5 Tata Cara Memenggal Kata Dasar Menurut PUEBI

5 Tata Cara Memenggal Kata Dasar Menurut PUEBI - Assalamualaikum, teman - teman, jumpa lagi dengan kami. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Indonesia telah mengganti Ejaan yang Disempurnakan (EYD) menjadi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) hal tersebut sudah ditetapkan oleh Peraturan Menteri dan Kebudayaan (Permendikbud) RI NO Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Perubahan tersebut dikarenakan oleh dampak kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang menyebabkan penggunaan bahasa Indonesia dalam ranah pemakaiannya, dari segi lisan maupun tulisan, sehingga sangat perlu diadakannya perubahan.
5 Tata Cara Memenggal Kata Dasar Menurut PUEBI
Google Image - 5 Tata Cara Memenggal Kata Dasar Menurut PUEBI
Berkaitan dengan hal diatas, disini kami akan memberikan 5 tata cara memenggal kata dasar menurut PUEBI setelah kemarin kita sudah belajar mengenai pemenggalan kata dasar dalam kalimat dan pemenggalan nama orang dalam kalimat bahasa Indonesia. Kata PUEBI memiliki kepanjangan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, PUEBI merupakan perubahan baru dari EYD. Pemenggalan kata dasar menurut PUEBI atau pemenggalan kata dalam eyd dilakukan berdasarkan bunyi vokal, diftong, dan konsonan. Adapun contoh soal pemenggalan kata, seperti pemenggalan kata berimbuhan menjadi ber-imbu-han, pemenggalan kata berangkat menjadi be-rang-kat, pemenggalan kata memakai menjadi me-ma-kai, dan masih banyak lagi contohnya. Mempelajari pemenggalan kata sangatlah mudah, tetapi masih saja yang belum memahami karena malas, sehingga meggunakan kamus kamus pemenggalan kata. Sebelum kita belajar lebih dalam mengenai pemenggalan kata, terlebih dahulu kita harus tahu dulu dasar dari materi tersebut, dengan cara memahami nya melalu  makalah pemenggalan kata dan contoh uraian suku kata. Langsung saja yuk berikut dibawah ini penjelasan mengenai tata cara memenggal kata dasar menurut PUEBI!

5 Tata Cara Memenggal Kata Dasar Menurut PUEBI 

 

Berikut dibawah ini adalah 5 tata cara memenggal kata dasar menurut PUEBI:

1. Memenggal Salah satu huruf vokal yang terdapat dalam suatu kata dasar

Tata cara pemenggalan kata dasar yang pertama menurut PUEBI yaitu dengan memenggal salah satu dari huruf vokal yang ada di kata dasar tersebut. Cara tersebut digunakan jika kata dasar tersebut memiliki dua huruf vokal didalamnya, kemudian salah satu dari huruf vokal yang terletak dibelakang dipenggal dan di letakkan di baris selanjutnya. Berikut dibawah ini adalah beberapa contohnya:

- Sinta dan Jojo adalah saudara kembar yang menyukai bu-
ah apel dan mangga.

- Dengan ni-
at, tekat, usaha dan doa yang kuat semua orang bisa menggapai cita - citanya walau sesulit apapun itu.

- Nisa mengajakku ma-
in masak - masakan setelah kami pulang dari sekolah.

Dari contoh nomor satu memperlihatkan bahwa kalimat Sinta dan Jojo adalah saudara kembar yag menyukai bu- (terletak di baris pertama), kemudian contoh kedua dengan ni- (terletak di baris pertama) sedangkan at, tekat, usaha dan doa yang kuat semua orang bisa menggapai cita - citanya walau sesulit apapun itu (terletak di baris kedua). Begitu juga dengan contoh yang ketiga yaitu Nisa mengajakku ma- (terletak di baris pertama) dan in masak - masakan setelah kami pulang dari sekolah (terletak di baris kedua).

2. Tidak memnggal salah satu huruf vokal jika dua huruf vokal itu adalah huruf diftong

Tata cara yang kedua ini dilakukan jika pada kalimat terdapat huruf vokal tetapi sebenarnya adalah kata diftong. Huruf diftong itu terdiri dari ai, ol, ei, au. Berikut dibawah ini adalah contohnya:

- Semua peserta telah berkumpul di balai-
rung Hotel Kartika Sari.
Dari contoh diatas kita dapat melihat bahwa huruf diftong ai pada kata balairung tidak dipenggal, tetapi yang dipenggal justru suku kata rung yang terletak setelah huruf ai.

3. Memenggal bagian kata yang terdapat huruf konsonan tunggal atau gabungan huruf konsonan
Tata cara pemenggalan kata dasar yang kedua ini, dilakukan jika kata dasar mempunyai dua huruf vokal yang ditengahnya terdapat huruf konsonan tunggal atau gabungan huruf konsosnan ny, ng, kh, sy. Berikut dibawah ini adalah contohnya:

- Tim futsal SMA Krida akan menjadi la-
wan tangguh bagi tim futsal SMAN 77.
Pada kata dasar lawan diatas hanya mempunyai satu konsonan tunggal yang terletak ditengahnya, yaitu w dan kemudian dipenggal dan diletakkkan di baris selanjutnya. 

4. Memenggal salah satu di antara dua huruf konsonan

Tata cara pemenggalan yang ke empat ini dilakukan jika kata dasar dalam kalimatnya memiliki dua huruf konsonan yag bukan termasuk dalam kategori gabungan huruf konsonan. Berikut dibawah ini adalah contohnya:

- Prestasi yang diraih Ryi itu menjadi bukti bahwa keterbatasan tidak menjadi sebuah alasan un-
tuk menjadi orang hebat. 
Dari contoh diatas kita dapat melihat dari kata untuk mempunyai huruf konsonan (n, t) yang salah satunya dipenggal.

5. Memenggal beberapa konsonan

Tata cara pemenggalan yang terakhir ini dilakukan jika huruf konsoanan memiliki suatu kata dasar berjumlah tiga atau lebih. Beriky dibawah ini adalah contohnya:

- Pertandingan seru itu harus ditunda karena suporter kedua tim melakukan aksi ben-
tok di tribun penonton
Dari contoh diatas kita dapat melihat kata bentrok memiliki tiga huruf konsoanan (n,t,r) dan yang dipenggal (t, r).

5 Tata Cara Memenggal Kata Dasar Menurut PUEBI - Demikian 5 tata cara memenggal kata dasar menurut PUEBI. Sampai jumpa di artikel-artikel menarik selanjutnya, dan terus kunjungi www.kamusbahasaindonesiaku.com. Sekian, terimakasih.