19 Contoh Pemenggalan Kata Dasar dalam Kalimat Bahasa Indonesia

19 Contoh Pemenggalan Kata Dasar dalam Kalimat Bahasa Indonesia - Hai, selamat sore. Jumpa lagi dengan kami. Behubungan dengan adanya Asean Games 2018 Jakarta - Palembang, untuk menghindari adanya suatu kemacetan, pemerintah DKI Jakarta yaitu Anies Baswedan telah menandatangi suatu peraturan yang di pergunakan saat di laksanakannnya Asean Games, yaitu peraturan ganjil - genap untuk mengurangi kemacetan yang ada di ibukota Jakarta. Polisi sudah menilangi setiap orang yang melanggar peraturan tersebut, sehingga pemerintah provinsi juga mengeluarkan Pergub nomor 77 tahun 2018 mengenai peraturn ganjil - genap yang khusus untuk demi kelancaran Asean Games 2018. Evaluasi terus dilakukan untuk penindakan. Payung hukum tersebut dilakukan setelah dilakukannya evaluasi terkait pemengggalan jalur ganjil - genap. 
19 Contoh Pemenggalan Kata Dasar dalam Kalimat Bahasa Indonesia
Google Image - 19 Contoh Pemenggalan Kata Dasar dalam Kalimat Bahasa Indonesia
Oleh sebab itu, disini mimin akan memberikan 19 contoh pemenggalan kata dasar dalam kalimat bahasa Indonesia, setelah kemarin kita sudah belajar mengenai pemenggalan nama orang dalam kalimat bahasa Indonesia. Pemenggalan kata menurut PUEBI atau pemenggalan kata dalam eyd merupakan suatu pemenggalan sebuah kata dalam suatu kalimat yang disusun berdasarkan bunyi vokal atau bunyi ejaannya. Adapun contoh soal pemenggalan kata, seperti pemenggalan kata keterampilan adalah ke-te-ram-pilan, pemenggalan kata lingkungan adalah ling-ku-ngan, pemenggalan kata jawaban adalah ja-wa-ban, dan masih banyak lagi, kemudian. Dalam membuat makalah pemenggalan kata juga  cukup mudah, tetapi ada yang merasa kesulitan juga dalam membuatnya, sehingga tak jarang juga menggunakan kamus pemenggalan kata untuk lebih praktisnya. Agar kita lebih mudah dalam membuat makalah terkait pemenggalan kata, maka sebelumnya kamu harus memahami dulu apa itu pemenggalan kata berserta mempelajari juga contoh pemenggalan kalimat. Langsung saja yuk, berikut dibawah ini 19 contoh pemenggalan kata dasar dalam kalmat bahasa Indonesia!

19 Contoh Pemenggalan Kata Dasar dalam Kalimat Bahasa Indonesia

 

19 pemenggalan kata dasar dalam kalimat bahasa Indonesia

 


1. Paman mengalamai bang-krut pada perusahaan miliknya setelah di tipu ratusan juta oleh penipu ulung itu.

2. Rina dan Rani adalah saudara kembar yang sangat pan-dai dan cantik sekali di sekolah, pantaslah mereka berdua disukai oleh banyak laki - laki disekolahnya.

3. Semua siswa dan siswi SMAN 2 Bandar Lampung berkumpul di au-la untuk mengikuti seminar kewirausahaan dari seorang pengusaha hebat agar kelak mereka juga bisa menjadi pengusaha yang hebat setelah lulus sekolah. 

4. Dengan ni-at, tekat, usaha dan doa yang kuat semua orang bisa menggapai cita - citanya walau sesulit apapun itu. 

5. Setelah ba-pak menasehatiku, aku menjadi sadar, bahwa belajar memanglah sangat penting untuk masa depan.

6. Bang-sa Indonesia harus bangga dengan kekayaan yang melimpah yang dimiliki oleh Indonesia.

7. Setelah Fani terjatuh dari sepeda, ia mengalami luka dan me-rasakan sakit di kaki dan tangannya.

8. Sinta dan Jojo adalah saudara kembar yang selalu me-ma-kai baju yang sama setiap harinya saat dirumah.
9. Ayah dan ibu adalah seorang malaikat yang selalu menjadi pe-no-long disaat anaknya sedang kesusahan. 

10. Aku, ayah, dan ibu bergotong royong membersihkan rumah saat hari minggu, aku me-nya-pu halaman, ibu memasak di dapur, dan ayah menyirami tanaman didepan rumah. 

11. Acara pernikahan Deffa dan Fina akan dilaksanakan pada tanggal 10 bulan Ap-ril tahun 2019 yang akan datang.

12. Sebelum man-di pasti adik meminta untuk dibuatkan nasi goreng dan segelas susu oleh ibu, baru adik mau mandi.

13. Ayah dan ibi de-ngan sabar menasehatiku di saat aku sedang sedih.

14. Dengan muka som-bong ia lewat di depan rumahku dengan menendarai sepeda motor baru miliknya. 

15. Untuk mengambil sebuah keputusan harus dilakukannya sebuah mu-sya-wa-rah agar mendapatkan keputusan yang tidak salah.

16. Perut Andi sangat ke-nyang setelah makan 1 mangkuk bakso, 1 mangkuk mie ayam, dan 1 tusuk sate siang tadi.

17. Wanita itu sangat baik sekali, ia mem-bantu membangunkanku saat aku terjatuh dari sepeda waktu itu.

18. Saat lebaran tiba semua sau-da-ra datang bersilaturahmi kerumah.

19. Nisa mengajakku ma-in masak - masakan setelah kami pulang dari sekolah.

19 Contoh Pemenggalan Kata Dasar dalam Kalimat Bahasa Indonesia - Demikian adalah 19 contoh pemenggalan kata dasar dalam kalimat bahasa Indonesia. Terus kunjungi www.kamusbahasaindonesiaku.com untuk mengetahui materi seputar bahasa Indonesia, karena kita Indonesa, yuk belajar tentang bahasa Indonesia dengan kami. Dengan mempelajari bahasa Indonesia merupakan tanda bahwa kita mencintai Indonesia. Oke temen- temen semoga artikel ini dapat menjadi sumber kalian semua ya, dalam mempelajari materi tentang pemenggalan kata dasar. Selamat belajar, semoga sukses!