernah melupakan sejarah.

Teks Biografi dan Profil Soekarno Terlengkap
Google Image - Teks Biografi dan Profil Soekarno Terlengkap

Tentu kalian tahu bukan siapa yang saya maksud? Benar sekali, bapak Ir. Soekarno atau yang lebih dikenal dengan bung karno. Bung karno adalah bapak proklamasi kita yang setia menuangkan jiwa raganya untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia kita tercinta ini. Untuk lebih jelasnnya lagi, kalian simak mengenai Biografi bung karno dibawah ini.


Teks Biografi dan Profil Soekarno dalam Bahasa Indonesia Terbaru


Profil Bung karno:


Nama : Koesno Sosrodihardjo
Nama panggilan : Bung karno, Soekarno
Tempat tanggal lahir : surabaya, 6 juni 1901
Agama : Islam
Jabatan : Presiden RI pertama ( 1945 – 1967 )
Ayah : Raden Soekemi Sosrodihardjo
Ibu : Ida Ayu Nyoman Rai

Biografi bung karno:


Kehidupan dimasa kecil dan pendidikan bung karno


Bung karno dilahirkan di surabaya pada tanggal 06 juni 1901. Bung karno dilahirkan didalam keluarga yang termasuk mampu. Ayahnya yang bernama raden soekemi sosrodihardjo merupakan keturunan asli jawa. Sedangkan Ibunya yang bernama ida ayu nyoman rai merupakan keturunan asli Bali. Ayahnya adalah seorang guru pada massa kolonial belanda.

Meskipun bung karno lahir disurabaya, bung karno tinggal bersama kakeknya yang bernama raden hardjo kromo di tulung agung, jawa timur. Dari sinilah beliau mengenyam pendidikan untuk yang pertama kalinya sebelum melanjutkan pendidikannya di modjokerto bersama dengan orang tuanya.

Setelah bung karno pindah dari tulung agung ke modjokerto, beliau melanjutkan pendidikannya ditempat ayahnya bekerja yaitu di Eerste Inlandse School. Namun, beliau kembali pindah ke sekolah Europeesche Lagere School (ELS) agar dapat melanjutkan pendidikannya di sekolah Huggere Burger School (HBS) disurabaya. Setelah menyelesaikan pendidikannya pada tahun 1921, Bung karno melanjutkan dengan mengambil jurusan teknik sipil diperguruan tinggi Technische Hoogeschool te Bandung yang saat ini kita kenal sebagai ITB.

Karier Politik Bung karno


Siapa yang tidak mengetahui tokoh bung karno dalam teguhnya membela negara Indonesia. Beliau memulai kariernya pertama kali di Surabaya yang terinspirasi dari tokoh – tokoh terkenal seperti tjokrominoto, abdul muis dll. Mereka – mereka inilah yang membangkitkan jiwa nasionalisme dari sosok bung karno.

Pada waktu itu, bung karno sangat aktif mengikuti organisasi yang dapat menunjang kariernya. Seperti, Tri Koro Darmo yang dirubah namanya menjadi Jong Java ( pemuda java ) pada tahun 1918. Dari sinilah bung karno mulai melebarkan sayapnya dalam kancah perpolitikan. Selain berorganisasi, beliau juga turut serta dalam terbentuknya surat kabar berbahasa melayu. Karena perkembangan bung karno dalam bidang politik sangat pesat, pihak belandapun merasa terancam. Inilah yang menjadi alasan bagi belanda untuk memenjarakan bung karno di penjara banceuy sebelum dipindah ke penjara suka miskin. Didalam penjara, bung karno membuat sebuah pledoi yang menggeparkan rakyat indonesia. Pledoi tersebut berjudul “ Rakyat Indonesia Menggugat”. 

Setelah dibebaskan pada tanggal 31 Desember 1931, beliau kembali melancarkan politiknya dengan bergambung dengan partindo yang merupakan partai pecahan dari PNI. Karena beliau terlalu aktif dalam partai ini, membuat belanda panik dan akhirnya menangkap bung karno kembali. Belanda mengasingkan bung karno di flores pada tahun 1933. Setelah kurang lebih 9 tahun, akhirnya beliau dibebaskan pada tahun 1942. Setelah pemerintahan belanda berakhir dan kemudian digantikan oleh pemerintahan jepang, bung karno kembali aktif untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Setelah pemerintahan jepang dikalahkan oleh sekutu, terjadi peristiwa Rengsdengklok karena Bung karno tidak mau segera memproklamasikan kemersekaan indonesia. Akhirnya beliau diamankan oleh pemuda karena mereka meminta bung karno untuk segera memproklamasikan kemerdekaan indonesia. Akhirnya pada tanggal 17 agustus 1945, bung karno memproklamasikan kemerdekaan indonesia di rumahnya sendiri di jalan pegangsaan timur.

Masa Jabatan Bung Karno


Pada masa jabatan bung karno selaku presiden RI yang pertama, terjadi pembrontakan besar – besaran oleh PKI yang kita kenal dengan gerakan G30SPKI. Oleh karena itu, muncul Tritura ( tiga tuntutan rakyat ) untuk membubarkan PKI namun presiden RI bung karno menolaknya.

Akhirnya kepemimpinan bung karno mulai melemah, sehingga beliau dipaksa untuk menandatangani Surat Sebelas Maret atau yang kita kenal dengan Supersemar. Isi dari supersemar adalah pergantian jabatan dari bung karno ke soeharto. Akhirnya karier bung karno berhenti setelah menandatangani surat tersebut.


Teks Biografi dan Profil Soekarno Terlengkap - Demikianlah Biografi serta Profil Bung karno, semoga ini bisa membangkitkan rasa nasionalisme kalian selaku generasi muda. Sekali lagi jangan pernah melupakan sejarah. Kunjungi terus www.kamusbahasaindonesiaku.com dan temukan hal menarik seputar pelajaran bahasa indonesia terbaru. Terimakasih.