3 Cara Menulis Bilangan dengan Huruf dalam Kalimat Menurut PUEBI

3 Cara Menulis Bilangan dengan Huruf dalam Kalimat Menurut PUEBI - Hai selamat malam semua. Bahasa merupakan suatu alat untuk setiap orang dalam berkomunikasi, seperti bahasa kita bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa Indonesia di media massa tidak hanya sebagai bahasa komunikatif, tetapi juga dapat membangkitkan rakyat Indonesia mencintai tanah air kita, Indonesia. Maka dari itu seorang jurnalistik harus mengikuti kaidah yang sudah dibakukan, seperti dalam penggunaan tata bahasa, kaidah ejaan, dan tanda baca yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dan oleh sebab itu juga pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yaitu nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Kita sebagai warga negara Indonesia harus menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia dengan mematuhi kaidah tata bahasa, kaidah ejaan, dan tanda baca yang telah diatur oleh Pemerintah demi keutuhan NKRI yang kita cintai ini.
3 Cara Menulis Bilangan dengan Huruf dalam Kalimat Menurut PUEBI
Google Image - 3 Cara Menulis Bilangan dengan Huruf dalam Kalimat Menurut PUEBI
Oleh sebab itu, disini mimin akan memberikan 3 cara menulis bilangan dengan huruf dalam kalimat menurut PUEBI. PUEBI adalah kepanjangan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia. Didalam PUEBI disini kita diberi pedoman atau tata cara untuk penulisan, misalnya cara penulisan terbilang rupiah yang benar, cara penulisan angka uang yang benar, cara menulis angka dan bilangan dalam bahasa indonesia, dan cara penulisan huruf dalam angka atau angka dalam huruf. Sebelum kita mempelajari tersebut, terlebih dahulu kita harus memahami dasar dari materi ini, yaitu pengertian kalimat menurut PUEBI, penulisan angka yang benar menuru eyd, kemudian juga kita harus tahu tetang angka dan lambang bilangan itu. Belajar menulis bilangan dengan huruf dalam kalimat menurut PUEBI itu sangat mudah jika kita benar - benar memahaminya, tetapi tak jarang juga ada yang malas untuk belajar sehingga memilih yang praktis yaitu dengan menggunakan kamus angka ke tulisan. Nah untuk itu, yuk simak uraian mengenai cara menulis bilangan dengan huruf dalam kalimat menurut PUEBI dibawah ini teman-teman semua!

3 Cara Menulis Bilangan dengan Huruf dalam Kalimat Menurut PUEBI

 

Dalam penulisan bilangan dengan huruf dalam kalimat menurut PUEBI memiliki aturan - aturan yang tertentu, yaitu dengan bilangan ditulis dengan huruf tetapi hanya berlaku untuk satu atau dua kata, bilangan ditulis dengan huruf dan berada di awal kalimat, dan bilangan ditulis sebagian dengan huruf.

Berikut dibawah ini adalah 3 cara menunis bilangan dengan huruf dalam kalimat menurut PUEBI:
1. Bilangan ditulis dengan huruf tetapi hanya berlaku untuk satu atau dua kata

Cara penulisan pertama menurut PUEBI ini penulisan bilangan dalam huruf hanya untuk satu atau dua kata saja. Contoh: Bilangan 2 jika ditulis dengan huruf menjadi dua, dan bilangan 100. 000 jika ditulis  dengan huruf menjadi seratus ribu (dua kata). Contoh lain yaitu: bilangan 5 jika ditulis dengan huruf menjadi lima, atau jka bilangan 1.000 jika ditulis dengan huruf menjadi seribu (satu kata). Di dalam PUEBI ini tidak berlaku jika bilangan beruntutan, seperti 1, 2, 3, 4, 5 tidak bisa ditulis satu, dua, tiga, dan seterusnya.

2. Bilangan ditulis dengan huruf dan berada di awal kalimat

Cara penulisan kedua menurut PUEBI ini penulisan bilangan ditulis dengan huruf dan hanya berada di awal kalimat. Contohnya: 10 buah mangga dikupas oleh Ibu untuk dibuat salad buah untuk adik dan ayah, menjadi sepuluh buah mangga dikupas oleh Ibu untuk dibuat salad buah untuk adik dan ayah.  

Lain halnya jika bilangan yang berada di awal kalimat yang menghasilkan tulisan huruf lebih dari tiga kata atau lebih, maka kalimat tersebut harus dibalik polanya yaitu yang tadinya bilangan di awal dipindahkan ke posisi tengah kalimat ataupun di akhir kalimat. Contoh: 900 peserta SBMPTN hari ini sedang melaksanakan tes tertulis di Universitas Lampung, diubah menjadi Hari ini, 900 peserta SBMPTN sedang melaksanakan tes tertulis di Universitas Lampung. 

3. Bilangan ditulis sebagian dengan huruf

Cara penulisan menurut PUEBI yang terakhir ini, dilakukan jika bilangan yang ditulis merupakan suatu bilangan yang jumlahnya besar. Dalam cara penulisan yang terakhir ini bertujuan agar pembaca lebih mudah untuk membacanya. Penulisan dilakukan dengan cara angka bagian depan tetap ditulis dengan angka dan sisanya ditulis dengan huruf. Contonya: 20.000.000 menjadi 20 juta atau 350.000 menjadi 350 ribu. 

3 Cara Menulis Bilangan dengan Huruf dalam Kalimat Menurut PUEBI - Nah itu tadi adalah 3 cara menulis bilangan dengan huruf dlam kalimat menurut PUEBI. Semoga bermanfaat ya gaes!