Biografi Penting tentang Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan di Indonesia

Biografi Penting tentang Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan di Indonesia - Hai teman - teman selamat siang. Indonesia mempunyai ragam cerita, budaya, adat serta hari besar. Sebentar lagi Indonesia akan merayakan semarak NKRI yaitu hari jadi atau hari kemerdekaan Indonesia. Tepat 17 agutus nanti Indonesia akan mengadakan upacara yang khitmat untuk memperingati gugurnya para pahlawan demi kemerdekaan Indonesia, seluruh pelosok negeri di Indonesia akan mengibarkan bendera sang merah putih. Ini mempuyai nilai- nilai pancasilais serta nilai-nilai patriotisme di dalam menyambut hari jadi Indonesia, seluruh pelajar siswa-siwi mahasiwa maupun mahasiswa pun turut andil didalamnya. Harapan terbesar masayarakat Indonesia adalah kemajuan yang dapat membantu mengeluarkan masyarakat Indonesia dari kemiskinan yang saat ini sangt sulit untuk di entaskan.

Google Image - Biografi Penting tentang Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan di Indonesia
Sehubungan dengan hal tersebut, disini kami akan memberikan sebuah ilmu pengetahuan mengenai seseorang yang menginspirator banyak kalangan oranag muda, dewasa, hingga usia lansia yang masih semangat berkreasi dan berinovasi dalam bidang pendidikan. Seseorang ini meviptakn dsar dasar pendidikan yang dapat menjadi suri tauladan serta contoh yng bik untuk seluruh dunia pendidikan. Hal yang mendasar ini bahkan di jikan rujukan untuk para guru dalam mendidik siswa- siswi di sekolah. Bapak Ki Hajar Dewan Tara adalah sosok bapak yang sngat mengayomi para kaum muda, dewasa maupun remaja untuk teus membangun dalam diri agar terus belajar. Sehingga namanya akan terus di kenang sepanjang masa. Untuk lebih jelasnya, yuk simak uraian dibawah ini!

Biografi Penting tentang Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan di Indonesia

 

Biografi Ki Hajar Dewantara 

 

 
Ki Hajar Dewantara adalah seorang tokoh Indonesiayang menjadi pelopor pendidikan di Indonesia, mulai dari zaman penjajahan yaitu kolonial Belanda. Beliau adalah merupakan salah satu pendiri Perguruan Taman Siswa yang ada di Indonesia, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi yang pada saat itu tidak memperoleh hak pendidikan agar bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi atau pejabat maupun orang-orang Belanda pada saat itu sangat jauh dari kata merdeka. Pada Tanggal kelahirannya juga biasanya diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional karena beliau di anggap sebagai bapak pendidikan. Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889 dengan nama asli dari orang tuanya yaitu Raden Mas Soewardi Soeryaningrat.

Ki Hajar Dewantara berasal dari keluarga kerajaan Pakualaman, yaitu putra dari GPH Soerjaningrat, dan cucu dari kerajaan Pakualam III dan dibesarkan di lingkungan keluarga kraton Yogyakarta di jawa. Saat itu beliau mulai ikut mencerdaskan putra putri bangsa Indonesia dengan menulis sebuah cerita. Akibat dari tulisan cerita tersebut, Ki Hajar Dewantara ditangkap atas persetujuan Gubernur Jenderal Idenburg dan akan diasingkan ke Pulau Bangka (atas permintaan sendiri). Namun, Douwes Dekker dan Tjipto Mangoenkoesoemo, memprotes dan akhirnya mereka bertiga diasingkan ke Belanda pada tahun 1913. Ketiga tokoh ini dikenal sebagai "Tiga Serangkai". Mendirikan sebuah Perguruan tinggi besar yaitu Taman Siswa yng berdiri Pada tahun 1919, bapak Ki Hajar Dewantara pun kembali ke Jawa dan bergabung dalam sekolah binaan dari saudaranya disana. Menjadi seorang guru di sekolah tersebut membuatnya kian mempunyai pengalaman untuk mengajar yang kemudian digunakannya hanya untuk mengembangkan bagaimana konsep mengajar bagi sekolah yang akan dia dirikan itu.  Sampailah Pada tahun 1922 saat beliau  berusia 40 tahun menurut hitungan Tahun Caka,bahwa Raden Mas Soewardi Soeryaningrat mengganti itu resmi mengganti namanya menjadi Ki Hadjar Dewantara. Kemudian Semenjak saat itu lah, namanya beliau menjadi Ki Hadjar Dewantara dan semenjak saat itu pula ia tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan di depan namanya karena demi perjuangan.

Perguruan Nasional Taman Siswa (National Onderwijs Institut Taman Siswa) adalah sekolah yang di dirikan oleh Ki Hajar Dewantara. Semboyan pendidikan yang diciptakan olehnya yaitu "Tut wuri handayani." Pada tanggal 26 April 1959 tokoh pendidikan ini meninggal di Yogyakarta dan dimakamkan di Taman Wijaya Brata, makam untuk keluarga Taman Siswa. Ki Hajar Dewantara diberi penghargaan kabinet pertama Republik Indonesia, Ki Hajar Dewantara diangkat menjadi Menteri Pengajaran Indonesia disebut sebagai Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan yang pertama. Ki Hajar Dewantara mendapat gelar doktor pada tahun 1957 di Universitas Gadjah Mada. Tanggal kelahiran 2 mei beliau dijadikan sebagai hari pendidikan nasional untuk mengingat jasa - jasanya dalam merintis pendidikan dan ia juga dinyatakan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia.

Biografi Penting tentang Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan di Indonesia - Demikian adalah biografi penting tentang Ki Hajar Dewantara dalam pendidikan di Indonesia. Semoga  bermanfaat buat temen - temen dalam belajar pengetahuan umum. Selamat belajar!